Mantel Sonntag

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO . . . HALLO . . . HALLO . . .

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa…Kali ini Dj. ingin cerita, bahwa di Mainz, hari Minggu tanggal 27 Oktober 2013, adalah hari istimewa, dimana di Mainz, semua toko buka. Orang Jerman menamakan hari itu, sebagai hari “MANTEL SONNTAG.” Dinamakan demikian, karena “mungkin” dulu setiap hari orang sibuk kerja, sehingga tidak ada waktu untuk beli mantel.

Olehnya pemerintah mengijinkan 1 hari Minggu, untuk buka, agar yang tidak sempat berbelanja, hari itu bisa berbelanja. Agar di hari Minggu itu, orang bisa membeli mantel, tapi saat ini bukan hanya mantel saja, tapi apa saja bisa dibeli. Di setiap kota besar di Jerman, juga ada “Mantel Sonntag”, hanya saja tidak serentak buka di hari yang sama.

Juga mainan Dermohlen untuk anak-anak, bar-bar kecil untuk mereka yang suka minum dan juga makanan ringan. Nah siang hari itu kami sekeluarga, naik Bus ke kota dan hanya jalan-jalan kiri kanan, melihat begitu banyaknya manusia yang ngumpul di kota Mainz.

Well, karena di kota yang lain toko tutup, maka banyak orang dari luar kota datang ke Mainz, jadi tidak heran kalau Mainz hari itu penuh sesak. Setelah capek jalan, maka kami lanjutkan dengan makan siang. Maaf, Dj. tidak pamerkan makanannya, “mungkin” sudah banyak yang bosan ya, karena selalu sama… Hahahahaha…!!!

Dari makan siang, kami melihat mainan yang cukup membikin penasaran, karena memang belum pernah coba. Daniel mencoba duluan dan sedikit instruksi dari profi dan kemudian boleh jalan sendiri, tapi ya tidak jauh-jauh. Bisa jadi di Indonesia sudah banyak dan menjadi biasa, mungkin juga mainan mas Bagong yang senang “GOWEEEESSS”

mantelsonntag01

mantelsonntag02

Daniel sangat menikmati mainan yang baru dia coba, tanpa baca buku petunjuknya dulu. Hahahahahaha…. ibu Matahari segera melirik, dimana bukunya…??? Semakin badan kita condong kedepan, maka dia akan lari lebih cepat dan kalau mau ngerem, ya stangnya kembali tegak lurus.

mantelsonntag03

mantelsonntag04

Tidak mau ketinggalan, Kakaknya (si Dewo) juga mencoba.

mantelsonntag05

mantelsonntag06

Kemudian Dj. juga, hari itu benar-benar jadi kanak-kanak lagi…Bagian Dj., malah harus melewati rintangan… Hahahahahaha…!!! Nah di sini Dj. baru sadar, untuk membelokkan, tidak sepert stang sepeda, yang mana kalau mau ke kiri, ya tangan kiri tarik dan kanan ikut. Tapi barang ini, kalau mau ke kiri, tangan kiri ditekan ke bawah. Hahahahahahaha….. norak banget, maklum belum pernah berdiri di mainan yang demikian.

mantelsonntag07

mantelsonntag08

David turut lari, saat opanya naik itu mainan, sambil teriak, ayo opa yang cepatan…!!! Hahahahahahaha….!!! Sayang dia masih kecil, jadi belum boleh coba, karena hanya untuk orang dewasa.

mantelsonntag09

Jujur, Dj. sedikit kaget, saaat bertanya haarganya. Dapat informasi dari yang mengadakan show tersebut, ini barang seharga € 9000,- (Rp. 135,-jt.).

Setelah itu, maka kami melihat pameran mobil bekas yang baru berumur 1 tahun, jadi masih kelihatan baru. Susi lebih suka mencoba BMW X1 (paling kecil dari BMW) yang cukup murah, hanya € 17. 000,- Mobil bekas yang baru 1 tahun ini, di Jerman disebut “Jahreswagen”, biasanya mobil yang dibeli oleh pegawai pabrik mobil. Mereka mendapat discount sekitar 20%-30%, jadi saat dijual kembali, maka pegawai pabrik tersebut tidak rugi, bahkan selain untung pakai selama 1 tahun, kadang malah masih untung uang.

Mobil yang baru berumur 1 tahun, biasanya masih seperti baru, masih sangat bagus, Km. nya sekitar 7000- 8000 Km. Jadi termasuk mobil baru.

mantelsonntag10

mantelsonntag11

Kemudian kami melihat ada panggung dan diadakan atraksi yaitu untuk “World Record” yang sedikit aneh. Karena di dalam mobil AUDI A 3 yang kecil mungil itu did alamnya akan dimasukkan anak-anak muda dan minimum 23 orang dan besarnya paling kecil 165 Cm., jadi yang paling kecil harus diukur. Setelah semua okay… maka mereka mulai bersorak dan satu persatu masuk ke dalam mobil.

mantelsonntag12

mantelsonntag13

Ternyata yang masuk ke dalam mobil malah bisa 25 orang, maka jelas sebagai World Record dan ini terjadi di kota kecil Mainz, sungguh sangat mengharukan. Semua penonton bertepuk tangan.

mantelsonntag14

mantelsonntag15

Akhirnya kamipun lelah dan kami menuju ke Cafe untuk sedikit istirahat dan menikmati minuman yang menyegarkan. Dan inilah keluarga Paisan di Mainz yang sulit pisah, juga Sarah, kemana saja selalu ikut.

mantelsonntag16

mantelsonntag17

mantelsonntag18

Okay, bila anda masih mau mendengarkan bagaimana Sarah menyanyi, maka ini Dj. sediakan Link di Youtube, dimana Sarah menyanyi bersama opanya. Kami sekeluarga sering dibikin tertawa oleh tingkah Sarah yang mana dia baru 7 bulan, tapi bisa diajak guyonan. Dan dia goyang badannya kedepan dan kebelakang (schaukelt) Hahahahahahahahaha….!!!

Nah, itu tadi sdikit cerita keluarga Dj. di hari “MANTEL SONNTAG” di Mainz. Seperti biasa, kami selalu ngumpul, walau hanya untuk sekedar makan bersama atau jalan bersama. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan.

Terimakasih kepada anda semua yang selalu menanti hari Selasa. Jelas kepada pengasuh Baltyra, Dj. ucapkan banyak terimakasih, karena selalu menayangkan oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN YESUS KRISTUS, selalu menaungi kehidupan kita semua.

Salam manis dari Mainz dan Dj. harap anda semua ada sehat selalu.

Dj. 813

mantelsonntag19

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

56 Comments to "Mantel Sonntag"

  1. Dj. 813  12 November, 2013 at 04:04

    Yu Lani…
    Terimakkasih yu…
    Sudah Dj. coba balas, semoga sudah sampai.
    Dj. kirim lewat darat yu.
    Hahahahahahahahaha….!!!

  2. Dj. 813  12 November, 2013 at 04:03

    Matahari Says:
    November 12th, 2013 at 03:20

    Judul besok Herbst ya….saya akan baca besok
    ———————————————————

    Ibu Matahari, itu jelas.
    Sekarang belum bisa dibaca…
    Hahahahahahahaha….!!!

  3. Lani  12 November, 2013 at 03:39

    MAS DJ : aku japri (2)

  4. Matahari  12 November, 2013 at 03:20

    Judul besok Herbst ya….saya akan baca besok

  5. Dj. 813  12 November, 2013 at 02:57

    Ibu Matahari….
    Selamat Malam dari Mainz…
    Hanya tentang “musim”, tidak ada yang aneh.
    Dj. tidak bisa ngarang seperti mas Enief, juga tidak mengenal sejarah seperti mas Iwan.
    Dj. hanya bisa bikin oret-oretan saja, itupun asal-asalan saja.
    Syukur-syukur ada yang mau baca.
    Hahahahahahahahahahaha…..

  6. Matahari  12 November, 2013 at 02:48

    besok tulisan pak Djoko ttg apa…Kasih saya clue sedikit…biar saya tebak

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *