Sambil Online Juga Bisa – Canjica

Dewi Aichi – Brazil

 

Ini makanan khas Brasil, namanya canjica. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah dan murah. Ini saja aku sambil online sama Anoew, mas Juwandi, Tia, Wesiati, Enief dan lain-lain. Kadang-kadang sambil posting foto-foto keluarga.

Jadi kalau aku online di Baltyra maupun di Facebook, ngga hanya duduk di depan komputer sambil chat chit chut tetapi sambil melakukan banyak hal, misalnya asah-asah (nyuci perkakas dapur), umbah-umbah (nunggu cucian baju di mesin), ngepel, nyapu, masak dan lain-lain, seperti kali ini aku online sambil bikin canjica.

Sedari pagi yang aku lakukan beres-beres rumah hingga rapi, itupun sambil online juga he he. Lalu setelah rumah kinclong, baru aku dengan santai membuat canjica, karena bisa disambil online juga.

Kebetulan bahannya semua ada, jadi mendadak keinginan muncul, bahan sudah siap.

bahan canjica

Yaitu susu kental manis 1 kaleng, susu cair 1 kaleng (pakai kaleng bekas susu kental manis), gula putih 1 kaleng (masih pakai kaleng yang sama), kelapa parut 100 gr., cengkeh, kayu manis.

Bahan utamanya yaitu jagung 500 gr.  yang sudah tidak ada gelabatnya (selaputnya), jadi jagungnya tampak putih seperti gigi yang tanggal he he he….

jagung

Jagung direndam dalam air selama 24 jam, lalu direbus dengan panci presto. Setelah kedengaran suara panci yang sudah berisik, kecilkan api dengan posisi paling rendah, rebus selama 1 jam. Ingat, sebelum direbus, perhatikan airnya, kira-kira 8 gelas air, agar tidak kehabisan (asat).

Setelah 1 jam direbus, buka tutup panci, dan cicipi apakah jagung sudah empuk, biasanya kalau aku bikin, dengan waktu 1 jam, sudah sangat empuk. Tambahkan semua bahan, aduk-aduk, oh ya bisa ditambahkan margarin 1 sendok makan, untuk memberi rasa tambah enak.

canjica01

canjica02

Siap disajikan, bisa disajikan panas maupun dingin. Untuk pengganti makan malam juga bisa.

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

13 Comments to "Sambil Online Juga Bisa – Canjica"

  1. Mawar09  9 September, 2013 at 23:15

    DA : ditempat kami dijual jagung yg warna putih (white kernel), ada juga yg sudah dipipil (butiran) tapi ngga ada yg dikupas kulit arinya. Kalau kedelai atau kacang hijau tanpa kulit ari sih banyak. Mungkin yg dibikin ngga manis menggunakan kaldu ayam utk jenis savory, jadinya ngga manis dan bisa di anggap sbg soup atau bubur. Yg manis lebih cenderung sebagai dessert. Salam!

  2. elnino  9 September, 2013 at 21:14

    Manisnya bukan dari gula tapi dari susu. Lha emang susu bisa manis karena apa, Wik?

  3. Linda Cheang  9 September, 2013 at 17:45

    yah, begitulah, on line sambilk ngulek, untung ajah nggak sampe gosong

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *