Nasi Goreng

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO… HALLO… HALLO…

Dj. mau pamer nasi goreng. Karena Selasa Minggu lalu Dj. tidak pamer makanan, jadi ada yang tanya. Olehnya hari ini Dj. bikinkan nasi goreng bagi yang senang makan nasi goreng. Tidak ada yang aneh, sekedar nasi goreng.

nasigoreng-01

Maaf, bukan pamer sepotong kayu dengan tulisan nasi goreng. Tapi pamer, bagaimana dan untuk apa Dj. membikin nasi goreng, jelas untuk anda semua di Baltyra. Ini bahan yang Dj. gunakan untuk membikin nasi goreng. Cabe merah dan cabe hijau, bawang bombai dipotong halus, pete, tomat, udang kecil, telur, juga bawang merah, bawang putih, terasi dan margarine.

nasigoreng-02

nasigoreng-03

Bawang bombai, bawang putih, tomat dan pete yang sudah dibersihan dan dipotong (diiris). Hanya ingat bawang merah dan putih jangan diiris, tapi di tumbuk saja dengan uleg an (muntu).

nasigoreng-04

Cabe merah dan hijau yang sudah dibersihkan (bijinya dibuang) dan jangan lupa terasi, ini sangat penting. Tanpa terasi, maka nasi goreng tidak akan terasa sedap. Juga garam hanya sesukanya, biasanya Dj. lebih senang gunakan kecap asin, lebih enak (menurut selera kami)

nasigoreng-05

Jangan lupa diuleg, tapi jangan terlalu halus, karena cabenya, nanti masih bisa dikunyah dan akan terasa gurihnya.

nasigoreng-06

Semua bumbu digoreng (digongso) dengan margarine, maaf Dj. tidak menggunakan minyak.

nasigoreng-07

Nasi yang dituang di bumbu, ditekan dengan ulegan, agar lebih cepat merata.

nasigoreng-08

HALELUYA. .. ! ! ! Akhirnya, nasi gorengnya sudah jadi dan sudah bisa dihidangkan.

nasigoreng-09

Jangan lupa goreng telur mata sapi, agar lebih komplit…

nasigoreng-10

Ham yang sudah digoreng (kalau suka), Dj. yakin Linda pasti sangat suka… hahahahaha….!!!

nasigoreng-11

Ikan teri medan yang sudah digoreng…. Hhhhhmmmm….!!! Sungguh harum….daripada sebelum digoreng.

nasigoreng-12

nasigoreng-13

Ini nasi goreng special, pakai telur, udang, ikan teri, pete, juga terasi dan daun kemangi, mentimun dan juga tomat. Pokoknya komplit plit…!!! Hahahahahaha…!!! Silahkan siapa sudah lapar, boleh ambil duluan.

nasigoreng-14

Nah itu tadi nasi goreng ala Dj.

Mengapa nasi goreng banyak digemari orang, bahkan sekarang di Jerman juga banyak orang suka makan nasi goreng. Bila anda melihat foto sepiring nasi goreng di atas, bagaimana dia bisa membikin seseorang menjadi lapar dan ingin memakannya. Padahal, saat akan dimasak, bukankah mereka masing-masing sudah indah, baik cabe, bawang dan teman-temannya…??? Hanya terasi yang kurang indah dan bau, tapi enak… hahahahahahaha….!!!

Namun demikian, mereka akan menjadi lebih enak setelah mereka diproses dan dijadikan satu dalam wujut “nasi goreng”. Kita masing-masing sudah indah di mata TUHAN. Namun, kita akan menjadi lebih indah lagi, bila kita mau diproses bersama-sama saudara-saudara kita. Walau tadinya kita masing-masing berbeda, ada yang panjang dan pedas, ada yang merah, hijau, ada yang bulat, ada yang bau seperti pete, ada yang bau seperti terasi… hahahahahahahahaha….!!! (ups…maaf)

Tapi…. setelah kita mau disatukan dan diproses, dihancurkan (sifat sombong kita) dan digoreng… (sadis ya). Akhirnya kita menjadi harum…indah… dan bahkan enak dan disenangi banyak orang. Maukah kita menjadi lebih indah seperti nasi goreng ini…??? Buanglah sifat iri, sifat dengki, sifat mau menang sendiri dan yang jelas, sifat memprovokatori, kita harus bersedia untuk mau diproses.

Bahkan sebatang emas, akan tetap sebatang emas, kalau dia tidak diproses, tidak dibakar, tidak ditempa dan tidak dibentuk. Maaf, Dj. hanya ingin mengingatkan saja, karena hidup ini sangat singkat, pergunakanlah sebaik-baiknya, agar apa bila nanti semua sudah lewat waktunya, kita bisa berkata…Saya sudah melalui prozes perlombaan ini dan memenangkannya, karena dalam setiap perlombaan, suduah menanti hadiah yang sudah disediakan bagi para pemenang.

Olehnya, jadilah nasi goreng dan bukan hanya sekedar menjadi cabe, atau terasi saja, karena hanya cabe saja atau terasi saja, orang tidak akan mau makan.

Mohon maaf bila banyak kata-kata di atas yang tidak berkenan di hati anda semuanya. Selamat menikmati, semoga tidak kepedesan ya…. hahahahahahaha…!!!

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu berbaik hati, menayangkan oret-oretan Dj. Terimakasih kepada anda semua yang setia menemani oret-oretan Dj. dengan komentar yang indah dan menyenangkan.

Semoga Kasih dan berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

nasigoreng-15

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

61 Comments to "Nasi Goreng"

  1. Lani  29 August, 2013 at 00:19

    MAS DJ : japri sdh aku kirimkan mohon diwaos njih………..

  2. Lani  29 August, 2013 at 00:16

    40 MAS DJ : njur nyasar kemana yak? nanti aku susuli japri lagi mas….sesegera mungkin

  3. Dj. 813  28 August, 2013 at 20:33

    Alvina…
    Terimakasih sudah mampir….
    Silahkan ambil sepuasnya, jangan sungkan-sungkan.
    Hahahahahaha…..!!!
    Salam manis dari Mainz.

  4. Alvina VB  28 August, 2013 at 20:15

    Mas DJ, nasi gorengnya kelihatannya lekker loh…coba dikirim satu piring ke sini….

  5. Dj. 813  28 August, 2013 at 18:10

    Linda Cheang Says:
    August 28th, 2013 at 14:36

    Oom Dj, ya, kalo banyak hamnyam jelas, suka buanget, apalagi banyak taburan udangnya.

    Tapi kalo nasi goreng kreasinya oom Dj itu dijual, aku bakal nggak sanggup bayarnya, hahahahaha….
    ————————————————————-

    Benar Linda, Dj. lebih suka dengan udangnya.
    Kalau Ham nya itu kesukaan anak-anak dan Susi.
    Jangan takut, kalau Dj. yang bikin, gratis, tidak usah mikir, asal makan saja.
    Nanti pulangnya, masih dapat hadiah…. hahahahahaha….!!!

    Okay, terimakasih dan salam manis dari Mainz.

  6. Dj. 813  28 August, 2013 at 17:32

    elnino Says:
    August 28th, 2013 at 13:15

    Dulu kan di Koki pernah ada lomba masak nasgor utk bapak2. Dalam rangka apa, saya lupa, mungkin ultah Koki. Waktu itu yg ngirim resep n foto nasgornya: om Dj, Awwal, suami Suika, sama siapa lagi, lupa saya. Terus pembaca diminta komen, nasgor siapa yg ‘keliatan’nya paling enak (soalnya gak bisa dicicipi ). Nah, nasgor om Dj yg paling banyak dipilih, gitu om…
    —————————————————————————

    Mbak Elnino…
    Terimakasih untuk penjelasannya…
    Jujur, Dj. malah tidak tahu, kalau ada perlombaan segala.
    yang Dj. ingat, hanya sekedar mengucapkan selamat atas Ulang Tahun Ko-Ki ( saat itu ).
    Apa lagi menang perlombaan…??? Hahahahahaha….!!!
    Dj. seumur hidup mungkin 2 – 3 kali pernah menang, tapi banyak kalahnya.
    Paling, biiasanya Dj. nr. 2 atau 3.
    Dan memang dalam doa Dj. biar orrang lain yang menang, Dj. nr 2 atau 3 sudah lebih dari cukup.
    Kasih orang lain senang…

    Salam manis untuk keluarga dirumah ya.

  7. Dj. 813  28 August, 2013 at 17:28

    awesome Says:
    August 28th, 2013 at 12:46

    hmmmm ….. betapa indahnya filosofi dalam sepiring nasi goreng yang sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari kita ….

    makasih udah sharing oom Dj ….. *buru2 ambil piring dan sendok*
    ——————————————————————————-

    Hallo Awesome…
    Terimakasih sudah mampir…
    Jangan banyak dipuji, nanti Dj. bisa terbang… hahahahahahaha…!!!

    Mana ada Dj. dengan filosofi…???
    Yang ada Dj. dan nasi goreng… hahahahahaha…!!!

    Salam manis dari Mainz dan semoga sehat selalu.

  8. Dj. 813  28 August, 2013 at 17:26

    Nur Mberok Says:
    August 28th, 2013 at 12:37

    Hualooooooooooooooo Kkang DJ tampak sehat dan makin ganteng aja… kayaknya habis semir rambut ya… n kelihatan tambah ndut?? atau karena miring ya??? salam manis…. Tx buat doanya yang menguatkan ya…Maaf belum balas japri…
    ————————————————————

    Hallo Mei….
    Mataur Nuwun Mei…

    Tak kira orang satu ini ngilang kemana.
    Mudah-mudahan sehat ya Mei…

    Mei, Dj. seumur-umur belum pernah ngecat rambut, itu asli semua.
    Hanya aja itu foto sekitar 6 tahun yang lalu.
    Coba baca komentar mbak Elnino nr. 35.
    Ini pernah Dj. tulis di Ko-Ki ( Kolom Kita ), jadi hanya diubah sedikit.
    Tapi foto-fotonya semua lama dan masih dapur yang lama juga.

    Soal Japri, santai saja.
    Kalau ada waktu saja, jangan stress.

    Salam manis untuk seluruh keluarga dirumah.

  9. Dj. 813  28 August, 2013 at 17:22

    IWAN SATYANEGARA KAMAH Says:
    August 28th, 2013 at 11:49

    Waaaaaaaah….enak banget. Tapi kebanyakan cabe untuk ukuran saya. Makanan paling enak dan tak pernah sisa (ludes dan bersih piring) ya nasi goreng…

    Makasih tontonan nasi goreng. Cuma bisa nelen ludah.

    Salam untuk Keluarga dari Melati Mawar.
    ————————————————————–

    Hallo mas Iwan…
    Terimakasih sudah mampir..

    Cabe nya sudah dibuang bijinya, jadi tidak pedas mas.
    Hahahahaha… jangan nelen ludah, minta mbak Ani bikinkan, pasti lebih enak.
    Terimakasih untuk salamnya.
    Cium sayang untuk Melati dan Mawar.
    Maminya yang cium mas Iwan saja.
    Hahahahahahaha….!!!

  10. Dj. 813  28 August, 2013 at 17:18

    J C Says:
    August 28th, 2013 at 10:13

    Saya bawa rantang susun 7, dan Tupperware ukuran jumbo, ambil sendiri boleh ya, pak Djoko…

    Yang gak tahan memang teri medan dan ham goreng…

    Salam untuk keluarga besar Paisan di Mainz ya…
    —————————————————————————

    Silahkan dimas…
    Silahkan ambil, mumpung belum ada yang ambil…
    Hahahahahahahaha….
    Itu sarapan Dj. 3X seminggu, Ham dan telur mata sapi.
    Jan enak tenan, karena terinya belum dapat kiriman lagi.
    Hahahahahahahaha….!!!

    Terimakasih untuk salamnya.
    Salam manis untuk keluarga dirumah ya…
    TUHAN MEMBERKATI . . . ! ! !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.