Saya Saja

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SOBAT SEMUA . . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. Sebelumnya Dj. mohon maaf, bila oret-oretan ini tidak seperti biasanya. Hal ini, hanya karena Dj. sering mendengar, kalau seseorang berkata “SAYA SAJA“ bla…bla…bla….

Kadang sangat menggelitik telinga Dj. kalau mendengar kata “saya saja…”. Entah, hal ini mungkin hanya perasaan Dj. saja, yang merasa sedikit aneh kalau mendengar orang berkata “saya saja“. Duluuuuuuu…. Dj. mengerti 2 kata ini, (“saya saja”) diucapkan oleh orang yang lebih tua, kepada orang yang lebih muda.

Atau seorang atasan, kepada anak buahnya yang dianggap berlebihan, jadi yang lebih pintar kepada yang pintar. Biasanya orang yang berbicara, merasa dirinya lebih daripada yang diajak bicara.

Contohnya:

Seorang tuan, berkata kepada sopirnnya:”hebat kamu Cep…. “SAYA SAJA“ hanya punya satu istri, kamu bisa punya tiga.. .”

Maksud si tuan, mungkin dia yang banyak uang dan sanggup membiayai orang sekampoeng, tapi hanya punya 1 istri. Tapi si Cecep, sopirnya yang gajihnya cuma sedikit (menurut ukuran si tuan), berani beristrikan 3 orang…. Hahahaha….!!!

Atau seorang ayah, yang berbicara kepada anaknya sambil geleng-geleng kepalanya: “Ayah saja (“SAYA SAJA”) mau naik sepeda ke kantor, kamu minta naik taxi ke sekolah??? “.

Nah, yang ini juga…

Sang ayah jelas merasa mampu naik taxi atau naik mobil, tapi memilih naik sepeda dan sedikit kecewa melihat anaknya yang manja, kesekolah malah panggil taxi…. Padahal, menurutnya, naik sepeda itu sehat dan ingin kasih contoh ke anaknya.

Atau…

Seorang Boss yang melihat anak buahnya memakai jam tangan merk Rolex: “Maman…. “SAYA SAJA” pakai merk Seiko, kamu pakai merk Rolex…??? Hebat kali kau…!!!???”

Padahal Rolex aspal….??? Hahahahahaha…!!!

Kata “saya saja”, terdengar seolah yang berkata ingin menujukan, bahwa dia lebih kuat, atau lebih mampu daripada yang dia ajak bicara. Benar kah…???

Seorang Nyonya kepada pembantunya: “SAYA SAJA” Dari Jakarta ke Semarang naik Bus, kamu minta naik pesawat….??? Sana naik pesawat telpon saja…!!!” Hahahahahahaha…!!! (kira-kita demikian kalau mbak DA yang jadi nyonya).

Juga masih banyak sekali contoh yang lainnya…..

Tapi… seiring waktu, Dj. sering mendengar, hal sebaliknya….

Kadang Dj. pikir sedikit aneh….

Seperti contoh yang di bawah ini, menggunakan kata “SAYA SAJA“

Contoh:

Pembicaraan di Cockpit antara Capt. Pilot dan Co. Pilot, yang mana Captainnyna lebih senior. Captain cerita kepada co Pilotnya: “kami Minggu lalu, baru pulang dari Hawaii bersama keluarga.”

Langsung komentar co Pilotnya: “SAYA SAJA” belum pernah ke sana Capt…”

Seolah-olah ingin berkata, kok Captain, sudah sampai sana, sedangkan saya bla…bla… bla…Nah di sini Dj. sedikit bingung, apakah si co Pilot ini merasa lebih hebat daripada Captain nya….??? Mengapa dia tidak berkomentar, wah… kapan ya, saya bisa ajak keluarga ke sana (kalau dia memang belum pernah ke sana). Atau, kami sekeluarga 2 tahun lagi juga berencana kesana Capt. untuk menemui saudara kami yu Lani (kedengaran lebih santai dan sopan).

Atau…

Percakapan seorang sopir mobil sewaan, dengan tamunya di Bali.

Sopir bertanya : “Selesai liburan di Bali ini, tuan sekeluarga akan terbang kemana…???”

Di jawabnya, akan meneruskan liburan ke Jaya-Pura.

Si sopir sedikit kaget dan berkata….

Oooooo…. tuan… “Saya saja” belum pernah ke sana tuan .”

Mengapa tidak dijawab dengan kalimat : “Sayang saya belum pernah ke sana.”

Mengapa dia jawab dengan kata “saya saja …..“

Kata “SAYA SAJA” ini sering menggelitik di telinga Dj. Olehnya Dj. tuliskan di sini, sekedar ingin tau pendapat anda semua tentang kata “SAYA SAJA” ini. Bila anda merasa lebih tau dari yang Dj. tau, maka Dj. mohon anda bisa / mau menolong untuk memberi penjelasan. Dj. akan sangat berterimakasih.

Mungkin dengan oret-oretan ini, bila pendapat Dj. benar, agar banyak dari kita lebih berhati-hati menggunakan kata “SAYA SAJA“ ini, agar yang diajak bicara, tidak merasa direndahkan. Tapi bila pendapat Dj. yang salah, maka Dj. mohon dimaafkan dan Dj. bisa belajar lagi dari anda semuanya. Siapa tau kata “SAYA SAJA” memiliki arti yang lain.

T E R I M A K A S I H . . . ! ! !

Dj. yakin, dengan berjalannya waktu, besar kemungkinan bahasa juga bisa berubah, olehnya…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sebagai penutup, Dj. beri bumbu jokes, dengan harapan, kita sedikit santai dan tidak tegang, biar mas Anoew saja yang tegang….

Di kelas V di SD Baltyro, ibu guru musik Westini, menyuruh muridnya bernama Alfred menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar “

Alfred berdiri di tempat dan dengan semangat dan dengan logat Balinya dia mulai menyanyi ….

Anda bayangkan, bila orang Bali berbicara, maka huruf “T” sangat jelas, seperti juga orang India. Setelah semua tenang, maka mulailah Alfred menyanyi dengan penuh semangat.

M a a a j u . . . T H A K . . . T H A K U T H . . . . . ! ! ! (logat orang Bali, yang tidak bisa mengucapkan huruf “t”, tapi jadi “th”)

Ibu guru Wess kaget dan bengong mendengar Alfred mulai menyanyi dan segera… Stop…!!! Salah…!!! Bukan tak takut… Tapi tak gentar…!!!

Ulangi… !!!

Maka Alfred pun mengulanginya…

Maaaaju thak thakuth…!!!

Kembali ibu guru Weeeees…. teriak…

SUALAAAAH . . . ! ! ! T U O L O O O L . . . ! ! ! TAAAK GENTAAAAAAAR . . . ! ! ! Tau..??? Ulangi…!!! (Wuuiiiih, ini guru galak banget ya.)

Afredpun jadi stress, dia mengulangi lagi dengan sedikit gugup, jelas salah lagi, maka ibu guru Weeeees mengambil penghapus untuk papan tulis dan melempar ke arah Alfred, Wuuuuusssst…!!! Tapi Alfred mengelak dan dia masih juga menyanyi…. Thak kena… thak kena… !!!

Di belakang Alfred, temannya bernama Juwandi yang kena kepalanya, P L E E T A A A A K . . . ! ! ! dan dia juga berdiri, serta teriak… Tak sakit…!!! Tak sakit…!!! Seluruh murid di kelas berdiri dan menyanyi… Majulah… !!! Majulah…!!! menang…..!!!!

Guuubraaaakkk…!!!! ibu guru Weeeees langsung pingsan…. (H a h a h a h a h a h a h a h a h a . . . . . . ! ! ! !)

Nah inilah yang namanya bahasa, tak gentar dan tak takut, apa bedanya…??? “S A Y A  S A J A“ tidak tahu…!!! Apalagi Alfred…. Kasihan kan…??? Hahahahahahahaha…!!! (Uuups… maaf…!!!). Tidak enak untuk didengar, bukan…???

Terimakasih untuk kesabaran dan perhatian anda semuanya. Terimakasih kepada pengasuh baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Mohon maaf bila oret-oretan ini tidak berkenan di hati anda, juga bila Dj. meminjam nama-nama anda.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya. Belajarlah berbicara di dalam bahasa sendiri dulu dengan baik, baru belajar bahasa saudara kita.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

dJ

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

59 Comments to "Saya Saja"

  1. Dj. 813  12 May, 2013 at 17:15

    Yu Lani, benar yu, Dj. tadinya sudah senang, karena apa yang yu Lani bilang itu benar, memang ada.
    Tapi… setalh Dj. laksanakan apa yang yu Lani bilang, ternyata error, ya sudah, mau apa lagi to..
    Hahahahahahahaaha…
    Ini baru saja pulang Gereja dan anak-anak pesan pizza, karena mereka tidak sempat masak dan mamanya tidak
    boleh masak, jadi ambil mudahnya saja.

    Susi tadi juga sangat senang, mendengar, sekaligus melihat wajah yu Lani saat menyanyi.
    Karena kamarin, setelah tiup lilin dan potong kueh UlTah, semua lupa menyanyi selamat Ulang tahun…
    Tapi semalam Dj. nyanyikan sendiri…. hahahahahahaha…!!!
    Sekali lagi… M A H A L O . . . ! ! !

  2. Lani  12 May, 2013 at 13:53

    MAS DJ : wah, kok aneh error? nah, klu sdh soal tehnik maaf aku ndak tahu………sama2 mas aku jg seneng bs chat dan nyanyi sekalian…………selamat menikmati sarapan……..wanginya kopi tercium sampai Kona lo

  3. Dj. 813  12 May, 2013 at 13:34

    Terimakasih yu, Susi sudah turut baca, ucapan selamatnya.
    Terimakasih untuk Skype Call nya…
    Saran yu Lani sudah Dj.laksanakakn, tapi ternyata error yu…
    Apa yang Dj. bikin, ternyata kembali dengan pernyataan Error, sorry.
    Hahahahahahahahaha….!!!
    Yo wis,ora opo-opo…
    Salam manis dari Mainz dan selamat ngorok…

  4. Lani  12 May, 2013 at 10:01

    MAS DJ : saya nderek bahagia atas ultahnya mbakyu Susi……tentunya nungguin belanja sambil teklak-tekluk bosen ya mas, tp cm setaon sekali yo ora opo2……..
    siang ini aku kerumah teman, bawa ayam bakar, dan agar2 buah utk dessertnya……..bikin nasi uduk, dan makan bersama……sambil ngobrol ngalor ngidul………lama ora ketemu

  5. Dj. 813  12 May, 2013 at 04:15

    Yu Lani…
    Selamat Malam dari Mainz yu…
    Lha iyalah, kalau bukan kita-kita yang mengingatkan, lalu siapa lagi ya yu…
    Apa lagi adikmu yang di Brazil yang mungil itu, kalau tidak diingatkan, dia
    akan kebablasen…. hahahahahahaha….!!!
    Kemarin Susi UlTah dan dari anak-anak dapat vocher, olehnya hari ini Dj.
    antar dia shoping. Dan sore Dj. sudah kewalahan dan terpaksa istirahat di Cafe sambil nunggu Susi selesai.
    Hahahahahahaha….!!!
    Nah ya, setahun sekali, kan yu…
    Hari ini di Mainz, kadang mendung, kadang ada matahari. Kalau ada matahari, maka cukup hangat.
    tapi kalau mendung, anginnya yang dingin.

  6. Lani  12 May, 2013 at 04:01

    51 MAS DJ : bener banget mas, saling mengingatkan sesama kenthir………..hahaha……..saat ini mentari njepret………rodo semlenget aku baru aja ngopi dan ngobrol karo konco sambil menikmati indahnya biru langit dan lautan didepan mataku………….life is sooooooooooo beautiful mas………..semua ini krn karunia NYA

  7. Dj. 813  12 May, 2013 at 03:21

    Koh ODB…
    Kamsia… Sieq..sieq.. Ni, sudah mampir…
    Ni Hao…??? Sudah lama tidak kedengaran kabarnya…???
    Semoga sehat selalu ya…

    Hahahahahaha… senang diingatkan dengan Gepeng yang lucu.
    Salam manis dari Mainz, juga untuk Cik Tiongan ( lehernya )

  8. Ouw Djiam Biauw  12 May, 2013 at 02:14

    Mas Djoko,lain Mas Djoko….SAYA SAJA” lain lagi pelawak Gepeng alm,….”UNTUNG ADA SAYA’
    Salam dari LA

  9. Dj. 813  10 May, 2013 at 14:38

    Lani Says:
    May 10th, 2013 at 12:25

    DA 46 : hahaha…….oleh krn itu nasehat mas DJ……..biar jgn kacau beliau……..obate diombe jok sampai klalen…….
    ————————————————————–

    Hallo yu Lani…
    elamat Pagi dari Mainz…
    Benar yu, kita kan bersadara, jadi ya saling mengingatkan ya.Agar jalannya tidak sempoyongan.
    Hahahahahahahaha….!!!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *