Hari Bapak, Ulang Tahun dan Hari Ibu

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SAUDARA-SAUDARA DJ. DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA . . . ! ! !

Semoga anda ada sehat semua ya…Di dalam oret-oretan kali ini, Dj. hanya ingin pamer lagi, bila anda belum bosan. Kebetulan Dj. mendapat pesanan “Pizza”, dengan taburan Vatertag, Geburtstag und Muttertag (Fatherday, Birthday dan Motherday).

Jelas ini adalah permintaan special yang belum pernah Dj. dapatkan. Olehnya Dj. dengan sangat senang hati Dj. menyanggupinya, mudah-mudahan, nanti rasanya juga enak ya….Bill nya akan Dj. kirim minggu depan…. hahahahahaha….!!! (Ups… maaf ya ibu Matahari). Jelas apa yang sudah Dj. siapkan untuk hari ini, Dj. kesampingkan lebih dulu, karena ini pesanan, jadi sedikit lain.

Okay…

Tanggal. 9 Mai, di Jerman, seperti di seluruh dunia, diperingati hari kenaikan Isa Almasih (Kenaikan TUHAN YESUS KRISTUS). Mungkin ada sedikit perbedaan, antara Jerman dengan negara yang lain, di Jerman, hari itu di namakan juga “hari bapak”. Bapak-bapak di Jerman, biasanya merayakan bersama, jalan kaki ke bukit dengan membawa bekal, atau minum-minum di Restaurant.

Seperti biasa, hari itu Dj. bangun pagi, baca Baltyra, Kompas.com dan lihat FB, chatting dengan saudara atau teman. Tau-tau bel rumah berbunyi dan Dewi sudah di depan pintu, cepat-cepat Dj. mandi… hahahahaha….!!! Dewo tidak datang di pagi pagi hari itu, karena dia juga merayakan hari Bapak, dengan anak-anaknya, di rumahnya sendiri.

Dewi dan Daniel mengucapkan selamat untuk Dj., jadi terharu juga, karena baru di Jerman, memperingati hari bapak. Seperti biasa, kami sarapan bersama, setiap akhir pekan atau hari libur, jadi kali inipun tidak ada yang aneh, biasa-biasa saja. Sedikit haru mendengar doa Daniel untuk Dj., anda bisa bayangkan kalau seseorang mendoakan anda dan anda mendengarkannya.

Luar biasa, kata-kata yang anda mengerti keluar dari isi hati seorang anak untuk ayahnya dan bukan doa hapalan, yang asal bla…bla…bla…

ultah01

Setelah sarapan, kami ngobrol kiri kanan, sampai satu saat Dewo datang bersama keluarganya. Setelah mengucapkan selamat Vatertag dan berterimakasih, ambil memeluk Dj., maka dia bersama adiknya, kembali ke bawah dan mempersiapkan api untuk bakar sate dan BBQ. Tapi sate bikinan Dewi, jadi setiap anak membagi tugas masing-masing.

ultah02

ultah03

Sebelum kami makan siang, kami dapat telpon dari Purwokerto, melalui skype. Jelas Dj. sangat gembira, bisa melihat keluarga Dj. di Purwokerto yang menyenangkan, karena anak Dj. sekeluarga dan cucu-cucu kelihatan sangat riang, walau si kembar sedikit malu-malu, tapi okay, namanya juga anak-anak.

Di rumah banyak makanan, ada sate daging ayam, sate daging kalkun, daging babi panggang, juga ikan bakar (walau hanya satu ekor). Karena hanya Dj. yang makan ikan bakar, yang lain, memilih sate dan daging. Ada Nudelsalat (salat pasta), ada Kartoffelsalat (salat dari kentang), ada salat ala italy dan ada juga sambal kecap, dengan potongan tomat dan cabe rawit, untuk ikan bakar…. Hhhhhmmmm…..!!!!

ultah04

Setelah mengucap syukur melalui pujian-pujian dan doa makan dan kami makan siang bersama. Kali ini Sarah sudah bisa bergabung.

ultah05

ultah06

Hanya saja, saat kami mulai makan, maka Sarah kembali ke Box nya dan dia juga tenang, kadang terdengar suara…. ngaaaak…. ngaaaak…!

ultah07

Setelah kami semuanya kenyang, maka kami masih ngobrol kiri-kanan. Hari ini benar-benar sangat relax, tidak ada sama sekali yang terburu-buru, karena tidak ada yang punya rencana harus kemana. Tapi, Dj. sedikit dikagetkan, saat si ragil, Daniel bawa Box barisikan hadiah untuk Dj. Dia mewakili kakak-kakaknya dan berkata, ini dari kami bertiga, sebagai tanda terimakasih kami.

ultah08

Jelas, Dj. sedikit kaget, karena tidak menanti hadiah sama sekali, biasanya rasa terimakasih dan makan bersama juga sudah cukup. Mereka sudah menyediakan sarapan dan makan siang, dengan bakar sate dll nya, itu sudah satu hal yang baik adanya. Maka mereka maminta agar Dj. membuka hadiah yang dia berikan ke Dj.

Pertama Dj. temukan di dalan box, ada topi merk “Camp David” yang pernah akan Dj. beli, tapi karena di rumah sudah ada lebih dari 30 topi, maka Dj. pikir untuk apa. Sedangkan yang lama-lama sudah banyak yang Dj. bawa, bila mudik, mengapa harus beli lagi…??? Ternyata mereka membelikan untuk Dj.

ultah09

Dj. pikir hanya topi saja, tapi kemudian mereka masih berkata, masih ada yang lain. Jelas Dj. cari lagi dan ternyata satu kaos juga merk “Camp David” juga dan bukan kaos untuk baju tidur, hahahaha…!!!

ultah10

ultah11

Nah itu tadi Vatertag di dalam keluarga Dj. di Mainz.

Besoknya tanggal. 10 Mai, adalah UllTahnya Susi, maka anak-anak dan Dj. jelas sudah menyiapkan semuanya, walau hanya kami sekluarga saja dan akan merayakan dengan sangat sederhana saja. Karena Susi memang sudah meminta, tidak mau dirayakan bersama orang lain, tapi minta dirayakan bersama anak-anak dan cucu-cucu saja.

Atas permintaan Dj. lewat telepon (saat Susi ngajar), maka anak-anak, Dj. beri tugas untuk membeli bunga dan memesan tempat di Restauran yang anak-anak sendiri pilih yang baik untuk mama mereka. Jelas, hadiah kami untuk Susi tidak akan Dj. pamerkan di sini, hanya bunga dan kueh UlTah saja. Yu Lani juga sudah melihat bunga ini lewat skype ya yu….

ultah12

ultah13

ultah14

ultah15

Yang menjadi kejutan, Daniel membikin sendiri kueh UlTah untuk mamanya dengan banyak lilin-lilin kecil.

ultah16

ultah17

ultah18

David membantu omanya memotong kueh, Susi selalu mengikut sertakan David, agar dia tidak marasa sendirian dan bosan.

ultah19

Dan setelah makan kueh, jelas masih ada banyak kueh yang lain, hanya tidak Dj. pamerkan disini, agar tidak kebanyakan photo. Dan setelah saatnya, maka kamipun berangkat ke Reastaurant yang telah dipesan anak-anak. Setelah kami sampai, maka Susi sedikit kaget, karena dia tidak menyangka akan ke Restaurant tsb.

Setelah kami dudukpun, Susi masih bertanya, kok masih ada 2 korsi yang kosong…??? Kami semua hanya senyum dan Dj. berkata, kalau tidak dipakai, kan nanti sama pelayannya akan diambil lagi. Olehnya dia semakin gembira, karena sobat yang kami anggap sudah seperti adik Dj. memenuhi undangan kami.

Setelah banyak ngobrol, maka kamipun segera ingin memilih makanan apa yang enak di Restaurant tersebut.

ultah20

Maka kami mulai dengan doa ucapan syukur dan kemudian dilanjutkan dengan prooooost…!!! Untuk kesehatan Susi dan mulailah hidangan yang pertama keluar.

ultah21

ultah22

ultah23

ultah24

ultah25

Mohon maaf, Dj. tidak pamerkan setiap masakan yang kami dan anak-anak pesan. Mudah-mudahan anda semua maklum, agar tidak membuat kesalah pahaman, kasihan kan kalau nanti pada ngiler. Tapi yang jelas, baru pertama kali Dj. makan dessert yang ditaburi “safran”, karena menurut yang pernah Dj. lihat. Juga dengar reportasi di TV, safran sangat mahal, saingan dengan emas, entah benar atau tidak, tapi rempah ini memang tidak mudah didapat. Diambil dari dalam bunga krokos di Iran. Maaf bila salah.

Hari Minggu tanggal 12 Mai, adalah hari ibu, jelas anak-anak akan datang lagi untuk mengucapkan terimakasih kepada Susi. Mereka juga akan memanjakan mamanya, sebagai tanda terimakasih. Jadi sejak tanggal. 9 , 10 dan 12 Mai, di rumah Full Hause… Walau hanya dengan keluarga sendiri dan kadang ditambah dengan suara tangisan Sarah yang sangat merdu. Karena kami sudah cukup lama tidak mendengarnya lagi… hahahahaha…!!!

Pagi itu, Dj. sudah bangun cukup pagi dan beres-beres di dapur dan siapkan sarapan kami bertiga, ternyata Dewi datang dan setelah sarapan, kami berempat ke Gereja.

ultah26

ultah27

Dari Gereja, maka kami kumpul bersama di rumah dan Sarah turut bersuara dan melihat ke arah omanya.

ultah28

Kemudian kami lanjutkan dengan makan siang dengan menu Pizza, hanya Sarah saja yang tidak kebagian Pizza… hahahahahaha….!!!

ultah29

ultah30

Okay, banyak sudah yang Dj. ceritakan dan pamerkan, semoga masih ada yang belum tertidur… hahahahaha…!!!

Terimakasih, kepada pengasuh baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Terimakasih kepada anda semua yang masih mau mampir dan selalu meninggalkan komentar yang menyenangkan. Terimakasih kepada ibu Matahari yang telah memesan Pizza dengan Toping Fatherday, Birthday and Motherday.

Mohon maaf, bila banyak kata-kata yang tidak berkenan, atau bisa jadi salah menulis, maklum semua sedikit buru-buru, hahaha…!!! Juga banyak photo-photo yang tidak Dj. ambil, saat makan bersama di Restaurant, mengingat banyaknya tamu di Restaurant. Malu juga bolak-balik jepret dengan kamera pakai Flash.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita senantiasa.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

ultah31

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

90 Comments to "Hari Bapak, Ulang Tahun dan Hari Ibu"

  1. Dj. 813  16 May, 2013 at 18:09

    Silvia Says:
    May 16th, 2013 at 12:21

    Selamat ulang tahun buat Ibu Susi. Semoga selalu dikasih kesehatan yg baik.

    Selamat hari bapak utk Dj.

    Selamat hari ibu utk yg merayakan. Saya dapat bunga dan hp baru (soalnya yg kasih hp tahu, kalau ga dikasih sampai butut saya ga akan ganti hp. Hihihi)
    ————————————————————-

    Terimakasih Silvia…,
    Lama tidak kelihatah, sehat kan…???
    Untuk semua ucapan dan doanya…
    Selamat untk HP yang baru dan bunganya…
    Dj. Ulatah tahun lalu juga dapat HP, tapi malah jarang dipakai.
    Hanya dipakai untuk telpon anak-anak atau kalau di kota pisah sama Susi,agar bisa janjian ketemu dimana.
    Walau HP Dj. bisa ke internet, youtub dan yang lain, tai ya tidak üernah di pakai.
    Kalau diluar rumah bawa i-Pat sudah lenih dari cukup.
    Okay, salam manis dari Mainz, untuk keluarga dirumah ya.

  2. Dj. 813  16 May, 2013 at 17:33

    IWAN SATYANEGARA KAMAH Says:
    May 16th, 2013 at 03:43

    Waaaaaah…makanannya, hmmmmmm….enak-enak… Senang lihat keakraban Keluarga Pasian…

    Salam sayang dari Mawar, Melati, Nani dan saya untuk Om Djoko sekeluarga…
    ——————————————————————————-

    Mas Iwan…
    Terimakasih sudah mampir….
    Kapan ke Mainz, kita makan-makan…. hahahahahahTerimakasish salamnya dari Melati, Mawar dan mbak Nani.
    Cium sayang juga untuil Melati dan Mawar.
    Mbak Nani, mas Iwan ciun sendiri ya…

  3. awesome  16 May, 2013 at 17:17

    whoa …. kangen …..

  4. Lani  16 May, 2013 at 12:30

    MAS DJ : ini service gratis mas ngencengke sekrup kaca mata baca……..la nek bayar aku yo emoh, krn aku beli ditoko tsb……..jd mrk kasih service tiap kali klu longgar…………klu dipakai mlorot trs je…………hehehe

  5. Lani  16 May, 2013 at 12:29

    52 MAS DJ : la ya sapa tau klu celana kolornya bolong2 mas…….atau kelunturan dgn warna warni rameeeeeee……ndak cm satu warna

  6. Silvia  16 May, 2013 at 12:21

    Selamat ulang tahun buat Ibu Susi. Semoga selalu dikasih kesehatan yg baik.

    Selamat hari bapak utk Dj.

    Selamat hari ibu utk yg merayakan. Saya dapat bunga dan hp baru (soalnya yg kasih hp tahu, kalau ga dikasih sampai butut saya ga akan ganti hp. Hihihi)

  7. IWAN SATYANEGARA KAMAH  16 May, 2013 at 03:43

    Waaaaaah…makanannya, hmmmmmm….enak-enak… Senang lihat keakraban Keluarga Pasian…

    Salam sayang dari Mawar, Melati, Nani dan saya untuk Om Djoko sekeluarga…

  8. Dj. 813  16 May, 2013 at 01:06

    Maaf ada yang lupa yu…
    Di Mainz, hari ini,kadang ada matahari dan kadang mendung, tapi tidak hujan.
    Lho kacamata baca memang sering scrupnya longgal, Dj. kencengkan sendiri, tidak perlu ke tukang yu, buang uang.
    Hahahahahahahahahahaha….!!!
    Selamat jalan-jalan ya yu…
    Salam manis dari Mainz.

  9. Dj. 813  16 May, 2013 at 01:01

    Hallo yu Lani, selamat Malam dari Mainz…
    Kok under wear sih yu…???
    Kami bicara tentang baju ( hemd ) , kaos, topi merk “Camp David”

    Kalau soal Underwear sih…
    Benar yu, Susi selalu perhatian, walau underwear sekalipun…
    Kan orang tidak tau, kalau contohnya ke dokter dan bahus buka pakaian, untuk periksa sesuatu.
    Bisa jadi semua atau sebahagian harus dilepas, kan malu kalau pakai underwear yang aneh.
    Susi selalu belikan merk Tommy Hilfiger, walau kadang cukup mahal, tapi dipakainya juga nyaman.
    Juga saat Dj. ada udun dan 2 dokter dan 3 perawat yang periksa dan harus dioperasi.
    Kalau pakai yang yang bersih kan lebih baik, apalagi pakai yang baru… hahahahahaha…!!!
    Jadi tidak hanya Susi saja yang lihat yu.
    Susi malah selalu mengingatkan, kalau terjadi kecelakaan ( walau tidak diharap ) dan harus diangkut dengan ambulanz ke rumah sakit. Siapa tahu, celana harus dipotong untuk memeriksa apa semua okay.
    Nah ya, selama masih mampu dan tidak merugikan orang lain, untuk kami bukan satu masalah.
    Hahahahahahahahaha….!!!!

  10. Lani  16 May, 2013 at 00:27

    MAS DJ : wakakakak………jd ngakak, baca underwear sj ber merk, la sing arep menikmati sapa mas? Selain mbakyu Susi hehehe………ato dinikmati sendiri, sambil berkaca ria dan megal-megol………kkkkkkk……..jik opo saiki? mentari udah nongol di Kona……….jalanan msh basah krn disiram hujan bbrp hr ini, hr ini libur nggaru mas……..tp sebentar lagi mo keluar, biasa jalan2 perlu kaca mata baca……..dan mengencangkan sekrupe…….nek dinggo mlorot trs je………lah dasar wis tuek mas……….hehehe……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.