Ternyata Menulis Itu Mudah dan Menghasilkan Uang

Fikrul Akbar Alamsyah

 

Judul : Ternyata Menulis itu Mudah dan Menghasilkan Uang

Penulis : Satria Nova

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Terbit : 2011

Tebal : 138 halaman

Harga : Rp. 29.800

ternyata-menulis-itu-mudah

Akhir-akhir ini peminat kegiatan tulis-menulis semakin banyak dan hal inilah yang saya rasakan mendorong terbitnya buku-buku how-to mengenai cara menulis s/d menerbitkannnya. Buku ini cukup unik karena diterbitkan oleh seorang penulis muda, tercatat di buku kelahiran Penulis adalah tahun 1989, dan masih berstatus sebagai mahasiswa di PTN di Surabaya, tepatnya di ITS. Penulis sudah menerbitkan beberapa buku dan buku “Ternyata Menulis itu mudah dan menghasilkan Uang” merupakan buku kelima dari Penulis Buku ini. Suatu prestasi yang cukup membanggakan.

Buku ini terdiri atas empat bagian atau empat bab, di dalam buku ini meski tebalnya 138 halaman didalamnya sudah terkandung beberapa informasi yang cukup lengkap mengenai bagaimana seorang pemula memulai untuk menulis. Pada Bab Pertama berisi mengenai tujuan apa yang sebaiknya digunakan saat mulai menulis, penempatan tema ini saya rasa cukup tepat karena untuk memulai sesuatu semua perlu diawali dengan tujuan yang jelas.

Setelah tujuan menulis sudah jelas, maka pada bab ke dua  dibahas mengenai kiat-kiat untuk menulis, bagaimana mengatasi mood, mengatasi fasilitas dan beberapa motivasi untuk memulai menulis. Pada bab ini difokuskan pada bagaimana mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan diri dan lingkungan.   Jika niat sudah lancar dan hambatan dari diri dan lingkungan sudah teratasi maka langkah selanjutnya untuk menjadi seorang penulis adalah menghasilkan karya yang kongkret tentunya dalam bentuk karya tulis, pada bab ke tiga dijelaskan mengenai beberapa media yang dapat digunakan sebagai tempat  menampilkan tulisan, baik itu blog, media massa ataupun menerbitkan buku secara professional.

Setelah tiga hal mengenai niat, hambatan, dan media menulis dijelaskan maka untuk menjadi seorang penulis tentunya memerlukan untuk kenal / tahu mengenai dunia tulis menulis. Pada bab keempat dijelaskan mengenai serba-serbi dunia tulis menulis yang berkaitan erat dengan penulis pemula, baik itu mengenai rahasia harga buku, Bestseller, s/d royalti, dijelaskan secara jelas. Bahkan Penulis buku juga memberikan tips untuk melakukan penerbitan secara self publishing, hal ini cukup special karena jika di buku-buku lain memberikan tips & trik agar bisa diterima pada buku ini selain memberikan penjelasan & tips agar diterima juga memberikan tips penerbitan jalur indie yang nanti arahnya ke jalur professional juga.

Terlepas dari segala hal itu menulis merupakan salah satu kegiatan yang produktif karena tidak semua orang bisa dan mau menulis, hanya orang-orang dengan kemauan besar yang mampu untuk mulai menulis dari yang tidak pernah menulis, terlebih lagi jika dilakukan secara konsisten. Selamat Menulis.

 

5 Comments to "Ternyata Menulis Itu Mudah dan Menghasilkan Uang"

  1. Anthony Lim  8 September, 2013 at 04:40

    Menulis itu mudah. Tapi kegiatan menulis hingga menghasilkan sebuah buku itu “tidak mudah”.

  2. J C  5 September, 2013 at 05:10

    Sepertinya kata “mudah” di sini hanyalah kata motivasi, karena pada kenyataannya “tidak mudah”…hehehe…sudah menjalaninya selama 7-8 tahun belakangan, dan sangat paham faktor utama adalah mood dan alasan klise WAKTU. Dari uraian bab-bab buku ini, saya yakin buku ini sangat menarik…

  3. djasMerahputih  4 September, 2013 at 16:19

    Buku yang menarik…. Kayaknya bakalan banyak yang tertarik pada Bab IV nih…

  4. James  4 September, 2013 at 15:32

    SATOE, mudah menghasilkan uang

  5. chandra Sasadara  4 September, 2013 at 11:53

    Satoe..pengen menjadi penulis..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.