Para Pencari Muka

Risma Purnama

 

Mungkin Anda sudah sering mendengar istlah”cari muka”. Entah dari mana asal muasal istilah ini, dan kenapa pula muka harus dicari, ada yang kehilangan mukakah? Mudah mudahan pembaca yang budiman bukan salah satu orang yang kehilangan muka sehingga harus mencari muka anda yang hilang itu….hehehe…

carimuka

Di dalam dunia pekerjaan mungkin istilah ini paling populer digunakan tentunya untuk kepentingan dan tujuan tertentu yang berkonotasi negatif.  Kalau anda seorang pekerja pastilah tahu apa yang saya maksud. Siapa pencari muka dan muka siapa yang dicari. Mungkin anda dan saya adalah pelakunya atau mungkin juga kita adalah target yang muka kita dicari orang. Kalau untuk sekedar bernarsis ria photo bareng tak mengapalah kita mencari muka orang paling cakep untuk kita bersebelahan saat di photo. Siapa tahu kita ketularan cakepnya, atau mungkin sebaliknya anda yang menularkan kecakepan anda pada orang lain.

Hanya saja banyak orang salah memanfaatkan istilah cari muka ini untuk kepentingan pribadi atau kesenangan pribadi tapi merugikan orang lain. Kadang apa yang kita lakukan secara tidak sadar kita telah melakukan praktek ini, padahal maksud dan tujuannya mungkin bukan begitu. Banyak hal hal yang kita lakukan sering menjadi salah arti karena kurangnya komunikasi. Ketika seseorang berbicara kepada pihak lain yang lebih berkompeten disebut cari muka, kita langsung menghakimi.Padahal kita tidak pernah tahu apa yang mereka sedang bicarakan.

Tetapi ada juga yang memang dengan sengaja menebar berita kebohongan, memprovokasi atau mempelintir keadaan sebenarnya, hanya supaya mukanya kelihatan. Bahasa kerennya, eksis!!! Padahal tanpa melakukan hal itupun mukanya sudah kelihatan jelas ditempatnya berada. Semakin gigih kita menunjukkan muka kita semakin kita akan kehilangan muka kita yang ujung ujunganya praktek cari muka itu terjadilah.

cari-muka

Nah bagi anda yang sudah terlanjur dicap sebagai para pencari muka, cobalah sering sering bercermin, mana tahu anda lupa meletakkan muka anda dimana, sehingga anda tak kesulitan untuk mencari muka. Hanya anda sendiri yang tahu muka anda mau ditaruh dimana, yang pasti janganlah sampai salah pasang muka hanya karena anda ingin tampil sendiri lebih daripada orang lain. Saya sendiri…..mau cuci muka dulu ya…biar ga jerawatan, qiqiqiqi…

 

12 Comments to "Para Pencari Muka"

  1. Lani  15 August, 2013 at 23:22

    DA : ngopo kowe ngakak tok????? krn kmrn kita pencilatan di skype po????? hehehe

  2. Dewi Aichi  15 August, 2013 at 20:27

    Lani ha ha ha ha….wis marai ngakak terus…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.