Spareribs

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO . . .  HALLO . . .  HALLO . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa. Dj. harap anda ada dalam keadaan sehat semuanya. Kali ini Dj. pamer “Spare Ribs” bisa didapat dari tulang iga sapi, atau babi, makanan kesukaan kami sekeluarga. Siapa tahu, anda juga menyukainya… Dimana kita bisa bebas, makan dengan tangan dan mbrakoti tulang iga yang sudah dibumbui dan dibakar. Lebih banyak tulangnya sih, daripada dagingnya, tapi asyik gigit daging yang ada di antara tulang-tulang.

Nah, besoknya Susi telah siapkan dan Dj. tinggal ambil foto, karena Spare Ribs nya cukup panjang, olehnya Susi potong-potong. Dj. yakin, Linda lebih suka makan Spare Ribs dengan daging babi ya Lind, bisa juga dimasak dengan sayur asin (Bai kut). Jadi ingat di Jln. Pasir Kaliki, bai kut nya A Hon di Bandung, hahahahahahaha…!!!

bakut01

bakut02

bakut03

Setelah ovennya cukup panas (sekitar 220°C), maka sudah saatnya Spare Ribs nya bisa dimasukan di oven.

bakut04

Sambil menanti Spare Ribs di oven mateng, maka Susi membuat salat dari rettich (lobak)

bakut05

Diparut

bakut06

Lobak adalah sayuran yang cukup pedas (menggigit), bahkan kadang sedikit pahit, bila dimakan begitu saja. Untuk membikin lobak menjadi salat yang enak dan tidak pahit, maka setelah lobak dicuci dan diparut, maka parutan lobak ditaburi garam dan diremes-remes, nah ini kerjaan mas Anoew yang suka remes-remes kan…??? Setelah cukup lama diremes-remes, maka air yang keluar dari lobak dibuang dan diganti dengan creams.

Juga dibumbui dengan merica dan sedikit cuka, kalau tidak suka cuka, bisa diganti dengan air jeruk lemon. Nah, setelah Spare Ribs matang, maka sudah bisa dihidangkan. Hhhhhhmmmm… kelihatan Yummy.. bukan…??? Bisa juga diolesi dengan madu, bila anda suka…  hhhhmmmm  benar-benar lecker…!!!

bakut07

Nah, ini hanya dengan bumbu jadi saat dibakar, tapi saat makan, anda bisa menambah saos special untuk BBQ.

bakut08

Untuk kami, saus BBQ, akan lebih nikmat dibubuhi sedikit tabasco, agar ada sedikit rasa pedasnya.

bakut09

Nah….Silahkan mencoba, pasti anda akan ketagihan….Dj. makan dengan tangan, karena belum latihan makan dengan kaki…Tapi jangan lupa berdoa sebelum makan ya, agar tidak keseleg… hahahahahaha….

Nah bila anda tidak suka dengan bumbu jadi, maka Dj. bisa beri saran. Daging atau Spare Ribs yang masih mentah bisa dibumbui sendiri, sesuka hati. Dj. memotong sekitar 4-6 bawang bombai, kemudian ditaburi dengan garam dan merica saja. Nah bawang bombai dengan garam dan merica tersebut diremas-remas, sehingga garam dan merica merata. Kemudian masukan Spare Ribs yang sudah dipotong-potong dan rendam dalam bawang bombai selama 5-6 jam. Sehingga bumbu menyerap di daging.

bakut10

Kalau anda rendam pagi hari, maka siang hari, Spare Ribs sudah bisa dipanggang untuk makan siang, hanya saja jangan panggang daging bersama dengan bawangnya. Bawang yang untuk merendam daging, bisa digoreng sebentar dengan mentega dan turut dimakan bersama Spare Ribs. Bisa menambah selera makan.

bakut11

Jelas, kalau tidak mau report, ya makan di restaurant, duduk manis, pesan, sambil nunggu ppesanan datang, bisa melihat begaimana daging dibakar.

bakut12

Kemudian pesanan datang, Idar-Obersteiner Spießbraten dengan lobak sebagai salatnya.

bakut13

Selamat menikmati. Okay, terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. di hari Selasa. Dan jelas, kepada anda semua yang selalu setia menantikan hari Selasa, Dj. ucapkan juga banyak terimakaksih. Mohon maaf, bila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati dan sampai jumpa di hari Selasa depan.

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, menaungi kita senantiasa.

Salam manis dari Mainz dan semoga sehat selalu.
Dj. 813

bakut14

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

32 Comments to "Spareribs"

  1. Dj. 813  13 September, 2013 at 18:42

    Terimakasih kepada anda yang sudah meninggalkan jempolnya.
    TUHAN MEMBERKAT…!!!

  2. Dj. 813  7 September, 2013 at 00:26

    Mas selogiri…
    Terimakasih sudah mampir…
    Dj.kira hanya wanita yang sexy yang menggiurkan.
    Taunya Spareribs juga menggiurkan ya…???
    Hahahahahahaha…!!!
    Salam,

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *