Bendera Nusantara (2)

djas Merahputih

 

Bendera sebuah negara memiliki sebutan masing-masing sebagai identitas kebanggaan bagi bangsanya. Indonesia menyebut bendera negaranya dengan Sang Saka Merah Putih,  Amerika dengan the Stars and Stripes sedangkan Inggris dengan nama the Union Jack. Dalam perjalanan sejarahnya bendera-bendera di Negara Inggris dan Amerika telah mengalami beberapa kali perbaikan desain. Bahkan Amerika sejak kemerdekaannya telah mengalami perubahan desain bendera sebanyak 26 (dua puluh enam) kali.

us-flag

Bendera Amerika yang digunakan sekarang memang sangat lugas dalam menyiratkan simbol-simbol kebangsaannya. Misalnya jumlah bintang sebanyak 50 buah melambangkan jumlah Negara bagian dalam wilayah AS dan garis merah putih berselang seling melambangkan jumlah komunitas atau koloni (13 koloni) yang bersatu memperjuangkan kemerdekaan Amerika dari pengaruh Kerajaan Inggris dalam perang kemerdekaan.

 

UK Flag

Bendera Inggris  juga menyiratkan asal muasal Great Britain yang ada sekarang adalah perpaduan dari tiga buah bangsa yakni Inggris, Irlandia dan Scotlandia. Dua buah tanda salib yaitu salib tegak mewakili bangsa Inggris dan salib diagonal yang berasal dari Irlandia dan Scotlandia. Ketiganya disebut dengan Saint George, Saint Patrick dan Saint Andrew. Akan halnya bendera kita, menurut pendapat pribadi saya malah belum selugas Singapura yang juga dengan baik menyiratkan 5 buah bintang dalam bendera mereka untuk menggambarkan lima falsafah bangsa Singapura yaitu demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan.

singapore-flag

 

flag-indonesia

Bendera Negara Sang-saka Merah Putih dalam sejarahnya memiliki nilai filosofis tertentu terkait dengan warna maupun perkataan “Bendera” ataupun “Negara” itu sendiri. Kata “Bendera” berasal dari dua buah kata yaitu “Bende-Ra” yang berarti Panji-Cahaya. Sedangkan “Negara” berasal dari konsep Nagara atau “Naga-Ra”. Naga atau air yang disimbolkan dengan keris adalah dunia masyarakat maritim sedangkan Ra atau api digambarkan sebagai kujang (ajaran/ideologi) yang mewakili alam masyarakat pegunungan.

Marna merah sendiri bisa disetarakan sebagai: Kujang, Dewa Api, Matahari (teringat bendera Jepang), Horisontal atau Salaka Domas. Warna putih merupakan penyetaraan dari simbol-simbol seperti: Keris, Dewa Air, Maritim, Vertikal, atau sebuah istilah Salaka Nagara. Pada jaman Dwinpantara (Sebelum Nusantara) muncul sebuah konsep cahaya kembar dengan lambang Kujang-Keris atau Merah-Putih.

Dari sejarah simbol-simbol yang melatarbelakangi penggunaan warna merah dan putih terlihat bahwa kedua warna tersebut masih terbatas pada dualisme faham ataupun dua segi yang berlawanan dalam filosofi kehidupan bangsa. Antara api dan air, maritim dan pegunungan, vertikal dan horizontal serta beberapa kontradiksi dan dikotomi-dikotomi lainnya. Sebuah kondisi psikhis yang sangat berpotensi untuk dipecah-belah dan diadu domba.

konsep-bendera

Dalam ideologi Pancasila khususnya dalam sila keempat yaitu: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, menegaskan bahwa dalam interaksi berbangsa dan bernegara kita dituntun agar melakukan musyawarah untuk mufakat melalui mekanisme perwakilan. Tidak seperti demokrasi liberal yang lebih mengutamakan “unjuk kekuatan” melalui mekanisme voting yang membuka peluang tersingkirnya unsur-unsur minoritas dalam setiap pengambilan keputusan. Sehingga rakyat akan terposisikan ke dalam dua bagian yaitu golongan yang MENANG dan golongan yang KALAH. Sebuah hal yang mengingatkan kita pada pepatah Menang jadi arang, kalah jadi debu.

Dari beberapa keterangan tersebut di atas dapat terlihat bahwa simbol merah-putih dalam bendera Indonesia, apalagi dengan garis horizontal yang tegas dan keras sebagai garis pertemuannya belumlah merupakan desain final untuk mampu menginspirasi bangsa ini menuju cita-cita para pendiri negeri. Sebagai contoh sederhana, bendera Jepang walaupun dengan konsep dwiwarna yang sama namun dikemas dengan garis lingkaran yang tentu memberi efek lebih lunak sebagai transisi dari dua buah warna yang kontras. Walaupun hal ini lebih disebabkan oleh kepercayaan orang Jepang bahwa Kaisar mereka adalah keturunan dari dewa Matahari, sehingga bulatan merah tersebut sebenarnya adalah simbol matahari.

Sebagai saran atau mungkin bisa disebut sebagai kritikan, desain bendera Indonesia perlu diamati kembali untuk kemungkinan-kemungkinan mengakomodasi sejumlah hal terutama kenyataan bahwa bangsa ini adalah bangsa multi kultur dan memerlukan pendekatan yang sedikit lebih “soft” dalam pengelolaannya sebagai wujud dari adanya sebuah permufakatan. Dari segi warna mungkin bisa diadopsi warna-warna seperti kuning (padi), hijau (hutan) dan hitam (ketenangan/keheningan). Tentunya dengan porsi lebih kecil sekedar menghiasi latarbelakang merah putih yang sudah ada. Dari segi geometrinya ada baiknya mengadopsi sedikit bentuk lengkung atau diagonal yang menyiratkan bahwa bangsa Indonesia di tengah pergaulan dunia bersikap bebas dan aktif/dinamis.

Mengingatkan kembali pada tulisan sebelumnya bahwa setidaknya ada dua hal yang belum berubah di negeri ini. Cita-cita bangsa yang belum juga tercapai dan Sang-saka Merah Putih. Apakah kedua hal ini terkait dan saling bergantung? Mungkin saja.

 

About djas Merahputih

Dari nama dan profile picture'nya, sudah jelas terlihat semangat ke-Indonesia-annya. Ditambah dengan artikel-artikelnya yang mengingatkan kita semua bahwa nasionalisme itu masih ada, harapan itu masih ada untuk Indonesia tercinta. Tinggal di Sulawesi, menebar semangat Merah Putih ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel

12 Comments to "Bendera Nusantara (2)"

  1. djas Mpu  19 August, 2013 at 13:31

    9: Sebuah kejanggalan dan kekeliruan akan terasa biasa dan normal jika telah berlangsung lama hingga suatu saat seseorang yg cukup “gila” akan mempertanyakannya.

    Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat bagaimana pengeruk sampah di TPA sudah tidak merasakan lagi bau sampah di sekitar “tempat kerjanya”. Karena sudah terbiasa dengan bau busuk yang tercium sehari-hari.

  2. djas Mpu  19 August, 2013 at 13:20

    10: dalam link Bendera Amerika tulisan di atas bisa diperoleh keterangan bahwa desain bendera Amerika saat ini telah melalui 26 kali perbaikan.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.