Bunga Irises Nan Indah

Mawar

 

Halo teman-teman, apakabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia ya! Maaf sudah agak lama saya tidak mengirim artikel. Maklum, kalau Summer memang sangat menyita waktu dan tenaga.

Summer kali ini cuacanya ngga menentu, mulanya udara sangat panas melebihi Jakarta, tapi sudah tiga minggu ini sejuk, apalagi 2 minggu lalu malam hari malah agak dingin. Bunga-bunga juga jadi agak bingung tumbuhnya, bayangkan ada bunga Musim Semi yang muncul kembali kuncup bunganya.

Kali ini saya ingin berbagi keindahan bunga Irises yang tumbuh subur di halaman rumah kami dan untuk saat ini saya memiliki 10 jenis Irises.

Dutch Irises 1

Dutch Irises 2

IMG_0163

IMG_0164

IMG_0180

Nama-namanya saya ngga gitu ingat karena pembungkusnya saya buang begitu umbi bunga saya tanam. Waktu yang terbaik untuk menanam bunga Irises adalah bulan October, begitu juga kalau mau memisahkan rumpun bunga yang sudah terlalu melebar dan penuh. Tahun ini saya sudah berjanji dengan tetangga kiri-kanan bahwa saya akan bagikan mereka beberapa tanaman Irises, yang pasti mereka sangat kesenangan.

Pada dasarnya sangat mudah merawat bunga Irises karena mereka tidak usah disiram setiap haripun bisa tumbuh subur, asalkan diperhatikan saja tanahnya. Yang agak sedikit bermasalah adalah jenis Dutch Irises, karena tidak setiap tahun mereka tumbuh dan berbunga kembali. Mungkin faktor zone dan tanah juga jadi penyebabnya.

IMG_0516

IMG_1135

IMG_1139

IMG_1146

IMG_1698

Irises

Siberia Irises

Semoga tulisan dan foto-foto bunga Irises saya bisa dinikmati oleh teman-teman.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel saya ini.

 

Salam

 

43 Comments to "Bunga Irises Nan Indah"

  1. Mawar09  30 August, 2013 at 10:47

    Alvina – 37 : pegunungan di daerah New Hampshire dan Vermont memang lebih sejuk. Saya dan suami pernah kesana dan hiking ke Mount Canon di White Mountain. Duh… ngga dua kali deh kesana karena saya takut tinggi. Orang2 pd naik cable car, tapi kami jalan kaki sampai sekitar 3 jam, mana ada yg harus lewat tangga kayu menyebrang dari satu tebing ke tebing lain dan tangganya ngga ada pegangan. Sampai nangis saya karena ketakutan lihat jurang dibawah dan jalan merangkak di tangga. he…he….
    Kapan2 saya japri ya! Salam !

  2. Mawar09  30 August, 2013 at 10:39

    Hennie : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Kabarku baik2 saja, kesibukan sudah mulai berkurang dan Fall sudah semakin dekat. Terima kasih untuk pujian soal bunga2ku, masih ada 2 jenis yg aku lupa lampirkan fotonya. Saking banyaknya foto2 bunga di file computer.

    Disini temperature beberapa hari ini panas banget, kalau siang hari sekitar 30 – 31C/ 87F dan malam hari sekitar 61-62F/ 17C Kamu sekarang ada dimana? Salam hangat dari jauh.

  3. Hennie Triana Oberst  30 August, 2013 at 04:39

    Mawar, semoga kabarnya baik ya.
    Aku suka sekali bunga-bunganya, warna warni.
    Aku kurang telaten ngurus tanaman, malah sering mati Suamikulah yang paling rajin soal tanaman dan ngurus kebun. Aku paling hanya bantu rapi-rapinya saja hehehe…
    Gimana cuaca di sana, masih hangat pasti ya.
    Salam hangat dari jauh.

  4. Alvina VB  30 August, 2013 at 00:09

    Mawar, Kami ke pegunungannya pas bln ini, sampai kemarin tgl 27, sehari sblm anak balik sekolah.
    Summer 2 thn lalu kita ke PA, tepatnya ke Pittsburgh, soalnya ada undangan kenalan suami yg ketemu pas liburan Summer di Ireland bbrp thn lalu. Kota Pittsburgh adl sister city salah satu kota di Ireland, di mana kita sering liburan pas Summer. Moga2 thn ini winternya gak sebrutal thn 80-90an. Belakang ini, thn 2010-2012 winter di sini gak sedingin dulu lagi, saljunya juga mulai berkurang banyak.

  5. Mawar09  29 August, 2013 at 22:53

    Elnino : hallo, apakabar!!? iya akhirnya aku muncul,….. super sibuk sih kalau Summer. Gimana kabarmu?
    Saya bertangan dingin? mungkin……… ini yang saya dengar dari teman2ku yg lain. Tahun ini terpaksa saya tidak bisa berkebun tanam sayuran karena kesibukan lain, temanku juga lagi ngga bisa. hik!!!
    Soal bunga Irises, mungkin masih sekeluarga dengan gladiol (daun dan umbinya mirip), kalau kana saya ngga tahu umbinya seperti apa, yg pasti kan daun kana lain bentuknya . Kana lebih mirip dengan tanaman langkuas.

    Soal artikel masakan, lagi di usahakan secepatnya, bila keadaan mengizinkan. Selasa minggu depan saya akan keluar kota ke tempat para iparku, kembali hari Minggunya. Mungkin setelah itu saya baru bisa kirim artikel masakan. Juga pengen kirim artikel jalan-jalan ! Di tunggu saja ya, yg penting jangan bosan membaca artikelku! he…he…
    Salam hangat dari jauh !

  6. Mawar09  29 August, 2013 at 22:42

    BuGuCan : belum tahu kapan akan ke Jogja lagi, mungkin kalau mudik tahun depan ….. yang pasti kami harus ke Semarang, kalau tidak kesana sepupu saya akan marah !! Siapa tahu kita bisa bertemu ya, ajak Meitasari juga. Salam !

  7. Mawar09  29 August, 2013 at 22:39

    DA : terima kasih ya sudah mampir dan komentarnya. Memang bunga Iris sangat indah, atomatis yang bernama Iris pasti cantik (orangtuanya ngga salah memberi nama!). Salam dari jauh.

  8. elnino  29 August, 2013 at 20:54

    Hello Mawar! Akhirnya muncul juga
    Mawar ini memang bertangan dingin ya… Bertanam apa aja, hasilnya bagus. Bunga, buah, sayur, sampe2 dapat juara, hehe…
    Irisnya cantik2 ya? Kira2 sekeluarga gak ya sama bunga kana. Model kelopak bunganya yg tipis gitu mirip kana. Tapi kalo bentuknya memang lebih mirip anggrek ya…
    Setuju Buto, ditunggu artikel masakannya

  9. probo  29 August, 2013 at 18:38

    Jogja tetap istimewa Mawar……..
    kapan ke Jogja?

  10. Dewi Aichi  29 August, 2013 at 16:33

    Mawar…terima kasih kiriman bunga yang indah..seperti nama temanku yang cantik, namanya Iris…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.