Indahnya Alam Tanaa Purai Ngeriman (Kab. Kutai Barat)

Imam Dairoby

 

Daerah Kutai Barat adalah pemekaran dari Kab. Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur. Untuk mencapainya kita bisa melalui darat dengan bis selama 7-9 jam, atau bisa melalui sungai Mahakam memakai kapal penumpang dari kayu selama 12 jam dari Samarinda. Nah yang mau naik pesawat juga ada. Lengkap deh.

Di daerah Kutai Barat banyak sekali tempat yang bisa dijadikan wisata alam, seperti air terjun, taman anggrek atau bunker-bunker peninggalan belanda yang banyak tersebar di kota sendawar.

Perjalanan sepanjang 9 jam dari Samarinda ke Kab. Kutai Barat melalui jalan darat adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan memakai Jasa Bis dengan harga ticket sebesar Rp. 80.000 anda akan terbawa sensasi bagaimana hempasan jalanan yang meliuk membelah Pulau Kalimantan.

Malam telah larut ketika saya sampai di Sendawar, dan terpaksa aku harus menginap di sebuah Hotel dekat Pasar Barong Tongkok. Dengan tarif  Rp. 120.000 per malam. Cukuplah mendapatkan sedikit kenyamanan untuk sekedar meluruskan tulang belakangku yang sakit terantuk kursi bis.

Pagi menyingsing dan temanku datang menjemput untuk membawaku melihat beberapa tempat yang sangat indah. Ada banyak air terjun Indah di sana juga bunker peninggalan Belanda dan Jepang. Dan tak kalah seru adalah Hutan Lindung tempat banyak sekali anggrek Hitam dan beberapa jenis anggrek lainnya. Tempat itu bernama Kersik Luway.

Oh iya, setiap Sabtu malam di Taman Budaya kota Sendawar selalu ada acara yang berisi Musik Tradisional serta  tari-tarian loh. Musik Rijoq dan Tari dari suku Dayak selalu menghiasi malam mingguan di sana. Saya sangat salut dengan pemerintah Kab. Kutai Barat karena dengan adanya acara tersebut seni budaya lokal bisa berkembang. Apa lagi setiap perhelatannya digilir penyelenggaranya dari tiap kecamatan.

Dan itu bisa menumbuhkan sanggar-sanggar seni di kecamatan-kecamatan, yg akhirnya akan melestarikan seni dan budaya setempat. Berikut beberapa hasil jepretan keindahan Kutai Barat.

purai-ngeriman (1)

Patung Macan Dahan di perkantoran Sendawar

 

purai-ngeriman (2)

Rumah Adat Suku Dayak “ Lamin “

 

purai-ngeriman (3)

Bunker Peninggalan Belanda

 

purai-ngeriman (4)

Air Terjun

 

purai-ngeriman (5)

Sungai yang membelah hutan

 

purai-ngeriman (6)

Anggrek Hitam

 

purai-ngeriman (7)

Pohon Raksasa

 

purai-ngeriman (8)

Pasir Putih di Taman Anggrek Kersik Luway

 

purai-ngeriman (9)

Berbagai Satwa indah

 

35 Comments to "Indahnya Alam Tanaa Purai Ngeriman (Kab. Kutai Barat)"

  1. Lani  20 May, 2013 at 10:24

    33 IDM, HAND : malah saling lempar batu sembunyi tangan………hahahaha

  2. IDM  20 May, 2013 at 08:28

    Elnino : Bener mas Sanga2 termasuk di Kukar. tapi gak sampe menugelkan boyok. dekat aja kok…….ada beberapa situs di situ …sayang aku b elum pernah ke sana , padahal dekat ama Samarinda atau Balikpapan.

  3. IDM  20 May, 2013 at 08:26

    hhahahhahhaha….jadi bingung arep nyebut opo…….mas Handono, tanggung jawab yo

  4. elnino  17 May, 2013 at 19:30

    Alam yg masih asri… Kalo Sanga2 di Kukar juga kan ya IDM? Gmn tuh medan menuju lokasi? Apakah berpotensi menugelkan boyok juga? Dalam waktu dekat sepertinya saya harus ke Sanga2…

  5. Lani  17 May, 2013 at 13:49

    IDM, HAND : horotoyoh……….diapusi mbah kakung Handoko kok yo percoyo ae ngono………tobiaaaaaaaat iki…….

    itu menyan di ekspor kemana kok wis entek????

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *