Definisi Sukses

Priscilla Ivana

 

Setiap orang pasti ingin sukses. Tapi apa arti dari kata sukses ini? Apakah ukuran sukses seseorang sama dengan ukuran sukses dari orang lain?

Obrolan ini diawali dari obrolan ringan saya dengan keponakan-keponakan. Saat itu, saya dan suami tengah mengantar salah satu keponakan pulang ke rumah setelah bermain di rumah mertua. Dan tiga orang lainnya mau ikut sleep over ke rumah kami. Waktu itu, kami berdua bersama empat orang keponakan, dan anak saya yang masih bayi.

Saat ini, salah satu dari mereka baru saja menyelesaikan ujian akhir primary school (SD), dan sedang menunggu hasil ujian keluar. Bagi keluarga-keluarga Singapura, ujian akhir Primary School (PSLE) adalah salah satu ujian terpenting yang dipakai sebagai tolok ukur apakah anak ini akan sukses di masa depan, atau tidak.

Salah satu keponakan mulai bertanya, “Auntie, apa menurutmu Nic bisa menjadi orang sukses?”. Nic adalah panggilan anak saya.  Saya tanya balik, “Saya tidak tau. Tapi apa maksudmu dengan sukses itu? Sukses seperti apa? Apa definisi sukses menurutmu?”. Dengan cepat dia menjawab, “Sukses adalah bisa menghasilkan banyak uang!”.

inspirasi-sukses

Jawaban sederhana, tapi inilah mayoritas apa yang dipikirkan orang-orang di Singapura. Singkatnya, semua orang di sini ingin jadi orang kaya. Tentu saja saya juga berangan-angan jadi orang kaya, karena di sini semuanya serba mahal dan butuh biaya tinggi.

Tapi, bagi saya, ukuran sukses ini selalu berubah-ubah menurut hidup yang saya jalani. Ada sukses jangka panjang, sukses jangka pendek, sukses harian, sukses tugas-tugas kecil, dan seterusnya.

Sukses hal-hal kecil saya, yaitu sukses menyelesaikan pekerjaan di kantor dan di rumah. Sukses menyelesaikan mission harian dari games saya (ketahuan masih demen nge-game).  Sukses menulis dan mengirim artikel ke Baltyra untuk pertama kalinya (biasa cuma pembaca pasif). Dan seterusnya…

Orang-sukses

Sesungguhnya, apakah ukuran kata sukses ini bagi Anda masing-masing?

 

Note Redaksi:

Ivana, “selamat bergabung” di Baltyra…ditulis dengan tanda petik karena sebenarnya sudah luamaaaaaa jadi silent reader dan sekarang memutuskan “quit” sebagai silent reader dan mengirimkan artikel pertamanya. Semoga terus mengirimkan artikel-artikel lainnya…terima kasih banyak…

 

17 Comments to "Definisi Sukses"

  1. Tjok Mas  26 November, 2013 at 17:44

    sukses buatku sih, bisa capai target dan resiko gagal sebisa mungkin nol hehehe….

    salam sukse, mbak ivana.

  2. awesome  26 November, 2013 at 14:22

    ditunggu artikel2 berikutnya …..

  3. Hennie Triana Oberst  25 November, 2013 at 10:46

    Selamat bergabung, Ivana.
    Ukuran sukses tiap orang memang beragam ya. Untukku jika keluargaku sehat dan bahagia itu juga sudah sukses.

  4. Evi Irons  25 November, 2013 at 10:35

    Koq Cuma sebentar???

  5. Lani  23 November, 2013 at 01:21

    IVANA : heheh…..jd ketularan virusku jg kau katakan satu kesuksesan yaikkkkkkkk! Horeeeeeeeeeeee……heheheh
    Aku jd buangga ngono, apa nanti disambung nulari gemblung jg dikatakan sukses jg? Blaikkkkkkkk…….aku iso dipisuhi wong sak ndonya Baltyra ngakak meneh iki.

    T. MOKEN : maturnuwun sdh bilang setuju dg pendptku……wlu aku dikatakan sudrun, tp msh jelas aku waras tenan!

    EL-NANO-NANO : maturnuwun wis setuju dgn aku, tp mmg bener, klu badan sehat, merasa bahagia, mau cari kesuksesan apapun itu adanya, lbh gampang, coba klu badan nglokro, cileren, apakah itu bs dikatakan sukses???? Mlaku wae ora iso, mungkin malah ndak bs menyat soko tempat tidur, kesuksesan apakah ini?????? hehehe

  6. ivana  22 November, 2013 at 21:49

    @Pak Handoko: betul sekali hehehe…

    @djas: Terima kasih. paspampres mungkin lagi mengamankan suatu event, seperti namanya

    @elnino: Terima kasih sudah mampir

    @JC: Terima kasih udah dimuat artikel kecil. masih belajaran ya Saya setuju, Be yourself.
    Do I ever want to change my life and be someone else…? I don’t think so. I’m happy just the way I am.

    Sukses, menurut saya juga tergantung dari cara pandang kita terhadap suatu pencapaian. Yang penting selalu bersyukur. Itu udah cukup menjadi encouragement untuk pencapaian2 selanjutnya.

  7. J C  22 November, 2013 at 20:58

    Sukses? Kalau aku: “be yourself” (be myself)… hooorrreee Ivana akhirnya meramaikan…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.