Kejutan

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA . . . ! ! !

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj.

Bulan lalu, Dj. ulang tahun dan seperti biasa, keluarga Dj. selalu bikin makan bersama. Dan beberapa hari sebelumnya, Dewi sempat bertanya, di hari Ulang Tahun, papa ingin makan apa…??? Dj. jawab, miehun goreng, karena miehun goreng bikinan Dewi memang enak, apalagi dia selalu campur dengan udang.

Saat hari Ulang Tahun Dj. si Dewi datang di pagi hari dan membawa masakan. Nah ya, Dj. yakin masakan kesukaan Dj., yaitu miehun goreng dengan udang, pesanan Dj. Ternyata memang benar, dia menawari Dj. apa mau sarapan dengan miehun goreng…??? Jelas Dj. iyakan, tapi sedikit saja, karena hanya untuk sarapan, juga tidak tahu, seberapa banyak dia bikin.

ulangtahun01

Ternyata, malah ada 3 bergedel kentang dan satu bakwan di piring… Hhhhhhhmmmm….!!! Dj. sangat berterimakasih, karena Dewi mau bersusah payah masak untuk Dj. Kan tidak semua anak yang mau masak untuk ayahnya, apalagi kami tinggal di Jerman.

Okay….

Satu jam sebelum makan siang, anak-anak bilang, Dj. dan Susi boleh makan siang di kota, karena mereka sudah pesan tempat. Dan ini yang Dj. pesan, ikan dengan kentang goreng… yang ringan saja.

ulangtahun02

Kemudian… sore hari Dj. terima hadiah dari anak-anak, dipegang Dewo dan dari Susi (dipegang David).

ulangtahun03

Di sini Dj. dan Susi harus tertawa, karena Rompi yang dihadiahkan anak-anak, sudah kami lihat di toko Peek & Kloppenburg. Hanya saat Dj. coba sedikit kekecilan. Ternyata anak-anak punya selera yang sama dan mereka bilang, papa sudah banyak Jacket, tapi yang ini dari Camp David, belum ada di lemari papa. Hahahahahaha…!!!

ulangtahun04

David bantu buka kado dari oma Susi.

ulangtahun05

ulangtahun06

Saat Kaffeezeit (tea time), juga seperti biasa, tidak ada yang aneh. Banyak kueh yang mereka bikin, walau kami hanya 6 dewasa dan 2 anak-anak saja.

ulangtahun07

ulangtahun08

ulangtahun09

ulangtahun10

ulangtahun11

ulangtahun12

ulangtahun13

Semua pada makan kueh, hanya Sarah yang gigit sendok kecil. Dj. hanya khawatir kalau dia tusuk mulutnya terlalu dalam. Tapi omanya bilang, tidak mungkin, dia harus belajar dan akan berasa kalau dia tusuk terlalu dalam. Nah ya, kalau mbahyutnya di Indonesia masih bisa lihat, pasti sudah marah…Tapi ini Jerman, mendidik anak lain dengan di Indonesia dan ternyata memang Sarah tidak tusuk terlalu dalam. Seolah dia tahu, itu hanya untuk digigit-gigit saja.

ulangtahun14

ulangtahun15

Nah, sampai di sini, masih seperti biasa, kalau ada yang Ulang Tahun, ya selalu demikian, seperti foto-foto di atas.

Puji TUHAN . . . ! ! !

Karena KasihNya yang begitu besar, sehingga sampai saat ini, kami sekeluarga masih boleh kumpul rukun bersama. Walau keluarga kecil dan sederhana saja, tapi keluarga yang takut akan TUHAN. Keluarga kecil yang selalu merasakan jamahan Kasih dan BerkatNya setiap hari, setiap jam, setiap menit dan bahkan setiap detik.

Okay, saat akan makan malam, maka Dj. disuruh duduk manis di meja makan dan kemudian Dj. diminta untuk menutup mata. Ada apa gerangan…??? Mengapa harus tutup mata segala…??? Tapi Dj. menurut saja, karena apa kata keluarga, maka Dj. akan nurut. Saat Susi berkata, sekarang kamu boleh buka mata. Dj. benar-benar kaget, terharu dan merinding, karena melihat yang tidak pernah Dj. lihat dalam keluarga Dj..

YAAAAAAH . . . . ! ! ! Sambil tercengang Dj. teriak melihat nasi kuning (nasi tumpeng) bikinan anak Dj. si Dewi, yang dia bawa masuk ke dalam ruangan.

ulangtahun16

ulangtahun17

ulangtahun18

Dewi masih minta maaf, karena tidak bisa bikin kerucut, jadi setengah bola. Hampir saja Dj. tidak bisa bicara, haru sekali. Bagaimana ini anak bisa masak nasi tumpeng…??? Dj. tanya Susi, apa dia yang ajari…??? Susi jawab, tidak, bahkan Susi belum pernah bikin. Kemudian Dewi cerita, dia lihat di internet. Dj. benar-benar sampai geleng kepala, bukan hanya karena dia bisa, tapi karena dia MAU.

Mau buang waktu yang begitu banyak dan bersusah payah bikin nasi tumpeng untuk Dj. Yang di nampan, hanya sebahagian saja, masih banyak yang dia sediakan di mangkok-mangkok. Ada nasi kuning, telur dadar yang diiris tipis, ada bergedel kentang, ada rendang, ada kering tempe, ada bakwan, ada sambal goreng telur, jelas miehun goreng, ada udang goreng, juga ada sambal goreng telur kecap, seperti yang bisa anda lihat di foto. Yang membikin Dj. heran, darimana dia bisa dapat daun pisang…???

Dj. benar-benar bahagia, karena selalu dimanja oleh keluarga tercinta.

Miehun goreng.

ulangtahun19

 

Rendang

ulangtahun20

 

Sambal goreng telur kecap

ulangtahun21

 

Kemudian Susi minta agar Dj. membagikan makanan untuk Susi dan anak-anak, sebagai berkat TUHAN.

ulangtahun22

Dj. merasakan betapa besar Kasih sayang TUHAN dan keluarga terhadap Dj. Apa yang tidak Dj. pikirkan, telah Ia disediakan untuk membikin Dj. gembira. Mungkin untuk anda semua yang jago masak, hal ini hal yang biasa saja dan bukan hal yang istimewa. Banar sekali, kalau di belanda atau lebih lagi di Indonesia, hal ini adalah hal yang biasa. Tapi ini di Jerman bung… dan mereka bukan orang Indonesia, hanya karena kasih sayang dan kemauan semata.

Inilah kekuatan Kasih sayang tersebut, bisa memindahkan gunung. Hal yang untuk orang lain “bisa jadi” dibilang tidak mungkin, tapi kemauan anak-anak kami membikin semuanya menjadi mungkin.

HALELUYA . . . ! ! !

Okay…

Itu semua yang bisa Dj. bagikan untuk anda semuanya. Dj yakin anda dan keluarga anda juga bisa berbuat yang sama, atau bahkan lebih, bila kasih dan kemauan itu ada. Terimakasih untuk semuan perhatiannya, juga pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, senantiasa menuangi kehidupan kita semuanya.

Sampai Maranatha TUHAN DATANG . . . ! ! !

 

Salam manis, dari kami sekeluarga di Mainz.

Dj. 813

ulangtahun23

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

87 Comments to "Kejutan"

  1. Lani  2 November, 2013 at 10:59

    MAS DJ : wadoh…….kemungkinan japriku nglencer ke negeri cina mas kkkkkkk…….barusan aku kirimkan kembali, moga2 kali ini sampai ke Mainz………mohon di cek lagi ya, maturnuwun

  2. Dj. 813  2 November, 2013 at 03:52

    Hallo Yu Lani….
    Maaf baru lihat, seidak ada e-mail masuk yang dari yu Lani.
    Dj. sudah check 2X.
    Mungkin lewat Jakarta dulu, baru ke Eropa ya…???
    Hahahahahahaha….!!!
    Salammanis dari Mainz.

  3. Lani  1 November, 2013 at 09:02

    MAS DJ : japri sdh aku balas lagi………semoga udah ditrima

  4. Lani  29 October, 2013 at 04:01

    MAS DJ : Balasan sdh ditrima……..wadoh aku seneng banget mas, nanti aku balas japri ya……….maturnuwun sanget

  5. Dj. 813  28 October, 2013 at 17:35

    Yu Lani…
    Terimakasih yu,sudah Dj. baca dan sebentar lagi Dj.balas.
    Ini baru selesai masak, mau mandi dulu.
    Salammanis dari Mainz.

  6. Lani  28 October, 2013 at 07:34

    MAS DJ : aku ngirim japri………ini mau ngirim lagi, krn ada perubahan………

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *