Gerakan Irigasi Bersih dari Yogya untuk Indonesia

Yuci Jerum

 

Tulisan tentang Gerakan Irigasi Bersih dari Yogya untuk Indonesia ini adalah penulisan ulang dari yang disampaikan Mbak Sotja Prajati.

Gerakan Irigasi Bersih dari Yogya untuk Indonesia adalah suatu gerakan yang digagas dan dibentuk oleh Mbak Sotja bersama teman-temannya sesama alumni Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada. Mereka memulai gerakan ini dari Bantul dengan membentuk beberapa Koordinasi dan sudah mulai diminati untuk daerah Kulon Progo. Menurut pengakuan Mbak Sotja, dia dan teman-temannya tersebut hanyalah sebagai pemancing semangat dan pelaksananya adalah para petani dan masyarakat sekitar dengan dibantu Danramil setempat beserta para anggota Koramil setempat.

irigasi-bersih

Menurut Mbak Sotja, para petani yang termasuk wong cilik itu kalau diberi perhatian sedikit lebih saja, apalagi dengan TNI dilibatkan juga, wah leh seneng dan bersemangat seperti tidak punya rasa lelah.

Menurut Mbak Sotja, dia dan teman-temannya hanya mencoba menggugah para petani dan masyarakat di sekitarnya untuk berbudaya bersih dan mencintai air karena jika air yang digunakan untuk mengairi padi atau tanaman pangan lainnya berada dalam kondisi bersih maka beras dan sayur-sayuran yang kita konsumsi pun relatif lebih sehat. Jadi, yang menikmati keuntungan dari Gerakan Irigasi Bersih adalah kita-kita juga.

Tahukah jenis sampah yang cukup banyak jumlahnya, menjijikkan dan sulit pengelolaannya? Jawabannya adalah popok orang dewasa yang penuh dengan kotoran itu dibuang begitu saja ke saluran air. Jadi, sangat perlu tindakan dan gerakan untuk menyadarkan perilaku buruk dan membudayakan bahwa kali, sungai dan saluran air lainnya bukanlah tempat pembuangan sampah.

Kejorokan yang ada di kali, sungai dan saluran air lainnya terjadi mungkin karena adanya kesalahan dalam mendidik dan memberikan contoh yang benar. Lha wong waktu kita kecil diajari lagu “e Dayohe Teko” yang lyric-nya menyarankan kita membuang sampah di kali atau di pinggir kali…ya akibatnya seperti sekarang inilah!!!Sebenarnya gerakan ini sudah dicanangkan dan dimulai pada tanggal 26 Maret 2013, lalu setiap 3 bulan Mbak Sotja dan kawan-kawan mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Saat ini sedang dalam masa menjelang awal musim tanam sehingga mereka melakukan budaya Mapag Toyo (menjemput/menyambut air). Dengan budaya Mapag Toyo ini dilaksanakan di tiap-tiap koordinasi wilayah dengan mengadakan pembersihan saluran-saluran air yang entah kapan terakhir kali dibersihkan sehingga dasar saluran sudah mencapai permukaan.

Kalau cuma para petani dan masyarakat di sekitarnya saja yang melakukan budaya Mapak Toyo, tentu hasilnya tidak akan optimal, maka kami menembus Koramil dan menjalin kerjasama dengan pihak Koramil. Ternyata Danramilnya pun ikut terjun ngedhuk saluran…heibaaat suatu aksi pengabdian masyarakat secara nyata tidak cuma omdo, hampir tanpa dukungan biaya apa pun, selain snack dan minum seadanya.

 

Note Redaksi:

Selamat bergabung menjadi salah satu kontributor aktif dengan artikel pertamanya, setelah sekian lama menjadi silent reader…ditunggu artikel-artikel lainnya ya…

 

8 Comments to "Gerakan Irigasi Bersih dari Yogya untuk Indonesia"

  1. J C  18 November, 2013 at 08:11

    Yuci, terima kasih untuk artikel informatif dan bisa menjadi contoh yang baik ini. Sori, aku tidak ingat bahwa dirimu sudah pernah ada 1 artikel, karena waktu aku cari di database, tidak keluar nama “Yuci Jerum”, ternyata duluuuuu pakai “Arum”. Mulai sekarang, nama yang dipakai “Yuci Jerum” saja supaya sinkron dengan yang di FB dan Group Baltyra ya…ditunggu artikel-artikel lainnya…

  2. elnino  15 November, 2013 at 10:02

    Wah, hebat nih.. Salut buat inisiator programnya. Mudah2an berkelanjutan n bisa diduplikasi oleh daerah2 lain.
    Nulis lagi ya Yuci

  3. Dewi Aichi  15 November, 2013 at 06:07

    Wah…terima kasih Yuci, laporan dari Jogja…wah harus didukung penuh dan partisipasi semua pihak sangat penting, kerjasamanya, agar hal ini terlaksana dengan baik dan berkelanjutan…

  4. Mawar09  14 November, 2013 at 22:02

    Yuci : selamat bergabung di Baltyra dan salam kenal. Suka dengan artikel ini ! semoga kegiatan seperti ini bisa diikuti daerah lain. Bersih itu pangkal sehat. Suka lihat fotonya, air mengalir jernih tanpa sampah !

  5. Hennie Triana Oberst  14 November, 2013 at 10:29

    Yuci, selamat bergabung.

    Gerakan bermanfaat seperti ini, semoga diikuti oleh masyarakat daerah lain.

  6. djasMerahputih  14 November, 2013 at 09:56

    Selamat bergabung Yuci..

    Kalo pengen menilai karakter sebuah masyarakat, lihatlah dulu
    bagaimana parit dan sungai-sungainya. Bagaimana mereka mengelola air kehidupan dalam lingkungan
    di sekitar kota.

    Salut buat masyarakat Yogya..!!

  7. Handoko Widagdo  14 November, 2013 at 06:29

    Artikel yang inspiratif Yuci. Selamat bergabung dan berbagi.

  8. Dj. 813  14 November, 2013 at 03:51

    Nr. 1

    Waaaaaw…..!!!
    Semoga banyak dicontoh leh masyarakat lainnya.
    Terimakasih dan selamat untuk artikel pertamanya.
    Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.