Kartini Day!

Risma Purnama

 

Hari ini terjadi kehebohan di tempat saya bekerja. Apa pasal? HRD kami mengadakan lomba berpakaian paling heboh dalam rangka memeriahkan hari Kartini yang sudah lewat, 21 April lalu. Tanggal boleh berlalu tapi moment untuk merayakannya selalu tak terlewatkan. Entah dari mana pula asal muasalnya hari kartini ini dirayakan dan selalu dimeriahkan dengan lomba kebaya kebayaan atau busana daerah. Selain lomba tulis menulis juga sih, meskipun tak sepopuler lomba kebaya atau busana daerah tadi. Mungkin karena acara ini lebih banyak memikat perhatian orang dan juga lebih meriah kelihatannya. Sehingga bisa menjadi ajang lucu-lucuan dan juga ajang pamer busana siapa yang paling bagus! Hehehehehe…

Meskipun di dalam  peringatan ini adalah dikhususkan untuk perempuan Indonesia untuk tujuan emansipasi  wanita, tak luput juga kaum pria ikut meramaikan acara ini. Kemeriahan hari ini sangat terasa di kantor saya. Semua karyawan terlibat sebagai peserta dengan thema pakaian mereka masing-masing, termasuk tim kerja saya tak ketinggalan meriah dan hebohnya! Para kaum pria menggunakan pakaian khas Betawi, sedangkan kaum perempuan memakai kebaya lengkap dengan dandanan yang cantik-cantik tentunya! Dalam lomba ini kami membuat satu ide photo bersama dengan membentuk huruf bertuliskan kata KARTINI, antara pria dan perempuan digabung!

Satu hal yang saya perhatikan adalah bahwa kemeriahan hanya terfokus ke lomba busananya saja. Tanpa perenungan makna yang sebenarnya, untuk apakah sebenarnya kita merayakan Hari Kartini, minimal perenungan buat diri sendiri, maka ituakan menjadi euphoria sesaat! Apa misi dan visi yang disampaikan sebenarnya dengan mengadakan acara seperti ini. Terlebih cara ini tentunya mengeluarkan dana sedikit ataupun banyak, tentunya juga menyita waktu jam kerja! Secara busana memang menunjukkan ke Bhinneka an, tapi cukupkah itu konstribusi kita sebagai anak bangsa menunjukkan bahwa kita sudah mengenali, siapakah Kartini sebenarnya? Saya secara pribadi sih, merasa belum memberikan konstribusi apa-apa dibandingkan oleh Kartini.

kartini-day

Kalau hari Kartini hanya dimeriahkan dengan lomba busana yang melibatkan pria dan perempuan, tak heran jika di masa akan datang maknanya akan bergeser. Kita tak lagi mengingat Kartini dengan karya tulisnya, kita tak lagi mengingat perjuangan Kartini yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya kaum perempuan. Suatu waktu generasi sesudah kita hanya mengenal Kartini sebagai sosok perempuan Indonesia yang berkebaya dan berambut konde saja! Meskipun dalam acara ini saya turut serta memeriahkannya, tapi perhatian saya tetap tak luput dari pemikiran pemikiran Kartini tentang nasib dan masa depan perempuan Indonesia. Dengan membuat sedikit catatan ini, setidaknya saya ada harapan mewariskan sedikit semangat Kartini di dalam  diri saya dengan meningkatkan kreativitas dan kemampuan menulis saya. Semoga juga masing-masing kita memaknai dengan carakita sendiri sendiri apa sebenarnya pesan Kartini yang sudah kita tangkap dan laksanakan!

Selamat Hari Kartini, jadilah kaum perempuan sebagai penerusbangsa yang cerdas mandiri dan mampu menulis !

 

7 Comments to "Kartini Day!"

  1. Rismapurnamaa  7 May, 2013 at 10:02

    Terima kasih teman teman sudah mampi di mari

    semoga ada hari kartono ya…..

  2. Alvina VB  5 May, 2013 at 00:56

    Kl gitu…. nanti ada hari Bapak kita Kartono dunk….
    Btw…Risma paling cuantiq….(lah gak ada tandingannya, he..he….)

  3. Dewi Aichi  4 May, 2013 at 03:39

    Risma tulisannya kesannya ceria dan aku suka tulisan-tulisanmu…

  4. J C  3 May, 2013 at 22:25

    Satu lagi perspektif tentang perkartinian…

  5. Dj. 813  3 May, 2013 at 14:06

    Risma Purnama…
    Terimakasih sudah berbagi cerita…
    Hebat sekali, Kartininya gagah-gagah….
    Atau mungkin perayaan hari Kartonokah…???

    Tapi Dj. yakin, Risma ingin meperlihatkan, betaba beratnya perjuangan Kartini diatara kaum pria ( kaum penjajah )
    Walau hanya satu Kartini, tapi tetap ada….!!!

    Salam manis dari Mainz.

  6. Dewi Aichi  3 May, 2013 at 09:28

    Wuihh Risma paling cantik…bener-bener mau menyamai kedudukan laki-laki wakaka….

  7. Linda Cheang  3 May, 2013 at 09:09

    yah, memamng belum bergeser dari kegiatan berbusana indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.