Sudah Buka Belum?

Fire – Yogyakarta

 

Ini bukan cerita mengenai pertanyaan yang sering dilontarkan masa Bulan Puasa. Tetapi saat rentang H+0 sampe dengan sekitar H+7, inilah pertanyaan yang sering muncul.

Saya ingat saat lebaran keluar keliling mencari sesuatu seputar kota dengan sepeda motor, lalu terasa ban motor kok agak nggembos. Coba cari-cari apa ada tukang tambal ban yang buka, karena mau mengisi angin ban, biar jalannya stabil nggak gliyeran. Tapi ternyata sampe pulang ke rumah nggak nemuin, untung cuma gembos kurang angin saja, tinggal dipompa lagi di rumah. Wah, kalo seandainya ada yang pas kebanan di jalan gitu, piye jal? Banyak tukang tambal ban mungkin lagi pada mudik, atau lagi halalbihalal. Kalo jaman dulu mungkin pasrah saja mendorong motor sambil berharap ada tukang tambal ban yang buka. Tapi kalo jaman sekarang, mungkin cari info dengan tanya-tanya di twitter, bisa kayak gini:

“Bro, ada yang tahu nggak tukang tambal ban yang buka sekitar seturan?”

Nah, responnya begini:

“Wah aku sudah sampe nagreg bro ..”

“Ada bro, di pantura …”

“Sorry bro, sekitarku juga tutup …”

“Ngapunten mas bro, kulo nembe wangsul kesupen update status” (“maaf saya baru pulang lupa update status”- ini yang jawab tukang tambal bannya sendiri yang juga hobi twitteran)

Secercah harapan timbul saat ada respon:

“Ada bro, di sini dekat jokteng kulon aku tadi juga ngisi angin di situ …”

Bayangin dorong motor dari Seturan sampe Jokteng kulon, pas sampe sana ternyata tukang tambal bannya barusan nutup lapak, karena mau ngantar bini sungkeman ke tempat mertua ….. hiyahh …

L1

Bagi yang pernah menjadi mahasiswa atau kerja di perantauan, jadi anak kost yang merasakan berlebaran di sana karena nggak bisa mudik, sekitar H+0 dan beberapa hari sesudahnya mencari-cari warung makan mana yang masih buka saat Lebaran. Warung di sekitar kost-nya pada tutup, warung di kampus jelas juga tutup wong mahasiswanya pada liburan kok. Pernah dulu cerita seorang teman mendapati hanya sebuah warung soto dekat tempatnya yang masih buka, sampe berhari-hari makan soto terus, guyonan sama teman, “Wah, lama-lama tampang kita jadi kayak soto nih ….” Masih untung terdapat dua pilihan soto ayam atau soto sapi, jadi tiap hari cuma gantian, hari ini ayam besok sapi, ayam, sapi, ayam, sapi, …..

Pernah baca pesan-pesan di twitter, sepertinya dari para mahasiswa yang kost di Jogja, kira-kira seperti ini:

A: “dab, tempatmu, ada warung yang buka nggak …”

B: “ada, dekatku ada yang jual gudeg kalo pagi …”

C: “sekitarku juga udah ada yang jualan, gudeg juga …”

A: “e .. alah … kok gudeg lagi, lha aku sudah hampir seminggu ini makan gudeg terus ….”

L9

Saya ingat pernah saat lebaran, perlu nge-print untuk suatu keperluan, ternyata tinta printernya pas habis. Ya, keliling-keliling mana ada toko komputer apa kios refill tinta yang buka. Kalo pun hari kedua ada mall-mall yang buka, tapi outlet toko komputer yang di mall tetap masih tutup. Jadi pengalaman, saat menjelang lebaran mesti punya cadangan tinta dulu. Pas lebaran juga kalo mau nyari tempat fotocopy yang buka wah sulit. Tapi kalo sekarang sih, sudah lazim model printer+scanner jadi nggak kesulitan copy sendiri.

Ada untungnya juga punya tetangga yang pemilik toko kelontong. Kalo pas lebaran meski pintu tokonya “secara resmi” tutup, tapi kalo kita butuh banget sesuatu barang, ya tinggal lewat ngetok pintu rumah-nya untuk nembung.

Ngomong-ngomong soal makanan pas lebaran, jadi ingat cerita seorang teman yang setelah lebih dari dua minggu menjalani bulan puasa, lalu menimbang badan katanya bisa turun satu kilo. Terus saya tanya, “Wah, nanti menjelang lebaran ditimbang lagi ya. Terus begitu beberapa hari habis lebaran ditimbang lagi, nah, kira-kira ada selisihnya nggak?” Temanku cuma ketawa, soalnya kayaknya tiap tahun, yang terjadi adalah seperti peribahasa, “Puasa sebulan terhapus oleh Lebaran sehari”. Gimana nggak, saat lebaran ini kemanapun kaki melangkah untuk sungkeman apa halalbihalal, ujung-ujungnya selalu berakhir dengan “penambahan muatan.” Jadi event mudik lebaran belum tentu ada pelebaran jalan, tetapi yang banyak terjadi adalah “pelebaran badan”, maka sehabis lebaran makin lebar-lah badan …

L3

L4

L5

L6

L7

 

Baiklah teman-teman, selamat merayakan lebaran bagi yang merayakannya, semoga selepas bulan puasa ini teman-teman dapat tetap mempertahankan kestabilan kadar kolesterol dan gula darah.

L2

Oya, jadi ingat entah isu apa kabar beneran, katanya Nicole Kidman bulan ini sempat liburan di Jogja, malah sampe ke Malioboro dan Merapi segala. Untunglah saya pas nggak jalan-jalan ke Malioboro. Coba kalo sampe ketemuan sama Nicole Kidman, bisa jadi dianya yang kaget, “Lho, ternyata Brad Pitt mudiknya ke Jogja toh …..” Tapi mungkin perlu minta tolong Pak Roy Suryo untuk menganalisis keaslian berita Nicole Kidman ini. Kemarin katanya yang mau halal bihalal ke Pak Roy Suryo, pada nggak jadi karena sudah terlanjur “ketemuan” dengan baliho-nya. Sampe ada kuis guyonan, “Coba tebak berapa jumlah baliho Pak Roy Suryo di Jogja, termasuk yang edisi Lebaran?”. Begitulah kemajuan di jaman sekarang, halal bihalal bisa lewat baliho juga. Tapi jangan lama-lama ya kalo “sungkeman” di bawah baliho, takut ketiban …

L8

 

About Fire

Profile picture'nya menunjukkan kemisteriusannya sekaligus keseimbangannya dalam kehidupan. Misterius karena sejak dulu kala, tak ada seorang pun yang pernah bertatap muka (bisa-bisa bengep) ataupun berkomunikasi. Dengan tingkat kreativitas dan kekoplakannya yang tidak baen-baen dan tiada tara menggebrak dunia via BALTYRA dengan artikel-artikelnya yang sangat khas, tak ada duanya dan tidak bakalan ada penirunya.

Arsip Artikel

15 Comments to "Sudah Buka Belum?"

  1. elnino  23 August, 2013 at 18:05

    Kucinge nesu soalnya gerewh jatahnya digondol si Bret, mau dipake lawuh makan sego kucing..

  2. elnino  23 August, 2013 at 18:03

    Yang paling sengsara pasti Dewi Murni. Kalo kumat kenthir pas lebaran harus diampet kerena toko obat sudrunnya Bret Pit masih tutup…

  3. Fire  22 August, 2013 at 06:46

    ok handuk

  4. Handoko Widagdo  22 August, 2013 at 06:16

    Si Fire marah-marah karena ban yang baru ditambal ternyata bocor lagi. Penambalnya langsung menyorongkan tangan sambil berucap “Mohon Maaf Lahir Batin. Itu tadi lupa diberi lem.”

  5. Fire  22 August, 2013 at 05:59

    mbulik aichi wong kucinge wae bebelen kok , tolong carikan obat yo …. ojo pahit tapi sing rasa strawberry …

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *