Tentang Negeri Samba (5): Chá De Bebê E Chá De Cozinha

Dewi Aichi – Brazil

 

Chá de Bebê adalah sebuah pesta untuk calon ibu atau orang tua, di mana dalam pesta ini si calon orang tua akan mendapatkan berbagai kado untuk si baby. Biasanya pesta ini diadakan pada usia kehamilan antara 7-8 bulan. Chá de bebê adalah tradisi yang sangat populer di Brasil, atau di Amerika mungkin ini yang disebut dengan “baby shower?”

Biasanya si calon ibu atau calon orang tua, merencanakan mengundang beberapa kerabat, saudara maupun teman-teman untuk menghadiri pesta tersebut. Setiap undangan akan disebutkan kado yang diminta si ibu hamil. Kado merupakan keperluan bayi yang baru lahir, namun atas kemauan sendiri biasanya penerima undangan akan memberi lebih.

Tidak ada acara doa bersama untuk si ibu hamil maupun bayinya. Benar-benar hanya pesta meriah dengan ciri khas dekorasi yang sesuai dengan temanya. Pertama-tama setelah para undangan hadir, mereka makan-makan, setelah itu, adalah puncak acaranya yaitu sebuah permainan khusus yang hanya ada dalam acara chá de bebê.

Permainannya begini, si ibu hamil ditutup matanya. Dan selama permainan, nama asli si ibu hamil diganti dengan nama apa saja, yang penting bukan nama aslinya. Bagi hadirin yang kelupaan memanggil nama asli si ibu hamil, akan disetrap. Hukuman sesuai permintaan si ibu hamil.

Chá De Bebê (1)

Salah satu teman atau kerabat memandu acara. Mengambil salah satu kado dari para undangan, kemudian kado tersebut diberikan kepada si ibu hamil, yang masih dalam keadaan tertutup matanya. Si ibu hamil akan menerka-nerka dari siapa kado itu, dan apa isinya. Jika si ibu hamil tidak bisa menebak, maka pemberi kado akan maju untuk memberikan hukuman.

Chá De Bebê (2)

Hukuman hanya untuk memeriahkan pesta saja. Di sebelah tempat duduk si ibu hamil akan disediakan meja, di sana ada berbagai macam barang seperti lipstick, pensil alis, dan perlengkapan make up lainnya, ada baju-baju model aneh. Ada balon dan sebagainya. Hukuman yang biasa diterima oleh si ibu hamil biasanya mencoreng wajah atau perut dengan lipstick atau pensil alis, atau disuruh menyanyi, bahkan yang lebih parah, si pemberi hukuman, memilih sebuah music dan si ibu hamil harus berjoget.

Jika si ibu hamil berhasil menebak isi kado dan pemberi kado, maka yang akan di hukum adalah pemberi kado. Maka tidak heran jika dalam pesta chá de bebê ini para hadirin yang awalnya datang cantik, diakhir pesta akan acak-acakan seperti orang gila he he…ada yang rambutnya dikucir banyak sekali, ada yang mukanya coreng moreng, ada yang giginya diwarnai hitam pakai pensil.

Chá De Bebê (3)

Chá De Bebê (4)

Yang jelas meriah dan menyenangkan. Meski tak ada doa secara resmi, tetapi setiap hadirin begitu memasuki ruang pesta, akan memberikan ciuman, pelukan dan kalimat-kalimat harapan dan doa keselamatan untuk si ibu dan bayi. Khusus untuk chá de bebê tidak ada undangan untuk kaum pria, yang hadir khusus wanita. Kecuali suami si ibu, itupun biasanya jarang sekali ada suami yang menemani si istri dalam pesta ini.

Yang kedua adalah chá de cozinha yaitu pesta yang diadakan oleh pasangan suami istri dalam rangka pindah rumah, atau menempati rumah baru. Biasanya oleh pengantin baru, atau pasangan baru.

Chá De Bebê (5)

Dalam undangan, akan dicantumkan segala maçam peralatan rumah tangga. Nah kado untuk acara ini harganya akan lebih malah, karena yang diminta adalah alat-alat rumah tangga, biasanya alat-alat dapur, micro wave, dinner set, dan lain-lain. Mungkin ada yang memberikan kulkas atau tempat tidur, biasanya kerabat dekat.

Dua hal yang sangat popular di Brasil yang pernah saya hadiri. Untuk chá de cozinha tidak ada permainan, dan boleh dihadiri oleh pria maupun wanita.

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona.

Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

17 Comments to "Tentang Negeri Samba (5): Chá De Bebê E Chá De Cozinha"

  1. anoew  4 November, 2013 at 15:52

    Meriah. Jadi inget waktu SMA pesta perpisahan seperti ini, tebak-tebakan bagian tubuh mana yang kepegang.

  2. Bagong Julianto  30 October, 2013 at 09:46

    DA, terimakasih dan dengan tidak mengurangi rasa hormat, mohon kado tidak dalam bentuk barang.
    Hehehe…..
    Pernah terima undangan seperi itu…..

  3. Lani  28 October, 2013 at 08:34

    DA : Senin aja krn aku pas libur kerja, klu Selasa ora iso……….
    aku akan keluar dulu ketoko jam 9 pagi besok, kita skrng beda brp jam ya?????? Klu td nya 8 jam, entah ini ditempatmu musim dingin apa kebalikan mau ke spring????? Jiaaaaan soal time zone nggarahi mumet

  4. Dewi Aichi  28 October, 2013 at 07:40

    eh..Lani, usahakan besok atau lusa..skypemu dinyalakan saja, nanti aku sapa, kalau Selasa, biasanya aku di rumah sendiri setelah jam 3 siang sampai jam 6 sore..pagi juga dirumah sendiri, tapi kan dirimu blom bangun he he…

  5. Dewi Aichi  28 October, 2013 at 07:38

    Lani…sesuk yo..wah kangen aku, kowe sing sibuk kok….

  6. Lani  28 October, 2013 at 07:32

    8 DA : Brazil, Amerika sami mawon tdk ada kesakralan sama sekali………intinya pesta! Lain dgn peringatan mitoni di Jawa/Indonesia………yg penuh dgn ritual………pepatah mengatakan “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”

    Ngomong2 sibuk to? Kapan bs ngobrol lewat skype, kutunggu ya…………

  7. Dewi Aichi  28 October, 2013 at 07:30

    mas JC ki mesti protes lho…..ya biarin, tulisan ya tulisanku, judulnya ya aku yang kasih kok….hahaha..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *