[Keluarga Senthir – Setengah Kenthir] Pengenalan Tokoh

Awan Tenggara

 

Gaz, lo tau kenapa gue kudu nulis cerita beginian? Cerita tentang keluarga gue yang intensitas kekenthiran anggotanya ngalah-ngalahin pasien RSJ? Bener. Sebab hidup lo gue yakin udah penuh dengan hal-hal yang ngebosenin, Gaz. That’s why gue nyempet-nyempetin nyicil nih cerita buat lo baca. Saat gue lagi boker, saat gue makan satu meja bareng pejabat, saat gue kejebak macet gara-gara Si Komo lewat, saat apa saja lah yang bikin gue bisa nangkep kesempatan buat nulis meski kadang dapet cuma setengah paragraf doang. Demi lo, Gaz. Demi hidup lo yang kudu penuh warna.

Well, sebelum gue lanjut ke cerita yang gue jamin bakal bikin lo ngakak jungkir balik, jijik, plus nyari parasetamol ke apotek terdekat buat ngobatin mabuk kekenthiran lo, gue mau ngenalin dulu orang-orang yang ada di Keluarga gue. Simak baik-baik, Gaz. Sambil ngupil juga boleh.

planet kenthir

Pertama Nyokap Gue. Bunda Nindya. Nama panjangnya Nindyawati Gilingan Gabah. Namanya memang aneh, tapi sungguh sarat sejarah. Konon kata nenek gue yang kini udah tidur nyenyak di dalam kubur, nyokap gue ini lahir pada tanggal, hari, bulan dan tahun tepat di mana mesin gilingan gabah pertama kali ditemukan di desa gue.

Nyokap doyan banget bertani, halaman rumah gue, Gaz,  penuh banget tanaman buah! Sayur, bunga bank, tanaman hias apalagi. Itulah kenapa kalo nyokap pergi ke pasar, pedagang buah di sana bakalan mandang nyokap dengan sinis. Alasan pertama karena nyokap ga pernah beli sebab di rumah gue semua jenis buah yang ada di pasar sudah ada semua di halaman depan. Termasuk jambu Bangkok dan papaya Thailand! Kedua, nyokap kalo panen buah bakalan jadi artis kampung karena doyan banget bagi-bagi buah dan sayur ke tetangga secara cuma-cuma. Biarin saja pedagang buah di pasar pada sinis ama nyokap. Gue tetep percaya kalo nyokap udah nglakuin yang terbaik buat semesta, kepada tetangga-tetangga gue khususnya. Bahkan menurut gue nih, nyokap pantes banget dapet gelar sebagai salah satu perempuan paling baik sedunia versi on the spot. Dia itu, nyokap paling bijak sepanjang sejarah manusia menurut gue. Lo perlu tau itu, Gaz.

 

Kedua, adik nyokap gue. Bunda Rus-Rus. Nama panjangnya Rus-Rus Kembangkecipir. Tapi ga seperti namanya, Bunda Rus-Rus malah satu-satunya orang di keluarga gue yang paling ga doyan kembang kecipir yang kerap dibikin lalapan ama keluarga gue di meja makan. Bunda Rus-Rus ini doyan banget dengerin lagu-lagu oldies tiap pukul lima sore di Radio Bodhol FM, katanya doi punya kenangan khusus dengan lagu-lagu tersebut, lagu-lagu yang konon bisa ngobatin rasa kangennya buat ketemu suaminya yang sekarang lagi bertugas di luar negri.

 

Ketiga, Kakak Pertama Gue, Didot Woro-Woro. Namanya cocok banget Gaz sama lambenya. Dia kalo ngaca bakalan jadi orang yang paling afdhol nebar fitnah buat dirinya sendiri karena ga mau ngakuin kalo lambenya itu mirip banget sama kentongan siskamling. Jambulnya yang lancip seperti antena tivi tabung hitam putih tahun 80’an—yang konon merupakan prototype dari microwave—  itu bakalan bikin cewek-cewek usia 44 tahun ke atas bilang “ga nahaaaan…”. Mas Didot paling doyan makan jambu. Parahnya, dia kalo makan jambu suka sekalian nangkring di pohonnya dengan posisi kepala di bawah. Hebat.That’s why karena kebiasaannya itu dia dapet gelar kehormatan dari Ratu Inggris sebagai “Ksatria Codot Berjambul”. Zodiak: Sagitarius. Riwayat penyakit yang pernah dideritanya: Turun Berok. Grup Musik favorit: SM*SH

 

Keempat, Kakak Kedua Gue, Ikhasur Bantalgulingningsih. Satu-satunya kakak di keluarga gue ini yang di mata gue galaknya ngalah-ngalahin Ibu Tiri. Soal tampang dia mirip banget sama Meriam Belina dengan kombinasi Rini Es Bon-Bon di dalamnya. Khasur doyan banget soal urusan nge-bully gue. Umur dua tahun gue pernah sekali gemuk. Bukan karena nyokap gue yang tiap hari njejelin gue pisang ambon sejak umur gue 3 bulan, tapi karena kakak gue satu ini yang suka nyubitin gue. Musibah banget bagi gue dah pokoknya. So, you can see clearly now, Gaz. Kalo gue kelihatan gemuk itu karena body gue pada memar dicubitinnya. Itulah kenapa sekarang nyokap kalo liat kami ngumpul satu ruang, dia bakal ngasih sekat kaca bening di antara kami layaknya dua ekor ikan cupang. Zodiak: Aries. Riwayat penyakit yang pernah dideritanya: Belekan. Group Musik Favorit: Iron Maiden.

 

Kelima: Mamat Dodolipret, biasa dipanggil Bola Bekel karena bodinya yang sebelas duabelas ama Ikhasur. Cocok banget sebenarnya dia jadi bintang iklan pampers. Sayang, dia ga mau waktu kami ngedorong dia buat ikutan casting. Mamat sejak SD terkenal sebagai Playboy gagal. Soal patah hati dia jagonya. Gimana ga, seribu cewek yang pernah ditembaknya, 999 orang dengan tegas menolak (774 disertai tamparan, 225 disertai pancalan) satu sisanya ga ngasih jawaban apa-apa karena ternyata tuna rungu. Zodiak: Leo. Riwayat penyakit yang pernah dideritanya: Gondokan. Group Musik Favorit: JKT 48.

 

Kelima: Dian Taragunung Danlaut. Kakak gue satu ini seseksi Angelina Jolie. Paling misterius di keluarga gue. Wajahnya emang cantik, jauh banget kalo dibandingin semua yang ada di keluarga gue. Gue ampe percaya banget kalo dulu nyokap nemuin dia di buntelan taplak meja depan rumah. Mbak Dian ini dari wajah terlihat kek perempuan tegar, tapi sebenarnya dia ini gembengnya ga ada yang ngembarin di dunia. Hobi banget dia nongkrongin tivi setelah isya’ ampe jam sepuluh malam hanya buat nonton sinetron. Kalo ada kasus tisu cepat habis di rumah Keluarga Senthir, maka dialah pelakunya. Ga ada yang lain. Zodiak: Libra. Riwayat penyakit yang pernah dideritanya: Bisul di hidung. Group Musik Favorit: Roxete.

 

Keenam, Nifisius Jakartanensis. Kakak gue satu ini namanya paling keren. Asing banget lah ditelinga. Konon katanya waktu nyokap hamil dia, nyokap ngebet banget pengen jadi ilmuan. That’s why kakak gue satu ini dikasih namanya pakek bahasa ilmuan. Mas Nif glamour banget orangnya, apa-apa kudu serba Itali. Kalo udah bicara merk sepatu ato tas nih, Angel Lelga ampe ga ada apa-apanya kalo dibanding dia. Jauh dah! Dia juga paling ga bisa liat noda kopi ada di pinggir cangkir, apa lagi ampe kena alas meja. Bisa kiamat dunia kalo dia ngonangin hal itu, soalnya di keluarga gue, dia orangnya paling bersihan. Pak RT pernah ampe ngasih dia gelar “Keep Cleaning Man Ever”. Ada piala dengan replika tas kresek di kepalanya di ruang tamu, itulah piala penghargaan Pak RT buatnya. Mas Nif juga pinter banget masak, dan saking senengnya dia sama urusan masak memasak, stok bahan makanan buat satu minggu di kulkas pernah ampe habis dimasaknya dalam satu hari. Gila. Zodiak: Capricorn. Riwayat penyakit yang pernah dideritanya: Temumulan. Group Musik Favorit: Bonds.

 

Terakhir gue, Awan Tenggara. Gue paling segala-galanya di keluarga ini. Ga cukup lima belas halaman A4 buat nyritain segalanya tentang gue. Itulah kenapa gue mutusin untuk ngebuat note ini bersambung saja. Udah males nulis soalnya :v

 

 

PS: Buat keluarga Senthir (1/2 Kopling) silahkan nulis pengalaman kenthir masing-masing yang pernah kalian alami di keluarga kita. Ayo bikin buku terkenthir di duniya! Buku yang akan mengikat kita selama-lamanyaaaah… :D *lebay*

 

27 Comments to "[Keluarga Senthir – Setengah Kenthir] Pengenalan Tokoh"

  1. Lani  29 November, 2013 at 11:04

    16 Dick (nickname/nama kecil dari Richard) Holder (kl diterjemahin ha…ha……silahkan terjemahin sendiri2
    ++++++++++++++++++

    Al, wakakakak…..ngakak sampai njengking! La itu coba to, kok yo kebangeten, kasih nama “Dick Holder”
    Klu diterjemahkan, kkkkk……sampai kram perutku…..
    El-nano-nano, DA, klu ndak tau coba tanyakan ke lurahe……kkkkkk……hadoh biyung! Cilaka 13 wes…….

  2. nia  29 November, 2013 at 10:27

    woooo… pantes nama dia yg tetep paling apik ya mbak El hahaha…
    mbak bias minta tolong?
    cubitin pipinya pake tang

  3. elnino  29 November, 2013 at 10:16

    Yang bikin nama ya si Awan Tenggara, penulis yg super tengil n menggemaskan (untuj dicubitin) to Nia…
    Jangan sampai ketinggalan cerita selanjutnya ya, dijamin perut kram karena ngikik2

  4. nia  29 November, 2013 at 10:02

    ngakak baca komennya mbak Alvina btw ada beneran kan ya yg nama keluarganya Gaylord??

    kalau di Singapore saya malah merasa gimanaaa gitu sama given name-nya orang2 sini. Adik temen ada yg namanya Apple. Supplier ada yg namanya Orange. tinggal cari Banana nih…. ada juga yg namanya Marine, saya pernah salah tulis Maureen dimarahin sama dia hehehe…

    ini yg bikin nama tokoh2 keluarga Senthir siapa sih?

  5. Alvina VB  29 November, 2013 at 09:45

    Awalnya baca serius, duarius, ttp lama-lama ha..ha…ha….ini ada di dunia mana kl org kasih nama anaknya kek gini, dasar gemblung ……..ttp ada loh nama kel. Inggris yg aneh-aneh banget kl saya boleh bilang ya….dan dulu kawan kerja saya kebanyakan org Eropa terutama org British dan kl diperkenalkan saya selalu excuse me…. pardon me…. (takut salah denger getu….) he..he….ada yg namanya Justin Bill (kl mau diterjemahin Justin tagihan), Mike Toogood (= Mike terlalu baik), Shelly Gotobed (= Shelly pergi tidur), Tanya Smellie (kl diterjemahkan jadi Tanya bau! ), Betty Hardmeat (=Betty daging keras), Mary Still-Brown (= Mary tetep coklat), Nancy Hole (= Nancy lubang), Jack Plunder (=Jack merampok/ menjarah), Dick (nickname/nama kecil dari Richard) Holder (kl diterjemahin ha…ha……silahkan terjemahin sendiri2, ini jadi bahan jokes di kantor dulu kl ada temen yg mau kawin suruh tanya si Dick, he..he….). Itu nama2 yg saya inget krn lucu banget kl diterjemahin dlm bhs Indonesia dan merekapun bilang waktu sekolah dulu so embarassing (malu2in) punya nama kel. kaya gitu ttp mereka gak bisa pilih2 mau lahir di kel. mana…ya nama kel.nya sudah begitu dari sananya, pasti ada sejarah/ ceritanya masing2. Nah si Mike Toogood ini paling ganteng di dept. saya kerja, banyak kolega yg cewek naksir sama dia, ttp ternyata dia gay (yg cowoknya, krn dia gak lemah gemulai, macho banget), makanya lalu mereka bilang wah namanya mustinya jadi Mike Toogood to be true!!!

  6. elnino  29 November, 2013 at 09:09

    Dan baltyran no.13 adalah biang alias dedengkotnya…

  7. Lani  29 November, 2013 at 09:05

    11 Yu Lani, ada juga yang tulisan Dewi. Asli paraaah… Tunggu saja
    +++++++++++++++++++

    El-nano-nano: klu tulisan Dewi lbh ediaaaan, njur tulisanmu spt apa hayoooooo? Nampaknya keluarga Baltyra itu mmg pepeg tenan, warna-warni ya…..
    Untung ndak semuanya jejeg, klu lurus kabeh malah nggarahi stress berat dan akibatnya spt prof kita, nginep nang Pakem kkkkkkk

  8. Nur Mberok  29 November, 2013 at 08:43

    WAKAKAKAKAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK…….SENTHIR SUPLAK GEMBLUNG KAFIR hahahahaha semua ada di BALTYRA

  9. elnino  29 November, 2013 at 06:01

    Wakakakk… Ilustrasinya kok ya bisa nemu yg pas! Planet Kenthir itu bernama Baltyra

  10. elnino  29 November, 2013 at 05:50

    Yu Lani, ada juga yang tulisan Dewi. Asli paraaah… Tunggu saja!

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.