Mie Kepiting Aceh

Handoko Widagdo – Solo

 

Orang Aceh itu hebat. Mereka bisa menyatukan China, India dan Melayu dalam seporsi hidangan. Kita semua tahu bahwa mie itu berasal dari China. China juga kaya dengan kuliner berbahan baku seafood. Namun di Aceh, mie dan seafood dibumbui dengan kuah kari India. Integrasi China-India di sepiring Mie Kepiting Aceh berhasil dengan sangat baik. Bukan itu saja, ternyata bumbu ala India itu sudah menggunakan rempah-rempah Melayu yang ada di Tanah Sumatra.

Saya menikmati sajian Mie Kepiting Pak Midi, di Jalan Tengku Panglima Nyak Makam, tepatnya di samping Hotel Hermes, sebagai menu makan malam saya. Berbeda dengan sajian mie ala Chinesefood yang kaya bawang putih, Mie Kepiting Aceh lebih bercitarasa berbagai rempah. Rasa jahe yang biasanya muncul dalam chinese food berbahan dasar seafood (untuk menghilangkan bau amis) pun tidak menyolok.

mie-aceh (1)

Selain Mie Kepiting, Nasi Bebek juga sebuah menu yang membuat lidah saya bergerak lincah. Sama dengan Mie Kepiting, Nasi Bebek juga berkuah kari yang bercampur dengan parutan kelapa yang dimasak tanak sampai minyaknya keluar. Daging bebek yang empuk disajikan dengan kuah kari dalam sebuah piring. Sementara itu nasi putih disajikan dalam piring terpisah dengan ditemani ikan asin goreng, mentimun, irisan bawang merah dan tentu saja emping melinjo yang tipis-tipis.

mie-aceh (2)

Makan malam tidak lengkap tanpa ditemani kopi hitam. Kedai kopi Solong adalah salah satu kedai kopi yang wajib dikunjungi apabila Anda ke Aceh. Solong, yang kata teman saya, berarti sampai jumpa, menyajikan berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi dan teh. Selain kopi hitam yang bercitarasa Arabica-robusta, kopi sanger adalah andalan Kedai Kopi Solong. Kopi sanger adalah sajian kopi yang dicampur dengan susu milk dengan campuran yang khas.

mie-aceh (3)

Jangan khawatir dengan harga. Makan malam lengkap dengan sajian kopi tidak akan menguras kantong Anda.

mie-aceh (4)

Jika anda ingin memberi buah tangan khas Aceh kepada teman-teman, anda bisa membeli kopi Solong yang tersedia di kasir Kedai Kopi Solong. Itu pun tidak mahal. Jadi bagilah kenikmat kuliner Aceh dengan sahabat yang belum sempat ke Aceh dengan membawakan mereka Kopi Solong.

mie-aceh (5)

 

About Handoko Widagdo

Berasal dari Purwodadi, melanglang buana ke berpuluh negara. Dengan passion di bidang pendidikan, sekarang berkarya di lembaga yang sangat memerhatikan pendidikan Indonesia. Berkeluarga dan tinggal di Solo, kebahagiaannya beserta istri bertambah lengkap dengan 3 anak yang semuanya sudah menjelang dewasa.

My Facebook Arsip Artikel

94 Comments to "Mie Kepiting Aceh"

  1. Handoko Widagdo  20 March, 2014 at 17:01

    M Sholeh Muhadi, waduh, sepertinya kami tidak butuh mesin pengemas bubuk. Maaf ya, sepertinya promosi Anda kurang tepat di tempat ini.

  2. m. sholeh muhadi  20 March, 2014 at 15:56

    Kami adalah pabrik yang menyediakan automatic packaging machine for grain / mesin vertical packing renteng / mesin renteng / mesin packing chiki / mesin vertical packing kacang / mesin vertical packing / mesin vertical packing sanghai / vertcal filling machine berkualitas tinggi buatan pabrikasi kami sendiri.
    Mesin dirancang dengan banyak pengembangan dan sangat kokoh, juga mudah untuk penyetelan maupun pembersihan, mudah dalam pergantian ukuran lain baik di bagian Former ( Corong) maupun. Volumetric Cup ( Takaran) dan Setting Light ( Panjang pendek ukuran bag) . Garansi Electric Controler .
    Mesin dirancang untuk model Pillow dikhususkan membungkus biji-bijian dan tepung yang ukurannya agak kasar, biji-bijian kecil. Juga ditunjang dengan pelayanan purna jual yang sangat baik.
    Mesin ini mampu membungkus berbagai macam meterial antara lain :
    Bubuk ( kopi, susu, tepung, garam, detergen, dll)
    Butiran ( kacang, gula pasir,(gula hotel) teh, dll)
    Snack ( aneka macam bentuk makanan ringan)
    Pakan ternak, pakan ayam , pakan burung dll
    Kami juga menyediakan Automatic Filling Bottle Machine with 8 Nozzle / mesin filing bottle 8 nozzle / mesin filing bottle pengisi cairan ke botol dengan 8 nozzle / Filling Bottle Machine 8 Nozzle / mesin filling bottle isi cairan ke botol dengan 8 nozzle berkualitas tinggi pabrikasi kami sendiri.
    Jaminan Garansi dan Ketersediaan Komponen di seluruh kota besar di Indonesia menjadikan kami sebagai Pilihan Terbaik.
    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya

    Contact Person
    M. sholeh muhadi
    Hp. 081332224419 / 085755094199
    Email [email protected]
    http://winapackaging-mesinpengemas.blogspot.com/

  3. Handoko Widagdo  16 May, 2013 at 19:59

    Qomsiah gak bisa berbahasa mandarin, makanya tidak ikut ke Singapura.

  4. Silvia  16 May, 2013 at 19:58

    Komen 89-90: hahaha Dasar Ko Han!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.