Hari Bapak, Ulang Tahun dan Hari Ibu

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SAUDARA-SAUDARA DJ. DI BALTYRA YANG BERBAHAGIA . . . ! ! !

Semoga anda ada sehat semua ya…Di dalam oret-oretan kali ini, Dj. hanya ingin pamer lagi, bila anda belum bosan. Kebetulan Dj. mendapat pesanan “Pizza”, dengan taburan Vatertag, Geburtstag und Muttertag (Fatherday, Birthday dan Motherday).

Jelas ini adalah permintaan special yang belum pernah Dj. dapatkan. Olehnya Dj. dengan sangat senang hati Dj. menyanggupinya, mudah-mudahan, nanti rasanya juga enak ya….Bill nya akan Dj. kirim minggu depan…. hahahahahaha….!!! (Ups… maaf ya ibu Matahari). Jelas apa yang sudah Dj. siapkan untuk hari ini, Dj. kesampingkan lebih dulu, karena ini pesanan, jadi sedikit lain.

Okay…

Tanggal. 9 Mai, di Jerman, seperti di seluruh dunia, diperingati hari kenaikan Isa Almasih (Kenaikan TUHAN YESUS KRISTUS). Mungkin ada sedikit perbedaan, antara Jerman dengan negara yang lain, di Jerman, hari itu di namakan juga “hari bapak”. Bapak-bapak di Jerman, biasanya merayakan bersama, jalan kaki ke bukit dengan membawa bekal, atau minum-minum di Restaurant.

Seperti biasa, hari itu Dj. bangun pagi, baca Baltyra, Kompas.com dan lihat FB, chatting dengan saudara atau teman. Tau-tau bel rumah berbunyi dan Dewi sudah di depan pintu, cepat-cepat Dj. mandi… hahahahaha….!!! Dewo tidak datang di pagi pagi hari itu, karena dia juga merayakan hari Bapak, dengan anak-anaknya, di rumahnya sendiri.

Dewi dan Daniel mengucapkan selamat untuk Dj., jadi terharu juga, karena baru di Jerman, memperingati hari bapak. Seperti biasa, kami sarapan bersama, setiap akhir pekan atau hari libur, jadi kali inipun tidak ada yang aneh, biasa-biasa saja. Sedikit haru mendengar doa Daniel untuk Dj., anda bisa bayangkan kalau seseorang mendoakan anda dan anda mendengarkannya.

Luar biasa, kata-kata yang anda mengerti keluar dari isi hati seorang anak untuk ayahnya dan bukan doa hapalan, yang asal bla…bla…bla…

ultah01

Setelah sarapan, kami ngobrol kiri kanan, sampai satu saat Dewo datang bersama keluarganya. Setelah mengucapkan selamat Vatertag dan berterimakasih, ambil memeluk Dj., maka dia bersama adiknya, kembali ke bawah dan mempersiapkan api untuk bakar sate dan BBQ. Tapi sate bikinan Dewi, jadi setiap anak membagi tugas masing-masing.

ultah02

ultah03

Sebelum kami makan siang, kami dapat telpon dari Purwokerto, melalui skype. Jelas Dj. sangat gembira, bisa melihat keluarga Dj. di Purwokerto yang menyenangkan, karena anak Dj. sekeluarga dan cucu-cucu kelihatan sangat riang, walau si kembar sedikit malu-malu, tapi okay, namanya juga anak-anak.

Di rumah banyak makanan, ada sate daging ayam, sate daging kalkun, daging babi panggang, juga ikan bakar (walau hanya satu ekor). Karena hanya Dj. yang makan ikan bakar, yang lain, memilih sate dan daging. Ada Nudelsalat (salat pasta), ada Kartoffelsalat (salat dari kentang), ada salat ala italy dan ada juga sambal kecap, dengan potongan tomat dan cabe rawit, untuk ikan bakar…. Hhhhhmmmm…..!!!!

ultah04

Setelah mengucap syukur melalui pujian-pujian dan doa makan dan kami makan siang bersama. Kali ini Sarah sudah bisa bergabung.

ultah05

ultah06

Hanya saja, saat kami mulai makan, maka Sarah kembali ke Box nya dan dia juga tenang, kadang terdengar suara…. ngaaaak…. ngaaaak…!

ultah07

Setelah kami semuanya kenyang, maka kami masih ngobrol kiri-kanan. Hari ini benar-benar sangat relax, tidak ada sama sekali yang terburu-buru, karena tidak ada yang punya rencana harus kemana. Tapi, Dj. sedikit dikagetkan, saat si ragil, Daniel bawa Box barisikan hadiah untuk Dj. Dia mewakili kakak-kakaknya dan berkata, ini dari kami bertiga, sebagai tanda terimakasih kami.

ultah08

Jelas, Dj. sedikit kaget, karena tidak menanti hadiah sama sekali, biasanya rasa terimakasih dan makan bersama juga sudah cukup. Mereka sudah menyediakan sarapan dan makan siang, dengan bakar sate dll nya, itu sudah satu hal yang baik adanya. Maka mereka maminta agar Dj. membuka hadiah yang dia berikan ke Dj.

Pertama Dj. temukan di dalan box, ada topi merk “Camp David” yang pernah akan Dj. beli, tapi karena di rumah sudah ada lebih dari 30 topi, maka Dj. pikir untuk apa. Sedangkan yang lama-lama sudah banyak yang Dj. bawa, bila mudik, mengapa harus beli lagi…??? Ternyata mereka membelikan untuk Dj.

ultah09

Dj. pikir hanya topi saja, tapi kemudian mereka masih berkata, masih ada yang lain. Jelas Dj. cari lagi dan ternyata satu kaos juga merk “Camp David” juga dan bukan kaos untuk baju tidur, hahahaha…!!!

ultah10

ultah11

Nah itu tadi Vatertag di dalam keluarga Dj. di Mainz.

Besoknya tanggal. 10 Mai, adalah UllTahnya Susi, maka anak-anak dan Dj. jelas sudah menyiapkan semuanya, walau hanya kami sekluarga saja dan akan merayakan dengan sangat sederhana saja. Karena Susi memang sudah meminta, tidak mau dirayakan bersama orang lain, tapi minta dirayakan bersama anak-anak dan cucu-cucu saja.

Atas permintaan Dj. lewat telepon (saat Susi ngajar), maka anak-anak, Dj. beri tugas untuk membeli bunga dan memesan tempat di Restauran yang anak-anak sendiri pilih yang baik untuk mama mereka. Jelas, hadiah kami untuk Susi tidak akan Dj. pamerkan di sini, hanya bunga dan kueh UlTah saja. Yu Lani juga sudah melihat bunga ini lewat skype ya yu….

ultah12

ultah13

ultah14

ultah15

Yang menjadi kejutan, Daniel membikin sendiri kueh UlTah untuk mamanya dengan banyak lilin-lilin kecil.

ultah16

ultah17

ultah18

David membantu omanya memotong kueh, Susi selalu mengikut sertakan David, agar dia tidak marasa sendirian dan bosan.

ultah19

Dan setelah makan kueh, jelas masih ada banyak kueh yang lain, hanya tidak Dj. pamerkan disini, agar tidak kebanyakan photo. Dan setelah saatnya, maka kamipun berangkat ke Reastaurant yang telah dipesan anak-anak. Setelah kami sampai, maka Susi sedikit kaget, karena dia tidak menyangka akan ke Restaurant tsb.

Setelah kami dudukpun, Susi masih bertanya, kok masih ada 2 korsi yang kosong…??? Kami semua hanya senyum dan Dj. berkata, kalau tidak dipakai, kan nanti sama pelayannya akan diambil lagi. Olehnya dia semakin gembira, karena sobat yang kami anggap sudah seperti adik Dj. memenuhi undangan kami.

Setelah banyak ngobrol, maka kamipun segera ingin memilih makanan apa yang enak di Restaurant tersebut.

ultah20

Maka kami mulai dengan doa ucapan syukur dan kemudian dilanjutkan dengan prooooost…!!! Untuk kesehatan Susi dan mulailah hidangan yang pertama keluar.

ultah21

ultah22

ultah23

ultah24

ultah25

Mohon maaf, Dj. tidak pamerkan setiap masakan yang kami dan anak-anak pesan. Mudah-mudahan anda semua maklum, agar tidak membuat kesalah pahaman, kasihan kan kalau nanti pada ngiler. Tapi yang jelas, baru pertama kali Dj. makan dessert yang ditaburi “safran”, karena menurut yang pernah Dj. lihat. Juga dengar reportasi di TV, safran sangat mahal, saingan dengan emas, entah benar atau tidak, tapi rempah ini memang tidak mudah didapat. Diambil dari dalam bunga krokos di Iran. Maaf bila salah.

Hari Minggu tanggal 12 Mai, adalah hari ibu, jelas anak-anak akan datang lagi untuk mengucapkan terimakasih kepada Susi. Mereka juga akan memanjakan mamanya, sebagai tanda terimakasih. Jadi sejak tanggal. 9 , 10 dan 12 Mai, di rumah Full Hause… Walau hanya dengan keluarga sendiri dan kadang ditambah dengan suara tangisan Sarah yang sangat merdu. Karena kami sudah cukup lama tidak mendengarnya lagi… hahahahaha…!!!

Pagi itu, Dj. sudah bangun cukup pagi dan beres-beres di dapur dan siapkan sarapan kami bertiga, ternyata Dewi datang dan setelah sarapan, kami berempat ke Gereja.

ultah26

ultah27

Dari Gereja, maka kami kumpul bersama di rumah dan Sarah turut bersuara dan melihat ke arah omanya.

ultah28

Kemudian kami lanjutkan dengan makan siang dengan menu Pizza, hanya Sarah saja yang tidak kebagian Pizza… hahahahahaha….!!!

ultah29

ultah30

Okay, banyak sudah yang Dj. ceritakan dan pamerkan, semoga masih ada yang belum tertidur… hahahahaha…!!!

Terimakasih, kepada pengasuh baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Terimakasih kepada anda semua yang masih mau mampir dan selalu meninggalkan komentar yang menyenangkan. Terimakasih kepada ibu Matahari yang telah memesan Pizza dengan Toping Fatherday, Birthday and Motherday.

Mohon maaf, bila banyak kata-kata yang tidak berkenan, atau bisa jadi salah menulis, maklum semua sedikit buru-buru, hahaha…!!! Juga banyak photo-photo yang tidak Dj. ambil, saat makan bersama di Restaurant, mengingat banyaknya tamu di Restaurant. Malu juga bolak-balik jepret dengan kamera pakai Flash.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kehidupan kita senantiasa.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

ultah31

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

90 Comments to "Hari Bapak, Ulang Tahun dan Hari Ibu"

  1. Matahari  21 May, 2013 at 03:13

    Memang benar Pak bahwa father’s day di Indonesia 12 November

  2. Dj. 813  21 May, 2013 at 01:31

    Ibu Matahari…
    Selamat Malam dari Mainz.
    Benar ya 12 November hari bapak di Indonesia…???
    Dj-kira Tgl. 30 Februar… hahahahaha…!!!
    Ups…!!! Maaf…!!!

  3. Matahari  21 May, 2013 at 00:26

    Hari Ayah di Indonesia ada…yaitu 12 November

  4. Dj. 813  20 May, 2013 at 01:11

    Bung / Bang Fidelis R. Situmorang…
    Terimakasih sudah mampit… Juga untuk ucapan selamatnya…
    Tidak ada kata terlambat, selama masih bisa mengucapkannya….
    Satu saat nanti, siapa tau di Indonesia juga ada hari bapa.
    Tidak ada hari bapa tidak apa-apa,asal jangan sampai tidak ada Sang-sang…
    Hahahahahahahahahaha…!!!
    Salam Sejahtera dari Mainz…

  5. Fidelis R. Situmorang  20 May, 2013 at 00:44

    Cerita tentang keluarga selalu menyenangkan hati ya, Om Dj, bikin adem. Selamat Hari Bapak ya, Om… Hehehe… Telat banget nih ngucapinnya. Semoga selalu dipenuhi kebahagiaan seorang Bapak.
    Kapan ya, kita di Indonesia punya hari Bapak?

  6. Dj. 813  17 May, 2013 at 15:54

    Angelika….
    Terimakasih sudah mampir…
    Memang benar, untuk kami, keluarga adalah nomer dua setelah TUHAN.
    Yang lainnya bisa nunggu.
    Jadi apapun yang akan terjadi, asal keluarga masih bisa jadi satu, maka itu sudah lebih dari yang lain.

  7. Angela Januarti  17 May, 2013 at 14:20

    Melihat kebersamaan keluarga Pak DJ membuatku rindu suasana kumpul keluarga besarku ^_^

  8. Dj. 813  17 May, 2013 at 13:30

    Terimakasih Krist, terimakasih mbak Tree, terimakasih Wid juga semua yang telah mempir dan meninggalkan jempolnya.
    Salam manis dari Mainz.

  9. Dj. 813  16 May, 2013 at 21:54

    Ibu Matahari….
    Dj. kagum, karena ibu Matahari tahu benar apa yang kami sekeluarga alami.
    Tapi tidak selalu kami yang sibuk, sering anak yang paling tua, dia sudah telpon duluan.
    Untuk besok, kami sudah belanja dan rotinya kami akan beli besok pagi. Jadi kami hanya siapkan meja saja.
    Juga anak yang kedua, karena dia masih hidup sendiri, dia selalu datang dengan sepeda dan dia juga telpon.
    Karena dalam perjalanannya ke rumah kami, lewat beberapa bäckerei. Dia selalu tanya, apa cukup roti, apa dia harus beli…??? Dan si ragil yang masih dirumah atau dirumah lagi, dia yang siapkan meja makan.
    Nah ya, ini kalau anak-anak sudah besar, jadi kami tidak terlalu sibuk.
    Kalau kami kekota, Susi selalu ingat apa untuk cucu, biasanya mainan kecil saja.
    David sudah gembira, kalau dapat mainan, walau yang murah, atau sekarang dia sedang menabung untuk i-Pat, jadi dia sering berkata ke omanya, jangan beli mainan, tapi kalau boleh, uang untuk ditabung.
    Tapi kami juga tidak tega, tetap beli mainan yang murah dan kalau mereka akan pulang, David selalu dapat sedikit uang untuk tabungannya. Walau belum banyak, dia perkirakan, dia harus menabung 1 tahun….
    Kadang Dj. juga haru, karena dengan demikian dia molai mikir, betapa berharganya uang.
    Karena Dj. sejak dulu ajarkan ke anak-anak kami.untuk menabung. Kalau mereka menginginkan barang yang mahal, ya harus bayar separohnya. Jjadi seumpama kami akan belikan sepatu seharga € 40,- tapi mereka ingin Adidas yang seharga € 70,- ya yang € 30,-bayar sendiri. Supaya mereka juga bisa menghargai uang dan tidak asal beli.
    Nah itulah cara Dj. mengajar anak-anak dan sekarang mereka juga bisa menruskan ke anak mereka.

    Untuk perhatian anak-anak, kami memang sangat bersyukur.
    Seperti ibu Matahari sendiri tulis, banyak anak-anak yang kurang perhatian kepada orang tuanya.
    Ingat saat anak-anak menginjak dewasa dan kami dapat undangan makan malam disatu keluarga yang juga punya anak-anak seumur anak-anak kami.
    Saat kami selesai makan malam, kami masih ngobrol dan tuan rumah berkata ke putrinya X, tolong dong papa diambilkan sandal. E.. dijjawab, ambil saja sendiri, kan kamu juga punya kaki…!!!Anak-anak kami sampai kaget…
    Ayahnya sampai mengeluh, itu lihat anak saya, dimintain ambil sandal juga tidak mau.
    Dj. hanya bisa berkata, apa yang kamu berikan kepada mereka, itu juga yang akan kamu terima.
    Hahahahahahahaha…..!!!
    Salam manis dari Mainz.

  10. Matahari  16 May, 2013 at 21:25

    Ini juga cara untuk menikmati hidup…ada yang di tunggu..!!!…Hari hari tidak menjadi monoton…dan boring… Anak anak sudah besar….sudah keluar rumah…tapi….masih menyempatkan waktu weekend untuk datang ke orang tuanya untuk sarapan…walau kelihatan sederhana tapi pasti saat saat yang selalu ditunggu oleh pak Djoko dan istri… begitu Jumat datang akan sibuk karena harus beli salmon lebih banyak…beli roti lebih banyak…ke supermarket memilih milih apa kira kira makanan yang cucu suka…melihat di koelkast apa kah susu masih cukup buat sekian orang…kesibukan sederhana yang sebenarnya obat sehat…yaitu menanti orang orang yang dicintai datang.Saya banyak mengenal orang orang yang hidupnya kesepian..anak anak tinggal jauh…atau anak anak tidak jauh tinggalnya tapi sibuk dan tidak ada waktu untuk orang tua ..Bersyukurlah pak Djoko punya anak anak yang masih sangat perhatian ke orang tua dan selalu menyempatkan datang ke rumah pak Djoko SETIAP WEEKEND …

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.