[Bukan Hoax] Serba Pisang dan Serba Coklat, tapi bukan Piscok

Dewi Aichi – Brazil

 

Yang ngga percaya salah sendiri, sebab tadi saya siaran langsung melalui Skype webcam. Dan menghadirkan beberapa wartawan infotemen. Demo masak dilakukan mulai jam 10 pagi waktu itu. Yang tidak bisa menyaksikan siaran langsung ya sudah, tunggu siaran langsung berikutnya, sebab tidak ada siaran ulang dan tidak ada acara rekam merekam.

Demo pertama, demo memasak lho ya, bukan demo anti kenaikan BBM dan juga bukan demo minta kenaikan upah kerja…yaitu memanfaatkan pisang yang sudah keburu mateng, mau makan pisang sudah terlalu banyak makan pisang, kalau ngga dimakan sayang kan dibuang, makanya dimanfaatkan untuk sandingan minum teh. Kalau digoreng, selain lama, juga kurang sehat. makanya bikin saja resep di bawah ini, mudah, murah, cepat. lagian resep yang susah-susah memang saya ngga bisa kok he he he…

Torta de banana

Bahan: 12 sendok makan tepung terigu, 7 sendok makan gula putih, 1 sendok makan baking powder.

Langkah pertama, campurkan semua bahan hingga benar-benar tercampur,lalu sedikit demi sedikit taburkan bahan yang sudah tercampur dengan baik ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung…hingga dasaran loyang tidak kelihatan. Iris-iris pisang, kemudian susun di atas taburan tepung tadi, lalu taburi lagi tepung di atas irisan pisang, susun lagi irisan pisang, taburi lagi tepung, sampai bahan habis.(saya menghabiskan 7 pisang ambon ukuran besar).

pisang and coklat01

Penutup: cairkan di atas api kecil 4 sendok makan mentega, 200 ml susu UHT, dan tambah 1 butir telur yang sudah dikocok halus, aduk hingga rata dan jangan sampai mendidih. Tuangkan cairan ini di atas loyang yang sudah terisi bahan tadi.

pisang and coklat02

Setelah itu panggang di oven dengan suhu sedang hingga matang. Keluarkan dari oven, taburi serbuk kayu manis.

pisang and coklat03

 

Demo kedua yaitu bolu . Ini adalah bolu jenis basah, sehingga bisa disimpan di kulkas, dinikmati dingin.

 

Bolo de chocolate

Bahan: 

2 cup tepung terigu

1 cup gula putih

1 cup susu UHT

6 sendok makan penuh bubuk chocolate

1 sendok makan baking powder

6 butir telur, pisahkan antara putih telur dan kuning telur.

 

Cara membuat:

Kocok putih telur hingga kaku, lalu masukkan kuning telur, gula putih, setelah tercampur, tambahkan tepung terigu, bubuk chocolate, baking powder dan susu UHT, kocok lagi hingga adonan lembut.

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mantega dan tepung, panggang sampai matang(40 menit dengan suhu 180 derajat c).

Setelah kira-kira bolu sudah mau mateng, bikin topping dengan 1 sendok makan mantega, 2 sendok makan bubuk chocolate, dan 1 cup susu UHT, caranya, panaskan mantega, kemudian tuang susu dan bubuk chocolate hingga tercampur rata, jangan sampai mendidih.

pisang and coklat04

Setelah bolu mateng, keluarkan dari oven dan tuang cairan di atas bolu. Cairan akan meresap ke dalam bolu, sehingga bolu akan terasa legit, lebih nikmat jika dinikmati dingin. Jadi bolu bisa disimpan di kulkas.

 

About Dewi Aichi

Berasal dari Sleman Jogjakarta, saya blasteran (antar kelurahan maksudnya), happily married to a Brazilian guy. Dari Jogja merambah dunia. Pernikahan lintas benua adalah pilihannya. Setelah beberapa tahun di Distrik Aichi, Jepang, sekarang tinggal di Brazil bersama keluarga tercintanya. Tingkat sudrunnya setara dengan saudara-saudara sepersudrunannya seperti Nur Mberok, Elnino, Fire dan jelas Lani van Kona. Di sini saya bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, saya hanya sekedar menulis apa yang saya rasakan, apa yang saya alami, dan apa yang menarik buat saya untuk ditulis. Jika ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga untuk teman-teman, saya sangat bersyukur

My Facebook Arsip Artikel Website

33 Comments to "[Bukan Hoax] Serba Pisang dan Serba Coklat, tapi bukan Piscok"

  1. ariffani  24 February, 2014 at 08:14

    okay mbak… ^^ sama2,,,

  2. Dewi Aichi  24 February, 2014 at 08:06

    Arrifani wooooo..keren banget diganti pakai oatmeal dan variasi yang oke banget….cocok kemarin ada menu oatmeal dari JC, campur bakso…keren keren…bisa aku coba nih….silahkan boleh kok di share…..thanks Ariffani, untuk resepmu…

  3. Dewi Aichi  24 February, 2014 at 08:04

    Hennie….guampanggggg byanget ini…

    Pampam…pisang memang legit, manis, dan warnanya sangat cakep, kuning langsat gitu…

    Juwi…he he..iya dong, dengan waktu yang sebentar, bisa nyiapin menu sarapan yang nikmat..

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *