Free Tax Refund di Airport Charles De Gaulle (CDG) Paris

ODB – Amerika

 

Inti dari artikel ini adalah sekedar peringatan bagi yang kebetulan ingin mendapatkan Free Tax Refund diairport Paris (France)kembali, sebelum meninggalkan Eropa.

Jam 11 pagi tanggal 3 November 2013, adalah jadwal keberangkatan SQ 380-800 Paris – Singapore – Cengkareng, setelah 13 hari tour Eropa dari Jakarta. Jam 7 pagi sudah cabut dari hotel Mercure, Paris yang berjarak tempuh keairport sekitar 30 menit dengan tour bus. Rombongan langsung antri ke sektor office/counter Tax Refund di mana pertama-tama mendapat no karcis antrian. Setelah mendapat cap/stempel setuju untuk dibayar, sebelum maju ke loket pengambilan tax refund di mana ada 4 booth yang dilayani oleh petugas-petugas wanita (2 booth untuk mata uang Euro dan 2 lainnya untuk US $).

tax-refund

Dimana untuk US $ antriannya sedikit alias cepat dan Euro panjang antrian bisa sampai 20 turis dan bisa lebih dari satu jam. Semua maunya Euro, karena kalau US$ dihitung kurs beli (lebih murah). Para pengantri tidak dipanggil nomornya melalui loudspeaker, tapi ada tertera di kaca booth no antrian melalui display dan kita harus jeli melihat ke arah 4 booth jangan fokus hanya di depan antrian kita atau hanya satu booth saja.

Sebelum no giliran saya muncul, saya perhatikan no, urut di depan kaca booth kok pemegangnya ngak maju-maju, lalu saya panggil setengah berteriak no antriannya (bahasa Inggris) berkali-kali, mungkin pemegangnya tidak sadar atau hanya fokus pada booth di antriannya, karena tidak ada yang muncul no.urut tsb diganti no berikutnya. Ahirnya saya sadar pemilik no antrian yang saya panggil, berada di baris pertama dan di depannya masih ada turis yang sedang dilayani kasir, sedang saya di baris kedua dan no yang dipanggil (display) berada di barisan ketiga (loket 3) si pemilik no tsb (wanita turis dari China).

Karena si turis tsb berpikir sehabis ini pasti no berikutnya adalah no dia, karena mungkin dia tidak paham bahasa Inggris tak mengerti teriakan saya ketika no urutnya sudah muncul di kaca display. Setelah nomor nya lewat dia baru sadar, lalu pergi ke loket dan menunjukkan no urutnya, tapi tidak dilayani oleh kasir dan disuruh ambil no antrian baru. Ini dikarenakan computer di kasir sudah diganti dengan no berikutnya dan data-data dari nomornya mungkin sudah di’delete, karena tidak muncul waktu nomornya didisplay di kaca boothnya si kasir.

Jadi kesimpulan saya si wanita tidak mengambil tax refundnya, karena mungkin takut ketinggalan pesawat, karena menghilang dari antrian atau karena kesal/kecewa. Si kasir waktu saya ambil tax refund saya sebesar Euro 345,80; hanya diberikan 340.80 saya tanyakan dalam bahasa Inggris tapi dia enggan berbicara Inggris dan dijawab dalam bahasa Perancis yang saya tidak mengerti hanya terdengar komision-komision jadi saya pikir dipotong komisinya? Barangkali Euro 5. Minimum untuk mendapat tax refund Euro 175, seluruh belanjaan di Eropa receiptnya boleh dikumpulkan hingga mencapai Euro 175.

Tax refund di masing-masing negara Eropa berbeda-beda dan tertinggi waktu di Venice (Italy) 14%. Umumnya berkisar antara 10% sampai 14% Memang turis-turis asal China banyak sekali dan belanjaannya juga banyak-banyak, walaupun jarang yang bisa berbahasa Inggris.

Setelah selesai di tax refund counter langsung check in, tapi ruangan untuk check in ditutup untung hanya 30 menit, karena ada koper tertinggal tidak bertuan, jadi tunggu polisi bom squad untuk memeriksanya, dimana saat yang bersamaan ada juga pesawat dari negeri Timur Tengah yang akan berangkat dari Paris dan ternyata si penumpangnya salah masuk gate untuk check-in.

Demikianlah tujuan dan maksud dari artikel ini, siapa tahu bermanfaat bagi yang memerlukan, Uang kita tinggal ambil masuk saku (refund) tapi karena kurang paham jadi mubazir. Terima kasih suhu JC semoga artikel ini layak dimuat setelah diedit.

Salam dari ODB

 

7 Comments to "Free Tax Refund di Airport Charles De Gaulle (CDG) Paris"

  1. J C  2 December, 2013 at 05:24

    Oom ODB, kalau kami ke mana saja dan pulangnya mau tax refund, biasanya meluangkan waktu sampai di airport 3-4 jam lebih awal, untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang antre check in, imigrasi, tax refund, dsb…

  2. Lani  30 November, 2013 at 10:13

    ODB : trims, atas jawabannya………saya tdk pernah belanja habis minimum 175

  3. Ouw Djiam Biauw  30 November, 2013 at 10:05

    #1 Nia ,pasti turis cina lebih banyak notanya
    #2 Lani,minimum harus 175 baru bis dapat tax refundnya
    #3 Alvina memang bisa melalui mail,tapi kalau tak sampai siapa mau diclaim?kalau bisa cash kan lebih mudah dan kalau kurang bisa ditanyakan mungkin komisi atau juga ngak ada uang kecil/recehnya
    #4 Betul Hennie petugasnya tampangnya sangar dan ketus

  4. Hennie Triana Oberst  30 November, 2013 at 08:38

    Pak ODB, saya juga selalu ambil tax refund ini kalau memang ada.
    Ingat pertama kali waktu liburan sendiri jaman baru-baru selesai kuliah. Ngambilnya waktu itu di bandara Frankfurt. Deg-degan banget liat petugasnya, kesannya dingin..banget. Tapi mereka tidak banyak tanya, setelah melihat bukti dan barang yang saya beli. Lega rasanya.

  5. Alvina VB  30 November, 2013 at 00:18

    Oom ODB: Loh memangnya tax refund di Perancis gak ada yg bisa dikirim lewat mail kl gak sempet diambil langsung di airport? Di kebanyakan airport di Eropa ada 2 cara, satu bisa diambil langsung di bandara dan satunya lagi masukan kotak semua receipt beserta keterangan lengkap si pengunjung dlm envelop dan biasanya mail boxnya stl lewat duane; dan syarat utama hrs distamp sama duane semua receipt pembeliannya, kl gak ada stampnya gak akan dpt refund., begitu pengalaman saya. Mungkin ada perubahan baru lagi saat ini ya? Kok pake komisi segala ya, ini kan bukan money changer? yg ini saya gak pernah denger, selama ini saya kl minta tax refund gak ada potongan komisi, apa ini juga peraturan baru ya?

  6. Lani  29 November, 2013 at 13:39

    ODB : pertanyaan saya, klu nota belanjaannya melebihi dr 175 euro tdk diperbolehkan utk mendptkan refund? Apakah saya salah ngerti bacanya? Apakah klu kurang dr 175 tdk bs direfund? Bagaimana klu belanjanya mencapai 1000+? Mohon penjelasannya, otak saya hari ini bener2 lagi ngadat Om.

    Hotel Mercure di Paris, adl salah satu hotel yg diinapi penumpang sepesawat dgn saya, yg dibatalkan berangkat krn kerusakan tehnis ktk saya travel 2 bulan yl………..

    Penumpang disebar ke 5 htl di Paris, saya mendptkan Hilton Om………king size bed lagi, untung banget hahahah……..coba klu dibatalka seminggu sapa takut?????? Ditambah liburannya……….

  7. nia  29 November, 2013 at 12:03

    pengalaman saya agak beda dengan pengalaman oom ODB karena bandaranya juga beda walaupun sama-sama di Paris
    waktu itu saya claim refund tax di bandara Orly. counter yg buka hanya 2 dan antriannya 1 line.
    ke 2 counter itu sedang melayani 2 pasangan Indonesia. aduh proses mereka lamaaaa sekali. karena masing-masing bawa nota SEGEPOK! beneran segepok.
    Begitu mereka selesai antrian maju dengan cepat karena pada bawa nota dikit

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.