San Francisco

Summer Girl

Sebenarnya hidup saya ini dibangun dari khayalan yang mulai terwujud satu persatu. Buat saya, berkhayal boleh-boleh saja selama masih dalam batas kewajaran. Waktu masih SMP kakak saya cerita kalau salah satu temannya baru saja kembali dari San Francisco, dari ceritanya katanya kotanya sangat indah sekali dan bersih. Pada saat itu kebetulan di radio sedang diputar lagunya Bee Gees, How Deep is Your Love.. “I know your eyes in the morning sun, I feel you touch in the pouring rain, and the moment that you wander far from me, I wanna feel you in my arms again”.. dan pikiran saya pun langsung mengkhayal, berjalan-jalan berdua dengan kekasih di jembatan san Francisco dengan suasana yang romantic dan berkabut di suatu musim panas yang berangin.

14 tahun kemudian, client dari company tempat saya bekerja mengirimkan undangan untuk menghadiri sebuah acara di San Francisco, betapa terkejutnya saya karena undangan itu datang tanpa diduga-duga, pikiran saya langsung ke masa dulu bahwa impian saya hampir terwujud. Ternyata tempat pertemuannya tidak jadi di San Francisco, dirubah menjadi Los Angeles. Walaupun begitu, saya tidak kecewa karena pada akhirnya saya berkesempatan untuk bisa mengunjungi Amerika dengan gratis.

Bertahun-tahun kemudian akhirnya impian saya terwujud juga, beberapa bulan lalu saya berkesempatan untuk berlibur ke San Francisco. Kami berangkat dengan Delta Airlines, perjalanan selama 5 jam di pesawat terasa menyenangkan, sayangnya wifi-nya kurang bagus, saya ingin menonton drama di pesawat tapi sambungannya terputus-putus padahal sudah bayar 20 dollar untuk dua jam.

San Francisco 001

San Francisco 002

Dari bandara kemudian menuju lantai dua untuk menunggu shuttle yang sudah dipesan lewat internet, biayanya jauh lebih murah dibandingkan taxi, shuttle-nya bagus dan bersih. Kami menginap di Tuscan Inn di sekitar area Fisherman Wharf, hotelnya bagus, bersih, nyaman dan service nya ramah, dari hotel ke fisherman wharf bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Suasana San Francisco pada saat itu sangat cerah, suhunya hangat, tetapi terasa sangat dingin karena suasana yang sangat berangin.

San Francisco 008

San Francisco 009

San Francisco 010

San Francisco 014

San Francisco 005

Di seberang hotel ada grocery store, langsung melihat-lihat grocery store dan membeli yang diperlukan, setelah mandi kemudian kami berjalan kaki menuju Fisherman Wharf, Pier 39, suasananya sangat ramai, berbagai macam atraksi dan restaurant ada di sana, kami sudah pesan tempat makan malam di Crab House, ternyata crab-nya sangat enak sekali, dimasak dengan saus garlic, saya belum pernah makan crab se-enak itu, French fries-nya juga sangat crispy dan gurih, mungkin juga masakannya terasa lebih enak karena makannya di pinggir dermaga dan di kejauhan kita bisa melihat jembatan San Francisco yang mulai tertutupi kabut.

San Francisco 015

San Francisco 024

San Francisco 199

San Francisco 025

San Francisco 026

San Francisco 027

Selesai makan kami mampir ke toko es krim dan makan es krim sambil berjalan di sekitar dermaga diterpa hembusan angin semilir dan suhu terasa lebih dingin.

San Francisco 151

Keesokan harinya jadwalnya mengunjungi Muir Wood dan Sausalito melewati jembatan Golden Gate yang terkenal itu. Sebelumnya kami sarapan di Hollywood Café dekat hotel, menurut saya makanannya sangat enak dan porsinya besar. Kami berangkat dengan tour bus sekitar jam 9 pagi, kondisi jalan di San Francisco naik turun dan sangat curam, diperlukan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Muir Wood. Muir Wood adalah salah satu US National Park yang terletak di Mill Valley, kami melewati Golden Gate Bridge, pada waktu itu suasana pagi masih berkabut dan terlihat di pinggir jalan banyak yang lari pagi, perjalanan ke Muir Wood sangat indah, jalannya berbelok-belok dan naik ke atas seperti ke Puncak. Sesampainya di sana udaranya sangat segar, tempatnya bersih, banyak pohon-pohon besar yang membuat suasana jadi agak romantic.

San Francisco 029

San Francisco 079

San Francisco 084

San Francisco 091

Dari Muir Wood kami menuju Sausalito sekitar 45 menit perjalanan dengan bus, sepanjang jalan di Sausalito dipenuhi dengan restaurant, boutique shops dan art gallery, kotanya sangat bersih dan ramai dengan tourist, seluruh restaurant penuh dengan pengunjung, banyak yang makan di luar restoran sambil menatap ke pinggir pantai yang suasana nya sangat indah. Walaupun harganya mahal-mahal tapi toko-toko tersebut penuh dengan pengunjung yang ingin membeli souvenir.

San Francisco 104

San Francisco 115

San Francisco 116

San Francisco 120

San Francisco 121

Dari Sausalito kembali ke Fisherman Wharf, dengan ferry kami menyeberang menuju Alcatraz Island, Alcatraz terkenal sebagai penjara dengan penjagaan super maximum, kunjungan ke Alcatraz sangat menarik, dengan walking audio tour kami bisa mendengar cerita dari satu sel ke sel yang lain, siapa saja yang tinggal di sel tersebut, sel mana yang paling ditakuti oleh prisoner, library, dining hall, tempat bermain para prisoner. Tidak ada tempat makan di sana karena pengunjung dilarang makan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar penjara, walaupun bangungannya terlihat tua tapi terjaga dengan baik dan bersih.

San Francisco 145

San Francisco 146

San Francisco 147

San Francisco 148

San Francisco 149

San Francisco 150

Kembali ke hotel sudah sore, kemudian kami mandi dan berjalan kaki menuju Fisherman Wharf untuk makan malam, suasananya seperti biasa sangat ramai, saya pesan crab lagi, walaupun enak tapi tidak se-enak di Crab House.

Hari berikutnya kami berencana untuk pergi ke Chinatown dengan Cable Car, kami beli tiket terusan agar bisa naik turun tanpa harus beli tiket lagi, harga tiket sekali jalan termasuk mahal yaitu 6 dollar jadi lebih baik beli tiket terusan. Di atas cable car ada kondektur yang memeriksa tiket satu persatu, mirip seperti di bus Mayasari Bakti. Suasana di Chinatown sangat ramai, kebanyakan di antara mereka tidak bisa berbahasa Inggris, kami makan di Z and Y restaurant yang mana katanya president Obama pernah makan di tempat tersebut, tempatnya kecil dan ternyata makanannya kurang enak dan harganya mahal. Naik cable car menurut saya kurang nyaman karena kecil dan harus menunggu lama, beberapa yang lewat distop tidak mau berhenti karena sudah penuh.

San Francisco 173

San Francisco 175

San Francisco 177

San Francisco 182

San Francisco 183

San Francisco 192

San Francisco 196

Kemudian kami pergi ke Union Square yang merupakan tempat berbelanja designer brand, banyak restaurant dan coffe shops yang juga selalu dipenuhi pengunjung, ada taman yang luas yang bisa digunakan sambil makan dan duduk-duduk santai. Dari yang saya baca katanya Amerika sedang krisis ekonomi tapi ternyata seluruh pertokoan dan restaurant ramai dengan pengunjung. Ketika akan kembali ke hotel dengan Cable Car ternyata kami harus mengantri sekitar satu jam, mungkin lain kali lebih baik naik bus saja.

San Francisco 201

San Francisco 202

San Francisco 209

San Francisco 210

San Francisco 219

San Francisco 220

Menurut saya San Francisco merupakan kota yang sangat indah dan bersih, walaupun living cost-nya jauh lebih mahal dibanding kota tempat saya tinggal tapi standard gajinya juga lebih tinggi. Anak dari teman saya bekerja baru saja graduate dari medical assistant, mendapat pekerjaan di sebuah rumah sakit disana, gajinya $ 75,000, cukup besar untuk fresh graduate, tapi tentu saja pajaknya lebih besar dan biaya hidupnya juga lebih tinggi.

San Francisco 227

San Francisco 228

San Francisco 233

San Francisco 234

San Francisco 235

San Francisco 236

San Francisco 258

Bagaimana dengan mimpi saya selanjutnya? Saya mengkhayal suatu saat bisa tinggal di Seoul, makan tofu soup dan kimchi lengkap dengan side dishnya setiap hari. Tentu saja saya tahu untuk mimpi yang ini tidak akan terwujud karena sepertinya saya akan tinggal di sini seterusnya.

47 Comments to "San Francisco"

1. Lani  22 November, 2013 at 10:24

Bu lani, sekalian aji mumpung, selain guide gratis bgmn kalau mas anoew kasi ticket gratis juga hihihi…
    +++++++++++

Waaaaaaaa, klu yg ini aku gak wani, soale guidenya pasti minta service, mangan wareg tiap hr, turu gratis nang hotel, hrs ada mobil, bisa2 dia minta balik tiket Indonesia-hawaii/pp modiaaaaaar aku, krn dia sgt amat kepingin melihat yg kliwir2, bening, pating sliwer di Hawaii………kkkkkkkk

2. Summer Girl  22 November, 2013 at 10:09

3. Lani  22 November, 2013 at 10:01

Bu lani, sebenernya lumayan juga kalo kapan2 ke jogja dan solo di temenin jalan2 oleh guide gratis hehehe…
    ++++++++++++++

Guide gratis is always welcome! Termasuk kang Anuuuuuu, biar dibilang ndrawasi, saru dll…..
    Sapa takut?????
    Yg namanya jalan2 adanya cm enak dan kepenakkkkk…….krn ndak mikir kerja, cm seneng2, pelepas stress.
    44 sama, aku dl cm modal ngimpi, tp malah terlaksana, yg penting disyukuri saja, dan teruskan bermimpi, klu sdh tdk bs ngimpi, artine wis mati kkkkkkkk

4. Summer Girl  22 November, 2013 at 09:56

Mbak angela, thanks commentnya, dulu saya gak punya modal apa2, punyanya cuma mimpi aja, suka dihina katanya gak akan mungkin bisa ke luar negeri, tp ternyata saya disini skrg.

5. Summer Girl  19 November, 2013 at 10:30

Pak jc, thanks comment nya, san francisco memang bener2 kota yg bersih dan cantik, kalo bisa pengen rasanya kesana lagi.

6. Lani  19 November, 2013 at 08:04

KANG ANUUUU : lurahe menyebarkan peringatan buat dirimu…………hahaha

7. J C  18 November, 2013 at 08:20

Awas, awas komentar nomer 38, guide satu itu benar-benar medeni dan ndrawasi…

Entah kapan aku bisa sampai ke San Francisco…hanya ingat lagu: “if you’re going to San Francisco…” dari Scott McKenzie…