[Paskah 2013] Apakah yang Kita Cari?

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA YANG BERBAHAGIA . . . .

Mumpung Dj. belum bisa tidur, jadi bikin oret-oretan untuk anda semua, bila berkenan. Bila malam tiba dan belum bisa juga tidur, kadang Dj. suka melamun di tempat tidur dan mimpi yang indah-indah. Saat Dj. sendirian, sambil mendengarkan CD gamelan yang perlahan, maka Dj. suka melamun, mengapa Dj. bisa ada di sini…???

Terus, apa yang sebenarnya Dj. cari di sini…??? Apa yang sudah Dj. dapat dan apa yang masih ingin Dj. cari…??? Kok waktu begitu cepat berlalu dan Dj. banyak menerima berkat, punya keluarga (istri, anak-anak dan cucu, bahkan sudah 2 cucu kami). Pernahkan anda juga berpikir demikian…???

Apakah yang kita cari sebenarnya dalam kehidupan kita di dunia ini…??? Coba anda bayangkan photo di bawah ini, manusia berkumpul di satu tempat..?? Yang satu jalan ke kanan, yang lain ke kiri. Apa yang sedang mereka cari …??? Mencari kegembiraan…??? Mencari pujian…??? Atau apa…???

paskah2013-01

Saat Yesus berjalan bersama murid-muridnya, maka banyak orang mengikutiNya di belakang. Yesus menoleh ke belakang dan melihat mereka dan kemudian bertanya, APAKAH YANG KALIAN CARI??? Jujur… Dj. heran, betapa tepat / mengena pertanyaan ini…??? Mengapa Yesus tidak bertanya, kalian mau kemana….??? Atau….. apa kalian mau ikut kami…??? Tapi Dia bertanya…. APA YANG KALIAN CARI . . . . ? ? ? Dj. yakin Yesus tahu, apa yang mereka cari.

Kalau Dj. pikir, memang dalam hidup ini, kita selalu dalam situasi mencari… Benar…??? Apalagi Dj. kalau sudah malam, suka mencari cemilan di lemari, entah itu kacang mete, Cake, atau yang lainnya. Tapi kadang juga mencari buah atau Joguhrt di kulkaas, olehnya Dj. semakin gemuk… hahahahaha…..!!!

Saat Baby, kita sangat rajin mencari apa yang bisa mengenyangkan perut, dangan menyusu….

paskah2013-02

Saat bertumbuh sedikit lebih besar, kita mulai mencari ilmu dengan belajar di sekolah.

paskah2013-03

Saat kita kanak-kanak, kita sering mencari teman yang cocok dan mau (cocok) bermain dengan kita.

paskah2013-04

Sedikit lebih besar atau dewasa, kemudian mencari pacar….

paskah2013-05

Tamat SMA kita sibuk mencari Universitas mana yang cocok dengan keinginan kita atau orang tua kita.

paskah2013-06

Selesai kuliah, mikir lagi, untuk mencari kerja dan juga tidak selalu mudah dan bahkan sering dengan perjuangan yang berat.

paskah2013-07

Kemudian, mulai kiri kanan mencari pasangan (istri atau suami), mencari kebahagiaan…

paskah2013-08

Malam jalan-jalan pun, kalau ditanya teman, sering dengan jawaban, mau mencari makan, padahal maksudnya mau beli makanan. Mau ke Restaurant atau Rumah Makan… dll.. dll….

paskah2013-09

Mencari Hobby…??? Mungkin memancing di pingir sungai Rhein, yang airnya masih jernih dan dengan suasana yang tenang…Dan ikannya tidak tercemar….

paskah2013-10

Sampai tuapun, masih mencari… ya… mencari tempat yang tenang untuk dapat istirahat dengan baik.

paskah2013-11

Ya…. setiap hari, kita selalu mencari… mencari dan mencari….Tapi sayang, banyak manusia yang lupa dan tidak banyak yang mencari TUHAN….!!! Bahkan cenderung untuk melupakannya…. (sangat disayangkan), karena manusia sudah merasa pintar dan sudah tidak memerlukannya lagi, “mungkin” mereka pikir sudah melebihi PenciptaNya….Membuat doktrin-dotrin di dalam agama dan ingin menggantikan TUHAN.

TUHAN hanya dibutuhkan, kalau kepepet, mendapat kesulitan, baru jurus TUHAN dipakai, seolah TUHAN itu seperti mascote, seperti jimat, kalau tidak ada jalan lain, pakai saja doa ini, doa itu, jadi mantera. Ini sangat berbahaya, karena kita sudah memperlakukan TUHAN menjadi kacung kita, TUHAN jadi pelayan yang harus memberikan kapada kita apa yang kita kehendaki…..

Nah… apakah anda sudah tau, apa yang anda cari dalam hidup ini…??? Siapa mencari, maka dia akan mendapatkannya (Firman TUHAN). Silahkan jawab sendiri, anda akan kagum dengan apa yang sampai saat ini anda sudah dapatkan. Apakah itu positiv atau negativ….. tidak selalu apa yang kita cari, akhirnya mendapat yang sesuai dengan apa yang kita sebelumnya kehendaki (inginkan) . Tapi toch akhirnya kitapun puas dengan apa yang kita sudah dapat atau miliki.

Firman TUHAN, katakan…

CARILAH TUHAN , MAKA ENGKAU AKAN HIDUP ! ! !

Pernahkah anda mendengar cerita tentang OFFERUS . . . ???  Mungkin Umat Katholik banyak yang kenal atau pernah dengar cerita ini …

Nah inilah ceritanya, yang masih Dj. ingat, saat tetangga Dj. di Mandai/Makassar, Oom Pit orang Timor bercerita dengan semangatnya. Dulu, kami (anak-anak muda), mencari hiburan, berkumpul dengan main gaple di malam minggu….Maka Oom Pit yang menemani kami, tidak hanya dengan suara dan mimiknya yang serius, tapi juga seolah dia sendiri sedang berperan.

Tangannya turut memainkan gaya seorang sutradara….Dan Oom Pit molai bercerita… Maka kami (baik yang Kristen, maupun yang Islam), semua hening, untuk mendengarkannya.

Adalah seorang raksasa yang berbadan tinggi, besar dan kuat, ia bernama Offerus….Bila dia berkelahi melawan banteng, maka 1, 2, atau 3 banteng, dikalahkannya dengan mudahnya, karena memang dia begitu kuatnya. Banyak orang mengaguminya….

Satu saat, sedang dia berbaring di bawah satu pohon yang rindang, dia mendengar suara yang datang kepadanya dengan lemah lembut,  “Offerus…. Offerus…. bangun dan carilah TUHAN mu…. “ Dia pikir dia sedang mimpi, maka dia tidak mengindahkan suara tersebut…Datanglah suara itu untuk kedua kalinya, “Oferus… Oferus… pergi dan carilah TUHAN mu..!!”

Maka Offerus molai mikir, siapakah yang dimaksud TUHAN mu…? Karena sampai saat ini tidak ada orang yang bercerita tentang TUHAN. Saat suara tersebut datang lagi untuk ke 3X nya, maka dia bertanya dalam hati, kemana dia harus mencarinya…???

Kemudian kakinya mulai melangkah, tanpa arah dan banyak orang dia bertanya, tapi tidak ada jawaban yang pasti. Lama Offerus mencari, mencari dan mencari, hingga satu saat dia putus asa, karena dia pikir, pencariannya tidak membawa hasil. Maka dia mendirikan pondok kecil di tepi sungai dan untuk kehidupannya, dia menolong orang-orang yang ingin menyeberang sungai. Itulah pekerjaan Offerus setiap harinya…

Satu malam, di mana hujan deras dan petir menyambar-nyambar, maka dia dikagetkan dengan ketukan di pintu rumahnya. Maka dia berteriak, malam ini tidak lagi mau menyeberangkan orang, kalau mau besok pagi…..!!! (kedengaran galaknya). Tapi pintu tetap diketok, sehingga dengan sedikit ngedumel dia bangun dari tempat duduknya dan berjalan membuka pintu.

Oferus sangat kaget. Karena dia melihat seorang anak kecil ada di depan pintu dan minta agar Offerus mau menolong dia untuk menyeberangkannya. Maka Offeruspun menolak dan mengajak anak tersebut masuk rumah, agar tidak basah kuyup dan dia berjanji, besok pagi, dia akan menyeberangkannya. Tapi anak tersebut memaksa dan memaksa, sehingga Offerus tidak bisa lagi menolaknya, dia pikir…

Nah ya, anak kecil dan ringan ini, maka diangkatnya anak tersebut diatas bahunya dan Offerus mulai berjalan menyeberangi sungai.

Tapi aneh, Offerus yang begitu kuat dan gagah, dia merasa kewalahan, karena dirasakannya, bahwa anak tersebut lama-kelaman semakin berat, berat dan lebih berat dari orang-orang dewasa yang pernah dia tolong…. Belum juga sampai di seberang, maka Offerus hampir tidak kuat lagi dan dia berpegang kuat pada tongkatnya….

Maka dia mulai bertanya di dalam hatinya, siapakah gerangan dia anak kecil ini …??? Saat dia menoleh ke anak kecil tersebut, maka dia melihat cahaya yang begitu terang pada anak kecil tersebut dan suara yang berkata…. “Offerus….!!! Sekarang namamu, bukan lagi Offerus tapi CHRISTOPHORUS …!!! Karena engkau telah menemukan TUHAN mu…!!! Bersamaan dengan akhir dari suara itu, maka anak itupun hilang dari pandangan Christophorus.

paskah2013-12

Nah, itulah kisah Offerus yang mencari TUHAN nya dan setelah dia menemukannya, maka namanya menjadi Christophorus. Dengan demikiian, maka kehidupan Chritophorus, semakin cerah dan kebahagiaan ada di dalam hatinya. Dia lebih banyak lagi menolong orang dan dia menjadi seorang raksasa yang lemah lembut, karena ada TUHAN di dalam hatinya. Dan setiap kali dia menolong orang untuk menyeberangkan , maka dia juga dengan senang hati dan ceria, menceritakan kejadian yang dia alami.

Karena ada Firman yang tertulis…

Mintalah, maka padamu akan diberi.
Ketoklah, maka pintu akan dibukakannya bagimu.
Dan carilah, maka engkau akan mendapat.
Barang siapa minta, maka padanya akan diberi, barang siapa mengetok pintu, maka pintu akan dibukakan baginya
dan barang siapa mencari, maka dia akan mendapatkannya.

Baiklah, semoga oret-oretan Dj. kali ini juga boleh menempati hati anda. Mohon maaf bila banyak kata-kata yang tidak berkenan di hati.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra dan anda semua yang selalu berbaik hati. Semoga sayap Kasih dan Berkat TUHAN, senantiasa menaungi kita semuanya.

 

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA PASKAH 2013.

Semoga pengorbanan TUHAN YESUS yang adalah KRISTUS, melawan maut, adalah menjadi kemenangan kita bersama.

Dan KebangkitanNya, adalah kebangkitan kita juga.

 

Selamat mencari dan salam manis dari Mainz…

Dj. 813

paskah2013-13

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

34 Comments to "[Paskah 2013] Apakah yang Kita Cari?"

  1. Dj. 813  4 April, 2013 at 14:45

    Hallo Silvia….
    Terimakasih untuk pujiannya….
    Waduuuuuuh, jangan sering dipuji, nanti Dj. hidungnya bisa terbang….
    Hahahahahahahaha….!!!!
    Puji TUHAN…..!!!
    Kalau Silvia senang dengan runungan tersebut, semoga juga ada artinya untuk saudara-
    saudara kita yang lainnya.
    Kalau Silvia senang, nanti malam Dj. bikin lagi….
    Maaf kalau Dj. jadi nglunjak …???
    Shalom…!!!

  2. Silvia  4 April, 2013 at 14:30

    Renungannya indah sekali.

  3. Dj. 813  2 April, 2013 at 13:16

    Saras Says:
    April 2nd, 2013 at 10:04

    Kalimat ini yang menjadi pegangan daku, paasssss banget

    “Mintalah, maka padamu akan diberi.
    Ketoklah, maka pintu akan dibukakannya bagimu.
    Dan carilah, maka engkau akan mendapat.
    Barang siapa minta, maka padanya akan diberi, barang siapa mengetok pintu, maka pintu akan dibukakan baginya
    dan barang siapa mencari, maka dia akan mendapatkannya”.
    —————————————————————————————————–

    Terimakasih Saras, sudah mampir…
    BBenar adanya, tapi banyak manusia tidak sadar akan hal ini,sehingga TUHAN
    perlu menjelaskannya lagi….
    Ada yang lebih indah lagi,akan janji TUHAN.

    *** Carilah dahulu Kerajaan Sorga dan kebenarannya,maka semua itu, akan ditambahkannya kepadamu ***

    Ini adalah satu hal yang sangat indah bukan…???
    Shalom….!!!

  4. Dj. 813  2 April, 2013 at 13:12

    Selamat Pagi yu Lani….
    Benar yu, tapi doa juga harus di berengi dengan iman.
    Kalau doa hanya dibibir saja, tidak ada gunanya, apalagi tanpa usaha.
    Doa, Usaha, dan Iman, baru Terima ya yu…. D U I T . . . yu…. Hahahahahaha….!!!
    Salam manis dari Maint.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *