Cinta Bisa Menghapus Segalanya

Bunda Riga Magistra

 

Hari Sabtu, 26 Mei 2007

Aku merasa lelah sejak bangun tidur. Rasanya aku memerlukan banyak tidur hari ini. Padahal semalam pun aku mendapatkan tidur yang cukup banyak bagi usiaku. Usiaku 46 tahun, dan sudah menikah selama duapuluhsatu tahun.

Aku memikirkan banyak hal, karena sebagai ibu rumahtangga  aku punya banyak pekerjaan seperti biasanya. Mulai dari bersih-bersih hingga menyeterika, memasak, menyiram bunga-bunga, memasak, dan sebagainya. Tetapi suamiku, yang biasanya ikut berbagi tugas denganku, sedang tugas ke luar kota. Kini aku benar-benar kehilangan semangat untuk mengerjakan semuanya sendirian. Sebab ketiga anakku pergi sekolah dan kuliah, dan mereka tak bisa diharapkan bantuannya. Jadi, jangan harap aku bisa tidur tenang meski tak ada orang lain di rumah. Aku harus mengerjakan semua itu sedikit demi sedikit.

Sebenarnya aku merasa kehilangan semangat dalam beberapa hari ini karena lelah menunggu datangnya banyak uang kepada kami. Kami sudah berusaha lama sekali, namun hasilnya belum juga kami dapatkan. Banyak utang yang harus kami bayar setiap bulan. Belum lagi bulan ini begitu banyak hal tak terduga melebihi kemampuan bulanan. Yang kupikirkan adalah memperbaiki kamar mandi agar lebih bersih dan nyaman dengan lantai dan dinding keramik. Tidak usah  mewah, yang biasa saja asal tampak sebagai kamar mandi yang sehat.

Belum kesampaian, malah mobil yang minta perhatian lebih dulu. Mobil sederhana itu pun memerlukan perbaikan karena tiba-tiba banyak keluhan. Jadi kami panggil seseorang yang ahli di bidang itu. Kami beli alat-alatnya atas petunjuk dia, lalu dia pasang di garasi kami selama seminggu turun mesin. Perbaikan mesin dengan ongkosnya menghabiskan dana yang lumayan, Rp 2.300.000. Itu jumlah yang cukup besar yang kami rasakan dalam keadaan seperti ini. Padahal suamiku pernah menanyakan ke bengkel Daihatsu, perbaikan seperti itu bisa menghabiskan dana sampai 5-6 jutaan. Berarti langkah kami sudah benar memanggil ahlinya ke rumah.

Di samping itu, si bungsu Zaim sedang membutuhkan dana secepatnya untuk membayar uang bangunan sebesar Rp 1.200.000 sebelum ulangan umum. Dan Si sulung pun harus membayar uang semester pendeknya dua hari lagi sebesar 750.000 rupiah. Bagaimana aku tidak memikirkan semua itu? Siang malam semua itu terus ada dalam pikiranku dan aku tidak bisa membantu suamiku mencari uang sedikitpun. Aku hanya bisa berdoa saja dalam sholat dhuhaku. Namun tetap saja aku merasa sangat tertekan dalam harapan yang belum pasti.

Malam minggu, kami menyaksikan acara hiburan di sebuah TV swasta. Anak-anakku ketiganya berkumpul di depan teve sambil tertawa-tawa menyaksikan para pelawak yang sedang bertingkah. Kemudian dalam acara itu dihadirkan pula penyanyi kawakan Daniel Sahuleka. Katika penyanyi itu mulai menyanyikan lagu favoritnya, tiba-tiba telpon berdering. Seorang anakku menyerahkan telpon itu padaku,” Nih, dari Papah,” katanya. Terdengar suara suamiku bergetar, “Mah….., coba dengarkan lagu ini baik-baik. Sedang nonton Daniel Sahuleka kan?” katanya, “Iya, pah,” jawabku pendek. “Ini suara hatiku saat ini. Ini lagu untukmu,” katanya. Lalu telpon ditutup. Aku tersenyum, dan kudengar lagu di televisi:

“You make my world so colourful,

I’ve never have it so good,

My love, I thank you for all the love you give to me……..”

love-inspirational-daily

Sungguh suatu lagu yang indah. Dan aku merasa dialiri kehangatan cinta suamiku mengaliri seluruh darahku. Seluruh syarafku menjadi begitu relaks dan dadaku terasa diselimuti sensasi bagai jatuh cinta untuk pertama kalinya………! Ketiga anakku melihat perubahan itu rupanya, dan menertawakan aku yang salah tingkah karena malu pada mereka. Ah, semua pikiran itu menjadi sirna dan tubuhku terasa sangat ringan dalam gelora cinta…

 

12 Comments to "Cinta Bisa Menghapus Segalanya"

  1. elnino  14 June, 2013 at 17:53

    Syukurlah, obat galaunya sederhana saya, tapi jleb

  2. kembangnanas  14 June, 2013 at 10:11

    C-I-N-T-A

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.