Kesalahan dan Maaf

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUANYA DI Baltyra . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj.

Semoga anda semua ada dalam keadaan sehat dan bahagia. Mohon maaf, bila ini kali Dj. nyari thema yang “mungkin” sedikit asal-asalan atau ngawur, atau sesuka hati saja…

K E S A L A H A N D A N M A A F . . . ? ? ?

Setiap orang, atau siapa saja dari kita pasti pernah berbuat kesalahan, anda setuju…??? Hayo, siapa berani berkata, bahwa dirinya tidak pernah berbuat kesalahan….??? Hanya Jesus saja yang sejak lahir sampai Dia berangkat ke sorga, tanpa satu kesalahan, tapi dijadikan salah, karena kita. Agar kita yang sering bikin kesalahan, dihapuskan semua kesalahan kita.

Yuuuup….!!!

Ini oret-oretan Dj. tulis setelah beberapa hari saling kirim komentar dengan ibu Matahari (bukan nama aslinya). “Jujur” Dj. tidak menyangka ada seseorang yang memberi perhatian yang begitu besar akan setiap oret-oretan yang Dj. tulis dan bahkan sejak dari awal oret-retan Dj. di Baltyra dan semua kata-kata Dj. dalam setiap komentar diperhatikannya.

Sungguh luaaaar biasaaaaa…!!! Hebat dan sekaligus, sangat menyenangkan. Terimakasih ibu Matahari….!!! Mudah-mudahan ibu Matahari tidak marah, namanya Dj. tulis di sini, MAAF ya…!!!

Kalau ada yang mau iri, ya silahkan saja, tapi ke ibu Matahari…. hahahahahaha….!!! (Ups… maaf lagi…!!!).

Okay…. sekarang… mengapa Dj. selalu menuliskan kata “MAAF “. Karena Dj. hanya manusia biasa, yang setiap saat bisa berbuat kesalahan. Memang benar, Dj. selalu berusaha untuk tidak menyakiti hati seseorang, baik anda yang masih muda, atau yang muda. Tapi bila ada dari anda-anda yang pernah tersakiti hatinya oleh kata-kata Dj., maka sudah selayaknya Dj. mohon maaf bukan???

Inginnya dengan oret-oretan Dj., jelas menyenangkan hati anda semuanya. Tapi kenyataannya…??? Bisa sebaliknya bukan… ??? Bisa jadi oret-oretan Dj., kedengaran aroganz, atau sombong atau sok tau, sok pamer, sok menggurui. Jelas, dengan melalui tulisan, kata-kata dan perbuatan, mengakibatkan orang lain “mungkin” bisa sakit hati,

Yang sakit hati, coba ngacung…!!! (Ngacung = angkat tangan… dan bukan jadi kacung lho ya ibu Matahari…. hahahaha…). Besar kemungkinan, yang bersangkutan tidak mau muncul lagi di Baltyra, kan kasihan pengasuh Baltyra, karena tingkah Dj. maka ada yang lari atau sembunyi dari Baltyra, tapi masih suka ngintip juga (karena penasaran) ….hahahaha…!!!

Kalau hanya lari-lari (Jogging) sih silahkan, tapi jangan lari meninggalkan Baltyra, itu jelas bukan ksatria…Dj. tau benar, untuk memenangkan 1 orang saja, itu sudah sangat sulit, coba tanya mbak DA, tidak mudah mengajak teman, sahabat atau bahkan saudara sekalipun untuk bergabung di Baltyra. (takut ketularan, karena perkumpulan orang-orang Koplak …???). Olehnya, tidak segan-segan, kalau Dj. merasa atau tidak merasa bersalah, sudah selakyaknya Dj. lebih dahulu meminta maaf, sebelum dibilang Preeeettt….!!! oleh mas Iwan.

Syukur-syukur dimaafkan, kalau tidak ??? Ya itu urusan orang tersebut, bukan urusan Dj. lagi, benarkan…??? Hahahahahahahahaha….!!! (Ups…maaf…!!!).

Dalam kehidupan ini, kebanyakan dari kita, lebih senang dipuji dari pada dikritik, benar…??? Walau dibilang “kritik membangun” sekalipun. Jelas, pujian akan lebih menyenangkan daripada kritikan. Kadang kita pikir, sudah nulis cape-cape, masih juga dikritik, sialan… hahahahaha…!!!

Dan kalau kita dapat kritik, atau orang lain hanya sekedar ingin meluruskan yang salah, kita sudah bisa ngambek (mutung). Padahal, kita sering berkata, diskusi itu normal, tapi kalau kena batunya, langsung deh…..Nah di sini kita sering tidak bersifat dewasa…. Maaf, ini Dj. dan bukan anda semua, anda orang baik-baik semuanya.

Ada banyak kesalahan yang kita lakukan, baik itu disengaja, maupun tidak sengaja, telah kita bikin … Okay…??? Kalau kesalahan yang kita bikin tanpa kita sadari, bisa jadi karena hari itu obatnya belum diminum. Benar kan ya mbak DA… Hahahahahahahaha….!!!

Okay…. Kesalahan, ada yang berakibat fatal untuk diri sendiri, tapi juga bisa jadi fatal untuk orang lain.

Contohnya…

Saat kita stir mobil dan masih juga sibuk bercakap dengan menggunakan HP, sehingga konsentrasi saat mengemudikan mobilpun berkurang, akhirnya terjadi kecelakaan. Bisa berakibat fatal bagi kita dan orang lain, luka parah atau bahkan ada yang meninggal, gara-gara tingkah laku kita yang salah.

Tapi ada kesalahan yang kelihatanya biasa, tidak ada yang dirugikan, kesalahan inipun bisa menjadi momok dalam kehidupan kita. Contohnya kalau kita ambil barang di kantor, walau tidak ada yang lihat dan tidak ada yang merasa kehilangan, tapi perbuatan ini, tetap saja perbuatan yang salah. Karena bisa jadi kita berpikir, aaaah, hanya ball Point saja, kantor juga tidak rugi, masih banyak.

Hahahahahaha…. ini orang yang keras hatinya. Tapi… bisa jadi kita menyesal dan kesalahan ini akan menghantui kehidupan kita. Mau minta maaf ke atasan…??? Malah ketahuan, suka nilep, tidak minta maaf, malah jadi pikiran. Orang Jerman menyebutkan situasi seperti ini adalah, “Schlechtes Gewissen“.

Atau… kesalahan seperti mas Tri (suami Mei) yang stir mobil tanpa bawa SIM dan melanggar rambu-rambu lagi, untung tidak ditilang….Coba anda bayangkan, kalau pak polisinya orang Batak, dengan nada suara yang keras, dan berkata… KUTILANG KAU . . . ! ! ! Enak saja, manusia dia bilang kutilang, emang burung…???? Hahahahahahaha….!!! Jadi…ingat, kalau ada polisi bilang, Kutilang kau….!!! Jawab, saya bukan kutilang pak, tapi beo…. hahahahaha….!!!

Okay…okay….

Di Mainz, sejak kemarin, (tanggal 24 April 2013), udara sangat bagus, juga hari ini suhu udara bisa mencapai +26°C. Waaaaaw… !!! jadi bisa jalan-jalan dengan memakai sandal, celana pendek dan pakai kaos lengan pendek untuk keluar rumah (santai). Saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat di Eropa, setelah musim dingin yang cukup panjang. Jadi…. cerita-punya cerita, kemarin Dj. keasyikan chatting dengan adik di Surabaya, sampai hampir saja lupa punya jadwal untuk pijat.

Begitu lihat jam tangan, langsung Dj. serentak berdiri dengan cepat dan ganti pakaian dan segera berangkat ke Physiotherapie, untuk pijat. Saat asyik pijatan, tau-tau HP Dj. berdering, Physiotherapeutnya baik dan Dj. bahkan disilakan untuk angkat telpon yang masuk. Di sebrang sana, terdengar suara Susi.. (istri Dj. sejak 38 tahun lalu).

Susi : “Hallo Yang… wo bist du …??? (Hallo Yang… kamu ada di mana ???)”

Dj. : “Sedang pijat, ada sesuatu yang penting kah…???”

Susi : “Okay, tidak ada apa-apa, karena aku pulang dan tidak ada orang di rumah”.

Dj. : “Oooo… Apa kita mau ketemu dikota ?, udara sangat bagus.”

Susi : “Okay, kita ketemu di Cafe (langganan).”

Setelah pijat, maka Dj. langsung jalan kaki ke Cafe dan Susi juga sudah menunggu di sana. Dia sedikit bangong saat lihat Dj. masuk di Cafe, walau sempat melambaikan tangannya. Dj. pikir, ada apa dengan dia, seolah dia melihat malaikat masuk ke Cafe, hahahahaha…!!! Dj. langsung tanya, was ist denn los…??? (ada apa gerangan …???). Dia hanya geleng kepala dan minta agar Dj. segera duduk….

Jelas Dj. malah jadi penasaran, emang ada apa…???

Kok sepertinya ada yang dia rahasiakan, apa kesalahan Dj. ???

Susi kembali bertanya: “Apa kamu begitu ke kota…???” (dalam bahasa Indonesia, agar orang tidak ada yang ngerti)

Dj. jawa: “Ya , memang ada apa…???” , Dj. tau ada yang tidak beres, kalau dia sudah pakai bahasa Indonesia

Dia senyum dan bilang, dasar….!!!

Dj.: “Lho memang ada apa…???” Dj. masih belum ngeh apa kesalahan Dj.

Lalu Susi pegang kaos Dj. dan bertanya : “ini apa…??? Bukan pakaian untuk jalan-jalan kan…???”

Saat Dj. lihat dia pegang kaos Dj. baru Dj. ngakak sendiri sambil lihat kiri-kanan, semoga tidak ada yang memperhatikan. Taunya Dj. pakai kaos, untuk baju tidur (baju di rumah), jadi dari rumah, sudah buru-buru, Dj. hanya ganti celana, tapi tidak ganti baju…

Hahahahahahahahahaha…..!!!

Jadi selama perjalanan ke Physiotherapie dan kemudian ke Cafe, Dj. pakai kaos / baju tidur, opo tumon…???

kesalahan-dan-maaf01

Memang tidak semua orang tau kalau itu kaos / baju tidur (saat sommer).

Tapi… kalau ada yang beli yang sama…???

Pasti dia akan bicara ke suaminya, lihat itu, ada orang pakai baju tidur seperti yang kamu punya, untuk jalan-jalan di kota…

Hahahahahahahaha…..!!! Nggak lucu kan…???

Kesalahan ini, memang tidak fatal dan tidak ada orang lain yang dirugikan, tapi tetap saja kesalahan, bisa bikin istri malu kan.  Karenanya jadi malas jalan, maka setelah dari Cafe, kami malah masuk Rumah Makan.

Maksud yang baik, tapi ternyata di dalam sudah penuh, jadi kami cari tempat di luar juga dan Dj. cari tempat duduk di pojok dan kacamata tetap dipakai, agar tidak ada yang kenal / lihat… Malah Susi ambil photo… hahahahahaha….!!!

kesalahan-dan-maaf02

Hahahahahahahaha…. Dan setelah makan kenyang, maka Susi menggandeng Dj. jalan lagi dan masuk toko.

kesalahan-dan-maaf03

Setelah keluar dari toko, maka Dj. tidak malu lagi dilihat orang…

Haleluya …..!!!

kesalahan-dan-maaf04

Nah itu tadi sedikit cerita, soal kesalahan dan syukur tidak merugikan orang lain, malah menguntungkan Dj. Hanya saja akan malu, kalau ada yang tau, jalan-jalan ke kota pakai baju tidur…. hahahahahahaha….!!! Jadi Dj. mohon maaf, bila kelihatan pamer, lha memang pamer baju tidur dan baju baru…

Biarin saja, wong baju, ya baju Dj. sendiri ya dimas Josh Chen ya….. hahahahahahaha….!!!  Semoga kesalahan ini juga tidak terjadi pada diri anda.

Satu hal yang bisa Dj. ingatkan, ambilah waktu secukupnya, agar apa yang kita ingin kerjakan, bisa kita kerjakan dengan baik. Terburu-buru, sering berakibat tidak baik, karena kita akan mengerjakan dengan kurang teliti dan akhirnya membikin kesalahan. Contoh yang sering terjadi, ingin cepat akhirnya malah harus umenglangi, jadi lebih banyak waktu yang terbuang (lebih lama).

Semoga apa yang Dj. alami, bisa dipakai sebagai pelajaran dalam soal mengerjakan sesuatu. Semua memerlukan waktu, agar bisa bekerja dengan baik. Dj.yakin anda semua, lebih tau daripada Dj.

Mohon Dj. dimaafkan bila oret-oretan di atas, banyak kata-kata yang tidak berkenan di hati anda. Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menyertai kita, dimana saja kita berada.

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

kesalahan-dan-maaf05

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

63 Comments to "Kesalahan dan Maaf"

  1. Dj. 813  6 May, 2013 at 18:47

    Ibu Matahari…
    Lha nama Dj. kan sudah menunjukan kalau senang becanda, Djoko / Jokes / Joker
    Hahahahahahahaha….!!!
    Kok Dj. cari di FB dengan nama “Matahari” tapi tidak ketemu ya….
    Padahal di Mainz, sejak 3 jam yang lalu, matahari bersinar terang.
    Tadi, dari rumah jalan kaki bersama si ragil, sampai dikota, sebentar minum susu coklat dan pulang
    naik Bus.
    Sampai rumah langsung memanaskan soto ayam yang Dj. bikin semalam, masih cukup untuk makan siang berdua.

    Mengenai, penampilan seseorang di FB, nah memang benar, itu sah-sah saja.
    mau pakai nama apa dan mau begimana.
    Tapi melalui FB , Dj. juga banyak teman yang akhirnya bisa bertatap muka dan saling lebih mengenal.
    Dan melalui FB, malah bisa bertemu dengan kawan-kawan SMP, bercerita masa lampau.
    Bahkan mengingatkan, kalau ada reuni, jadi Dj.lihat ada hal positifnya.
    Juga bisa bertegur sapa dengan saudara, adik dan kaka, yang mana dulu hanya bisa lewat telpon atau SMS.
    Jelas, kalau belum pernak bertemu dan hanya sekedar ngobrol saja di Chatt, yang harus bisa jaga jarak.
    Semua akan bisa lebih baik, kalau bisa saling menghormati.
    Ini selesai makan soto, kok mata malah jadi berat…. padahal sotonya encer dan tidak lengket…
    Hahahahahahahahaha….!!!
    Salam manis darai Mainz.

  2. Matahari  6 May, 2013 at 16:05

    Pak Djoko…..saya sudah analisa kalau pak Djoko bisa diajak bercanda…dan saya sebenarnya suka bercanda( dikehidupan sehari hari) hanya saja dari komen2 saya disini mungkin saja kedengaran seolah saya judes .kasar dan pemarah…mungkin aslinya tidak begitu hahahahahahah

    Ini banyak saya perhatikan di FB…teman teman saya yang selalu komen begitu lembut dan sangat keibuan di FB…justru orang orang yang sangat berbeda aslinya..pemarah…gampang tersinggung…kasar.. dan orang orang yang sangat ramai di FB …sering justru orang orang yang kesepian…karena area publik yang kita sadari dibaca dan dilihat banyak orang….banyak dimanfaatkan segelintir orang untuk membangun image ideal…

    ..Cara orang berkomen diarea publik TIDAK SELALU menggambarkan watak asli orang tersebut…(menurut saya tentunya ) bahkan sering justru kebalikannya… …semua sah sah saja…kalau Matahari…namanya saja sudah matahari…kalau bersinar sangat panas…orang orang bisa terbakar…kalau tidak pakai suncream…and after sun .hahahaha tapi kalau mendung dia pun akan redup dan diam…dan tenang menunggu saatnya dia kembali bersinar…dan menyerang…he he he just canda…

  3. Dj. 813  6 May, 2013 at 14:29

    Matahari Says:
    May 6th, 2013 at 14:10

    Pak Djoko…saya hanya bercanda karena bapak menulis seperti ini : ““Ini sipa…??? Siap…!! Itu sudah dibawa..??? Okay…!!!
    Saya rubah menjadi : Ini siapa ??? Jangan yang itulah !!! Okay !!!
    Seolah pak Djoko mudik masukkan manusia ke koffer…heheh
    Tidak usah dibawa serius…hanya bercanda… selamat makan cornflakes…
    ————————————————————————————

    Ibu Matahari…
    Ooooo…begitu tho…. Maaf, tadi masih lapar… hahahahaha…!!!
    Sekarang Dj. jadi tahu ( bukan tempe ), karena sudah makan dan sudah wareg.
    Dj. rasa dengan bertambahnya waktu, ibu Matahari akan mengenal Dj. yang juga senang bergurau.
    Bahkan sudah mengaku ketularan Dj. syndrom kan…??? Hahahahahahaha….!!!
    Salam manis dari Mainz.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *