Bunga Irises Nan Indah

Mawar

 

Halo teman-teman, apakabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya! Maaf sudah agak lama saya tidak mengirim artikel. Maklum, kalau Summer memang sangat menyita waktu dan tenaga.

Summer kali ini cuacanya ngga menentu, mulanya udara sangat panas melebihi Jakarta, tapi sudah tiga minggu ini sejuk, apalagi 2 minggu lalu malam hari malah agak dingin. Bunga-bunga juga jadi agak bingung tumbuhnya, bayangkan ada bunga Musim Semi yang muncul kembali kuncup bunganya.

Kali ini saya ingin berbagi keindahan bunga Irises yang tumbuh subur di halaman rumah kami dan untuk saat ini saya memiliki 10 jenis Irises.

Dutch Irises 1

Dutch Irises 2

IMG_0163

IMG_0164

IMG_0180

Nama-namanya saya ngga gitu ingat karena pembungkusnya saya buang begitu umbi bunga saya tanam. Waktu yang terbaik untuk menanam bunga Irises adalah bulan October, begitu juga kalau mau memisahkan rumpun bunga yang sudah terlalu melebar dan penuh. Tahun ini saya sudah berjanji dengan tetangga kiri-kanan bahwa saya akan bagikan mereka beberapa tanaman Irises, yang pasti mereka sangat kesenangan.

Pada dasarnya sangat mudah merawat bunga Irises karena mereka tidak usah disiram setiap haripun bisa tumbuh subur, asalkan diperhatikan saja tanahnya. Yang agak sedikit bermasalah adalah jenis Dutch Irises, karena tidak setiap tahun mereka tumbuh dan berbunga kembali. Mungkin faktor zone dan tanah juga jadi penyebabnya.

IMG_0516

IMG_1135

IMG_1139

IMG_1146

IMG_1698

Irises

Siberia Irises

Semoga tulisan dan foto-foto bunga Irises saya bisa dinikmati oleh teman-teman.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel saya ini.

 

Salam

 

43 Comments to "Bunga Irises Nan Indah"

  1. Ratna  27 February, 2017 at 09:11

    Bu bole tau maksimal suhu brp iris bertahan di tempat saya panas sekitar 30°c dekat laut sangat dekat
    Dan brpa lama berbunga saya nanam udah 2,5 bln daun tak mau tinggi apa karena teduh ya kurang panas saya tatuh di teras bukan tanah langsung

  2. Mawar09  9 September, 2013 at 21:44

    Mas Bj : terima kasih ya sudah mampir di artikel ini dan komentarnya. Maaf baru di balas hari ini karena baru kembali dari luarkota. Salam!

  3. Bagong Julianto  2 September, 2013 at 23:11

    Kontras warna yang jadi permainan corak bunga ini, cantik….
    Iris…. pemilik nama ini jadul adalah anak drumer band di dekat SMP Xaverius 2 Solo. Juga cantik.Hahaha…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.