Di manakah Soekarno Membacakan Proklamasi?

Iwan Satyanegara Kamah – Jakarta

 

RUMAH beralamat di Pegangsaan Oostlaan atau Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 adalah rumah kediaman Soekarno dan keluarga sejak 1943. Anak pertamanya, Guntur Sukarnoputra, lahir di rumah yang berpekarangan sangat luas rumput hijau itu pada 3 Nov 1944.

Hanya sembilan bulan setelah kelahiran putranya, di rumah itu ada kelahiran lagi, kali ini bukan anak Soekarno tetapi Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Sebuah negeri besar dilahirkan dari teras rumah kecil. Indonesia satu-satunya negara di dunia yang proklamasi kemerdekaannya dilakukan di rumah penduduk, rumah warganya.

Kini rumah itu sudah tak ada lagi. Rata dengan tanah. Dibongkar oleh pemiliknya sendiri, yaitu Soekarno, pada 1960. Padahal selama empat bulan dari 18 Agustus 1945 hingga 3 Januari 1946, rumah itu menjadi kantor atau istana pertama presiden Republik Indonesia. Setelah itu dijadikan kantor Perdana Menteri Sutan Sjahrir.

Rumah yang dulu dimiliki oleh Baron van Asbeck kini tinggal kenangan. Mengapa Soekarno membongkarnya? Katanya ‘jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!”?

Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 1 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 2 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 3 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 4 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 5 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 6 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 7 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 8 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 9 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 10 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 11 Di mana Soekarno Membacakan Proklamasi 12

 

22 Comments to "Di manakah Soekarno Membacakan Proklamasi?"

  1. IWAN SATYANEGARA KAMAH  18 August, 2013 at 23:49

    Mabok maning, mabok maning…

  2. IWAN SATYANEGARA KAMAH  18 August, 2013 at 23:48

    Ah, Kakak Angela suka gitu… Tanya Kakak Anung dech soal visual artikel…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.