Tauge

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA . . .

Semoga anda ada sehat semuanya….Pada musim panas ini, sering tauge yang kami beli, belum sempat dimasak semuanya, sebahagian (sisanya) sudah membusuk, walau disimpan di dalam kulkaas. Karena yang di jual di Asia Toko, tidak ada bungkus yang kecil, paling kecil 1 Kg., akhirnya selalu ada sisa yang sudah membusuk.

Olehnya saat makan siang, seperti biasa sambil ngobrol, maka si Ragil bertanya, bagaimana cara bikin tauge sendiri, apa mungkin…??? Maka Susi ceritakan, bukan hal yang sulit, karena kami memiliki alat semacam rantang dari plastik susun, dengan lobang drainage, agar air yang berlebihan dimana kacang ijonya ditaruh, bisa meluap ke bawah. Rantang ini khusus untuk bikin kecambah (Tauge).

Dj. malah yang bengong, karena seingat Dj. barang tersebut sudah lama dibuang, eeee… ternyata Susi masih simpan di gudang, rapi dibungkus dengan plastik. Olehnya, besok siangnya, Dj. dan Ragil sambil jalan kaki, mampir ke Asia toko untuk beli kacang ijo.

tauge01

Dj. kasi kesempatan si Ragil untuk berpikir sendiri, bagaimana kira-kira caranya…..Ternyata dengan cara berpikirnya, dia bilang logis, kacang ijonya dicuci dan ditempatkan di tingkat 1 dan direndam dalam air. Foto di bawah ini, setelah kacang ijo dicuci dan ditempatkan di rantang plasti yang mana ada lobang (tanda panah). Agar air yang berlebihan, mengalir ke bawah, sedang air di tempat tersebut masih ada sedikit, agar kacang ijo tetap basah.

tauge02

Maka dalam 24 jam sudah bisa dilihat hasilnya, walau baru muncul sedikit kecambahnya. Kecambah masih sangat halus, keluar dari kacang ijo, seperti cacing… hahahahahaha…!!! Malam (sebelum tidur), airnya bisa diganti, agar besok pagi, tetap segar .

tauge03

Apabila anda setiap 2-3 hari membutuhkan tauge, maka anda juga bisa menyiapkan kacang ijo yang sudah dicuci dan tetap basah di tingkat 2 dan untuk hari ke empat di tingkat ke 3 (paling atas). Jadi dengan demikian, anda selalu memiliki tauge segar, saat anda membutuhkannya. Tauge di tingkat 1, bila siap digunakan, maka kacang ijo ditingkat 2 dan 3 bisa diturunkan. Demikian seterusnya, sangat mudah bukan? Anda bisa menikmati tauge setiap saat. Akan bikin oseng-oseng, gado-gado, soto, rawon atau apapun yang memerlukan tauge, maka anda tidak perlu beli lagi.

tauge04

Dengan membikin kecambah sendiri, maka kita bisa menggunakannya bila perlu dan bahkan masih segar. Maksudnya, kalau untuk makan rawon, ya jangan terlalu lama menunggu sampai akarnya (kecambahnya) terlalu panjang. Untuk makan bersama soto, bolehlah sedikit panjang, untuk gado-gado, atau bikin oseng-oseng, memang harus panjang (terserah).

Nah ini di hari kemudian, sudah kelihatan seperti tauge untuk makan dengan rawon, karena kecambahnya belum terlalu panjang.

tauge05

Jujur saja, untuk membersihkan kecambah dari kulitnya, harus memiliki kesabaran, karena makan waktu cukup banyak. Tapi hasilnya cukup memuaskan. Kiri kecambah yang sudah bersih dan kanan kulitnya….

tauge06

tauge07

Nah…. sekarang bila anda ingin makan rawon, silahkan ambil sendiri ya …. Dj. sudah sediakan Rawonnya.

tauge08

Kecambahnya masih ada banyak di dapur, jangan khawatir….

tauge09

Sambal dengan tomat dan air jeruk (lemon), hati-hati, karena sangat pedes (kata Susi)

tauge10

Tempe Medoan, rezept dari yu Lani dan caranya diajari oleh anak Dj. si Krist (Esti) yang di Purwokerto. Sangat enak, gurih dan kemripik, baik kemiri dan juga daun bawangnya, sangat terasa. Lebih dari itu, Dj. juga bubuhhi irisan daun jeruk, jadi semakin enak, tapi ini medoan ala Dj.

Hhhhhhmmmm lecker…!!! Sayangnya, sampai di meja makan, hanya sisa separoh. Yang separoh sudah dimakan oleh Pambres…. hahahahahahaha…!!! (bukan Pambres ding, tapi Dj.)

tauge11

Makan rawon dengan krupuk udang memang enak, tapi dengan krupuk yang di bawah ini, lebih enak lagi. Entah apa nama krupuk ini, tapi merknya “Tali Mas”, dapt kiriman dari belanda, hanya harus goreng sendiri. mPek Dul, mbakyu NU2K atau anda yang tinggal di belanda, mungkin lebih tahu.

tauge12

Sugeng dahar… mugi panjenengan sadoyo kerso, (Selamat makan, semoga anda semua suka). Memang benar, rawon tanpa kecambah, ya ada yang kurang ya, benar kan…??? Kurang kecambahnya…. hahahaha…!!! Jangan ada yang ngedumel ya, kalau Dj. selalu pamer makanan, sebenarnya ini maunya pamer tauge, tapi larinya ke rawon juga.

Nah silahkan, siapa mau makan kecambahnya saja juga boleh, kalau doyan…..Hahahahahahaha…!!! (maaf, hanya guyonan, kok ada yang cemberut sih…., senyum dong…. cemberut, bikin cepat tua lho).

Okay…

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. Dan… jelas kepada anda semua, baik yang senang dan juga yang tidak senang dengan oret-oretan Dj., Dj. ucapkan beribu TERIMAKASIH . . . ! ! !

Ini satu porsi, silahkan siapa yang sudah lapar, boleh ambil duluan… Yang puasa, sedikit sabar ya, kan belum waktu buka….

Krupuk dan emping tidak Dj. pamerkan lagi di piring, karena hanya akan menutupi yang lainnya.

tauge13

Dj. harap, anda semua di Baltyra, ada selalu sehat dan selalu di bawah naungan Berkat dan Kasih Allah Bapa.

 

Salam tauge… dari Mainz, hahahahahaha…!!

Dj. 813 (pemakan tauge)

tauge14

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

93 Comments to "Tauge"

  1. Dj. 813  8 August, 2013 at 14:01

    Evi Irons Says:
    August 8th, 2013 at 09:52

    Minta resep Tempe mendoannya, dong oom Dj
    ————————————————-

    Hallo Evi, nona manis….
    Terimakasih sudah mampir…
    Laaaah, itu gampang sekali.
    Dj. juga dapat dari yu Lani, hanya tepung di campur air.
    Kemudian 2-3 kemiri yang diuleg bersama dengan garam, ktumbar dan 1 siung bawang putih.
    Potong daum bawang dan daun jeruk sedikit lembut.
    Semua di jadikan satu dengan tepung yang sudah dicampur dengan air.
    Nah tempe yang sudah dipotong-potong, direndam dalam adonan tepung,
    kemudian digoreng, jadilah tempe mendoan ala Dj.
    Hahahahaahahahaha….!!!
    salam manis dari Mainz, untuk keluarga di Texas.

  2. Evi Irons  8 August, 2013 at 09:52

    Minta resep Tempe mendoannya, dong oom Dj

  3. Dj. 813  5 August, 2013 at 13:08

    Lani Says:
    August 5th, 2013 at 04:37

    MAS DJ : BAKWAN di Semarang mmg dinamakan BADAK………pdhal cm campuran bbrp macam sayuran, dgn tepung terigu dan endog……trs digoreng satu2, klu perkedel jagung dicampur pakai udang mmg jossssssssssssss………gandossssssssssssss
    ——————————————————–

    ALOHA yu….
    Selamat Pagi dari Mainz…….
    Jujur Dj.malah belum pernah dengan kata “badak” untuk bakwan.
    Benar, walau hanya campuran sayur dan tepung yang digoreng, tapi enak..
    Hahahahahahaha….!!!

    Hari ini Dj. mau masak cumi.
    Entah jadinya kaya apa, hanya karena ingin makan cumi.
    Hari Sabtu kemarin kami beli 500 Gramm yang masih segar.
    Ada idee bagaimana masaknya yu…???
    Biasanya Dj. tumis dengan brambang, bawang, lombok abang dan ijo,
    dibubuhi jehe, sereh dan daun jeruk, agar tidak amis.
    Kali ini ingin Dj. masak dengan buncis, entah enak atau tidak.
    Hahahahahahahahaa…!!!
    Terimakasih sebelumnya.
    Salam manis dari Mainz.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *