Menjadi Saksi The Jupiters

Osa Kurniawan Ilham

 

Balikpapan, pada tanggal 8 Desember 2013 pagi itu dipayungi awan hitam.  Berita yang kami baca di surat kabar lokal mengabarkan bahwa atraksi aerobatika The Jupiters akan dimulai jam 07h00, lalu berubah jam 08h00. Daripada bingung langsung saja saya tanya ke Tim Jupiter lewat twitter yang kemudian langsung membalas.

thejupiters (1)

Setiap Minggu pagi di Balikpapan adalah Car Free Day, terutama di daerah sekitar Lapangan Merdeka. Benar saja, ketika jam 07h00 kami tiba lapangan dan jalan-jalan sudah dipenuhi dengan begitu banyak orang. Anak-anak minta sarapan dulu sambil menunggu airshow dimulai. Ya sudahlah kami sarapan dulu di warung tenda yang banyak bertebaran di sekitar Lapangan Merdeka.

Langit semakin mendung, saya mulai kuatir jangan-jangan airshow ditunda. Kami mulai beranjak ke pantai ketika mendapat berita melalui twitter.

thejupiters (2)

Lalu muncul kembali pesan dari twitter berupa pengenalan aktor utama atraksi pagi ini. Tapi entah kenapa kok Jupiter-2 tidak dimunculkan di twitter, mungkin kelupaan. Tapi kemungkinan besar adalah Kapten Pnb Ridho “Mohawk” yang kemarin sempat berpose dengan anak-anak di depan pesawat tempurnya.

thejupiters (3)

thejupiters (4)

thejupiters (5)

thejupiters (6)

thejupiters (7)

Dan benar, seperti merpati yang tidak pernah ingkar janji The Jupiters pun memulai aksinya dengan berputar-putar selama lima menit, mungkin untuk pengenalan medan sambil menunggu mendung berlalu karena matahari mulai muncul dengan perlahan.

the-jupiters (1)

Sementara di darat, dari sebuah tenda yang didirikan sang narator mengumumkan bahwa atraksi akan dimulai. Gemuruh lagu rock bernuansa nasionalisme pun dikumandangkan menyambut dimulainya atraksi aerobatika kali ini. Dan…manuver pun dimulai.

the-jupiters (2)

Di atas adalah formasi sebelum mereka melintasi panggung sambil berguling-guling. Ini dinamakan manuver Jupiter Roll.

the-jupiters (3)

Formasi berubah lagi. Mereka sekarang membentuk formasi anak panah, mengikuti sang pemimpin.

the-jupiters (4)

Ini manuver yang menegangkan. Kedua pesawat bergerak mendekat seakan-akan saling menabrakkan diri sampai kemudian mereka melakukan rolling menghindar.

the-jupiters (5)

Di atas adalah manuver mirror. Nyaris sempurna. Saya bayangkan dalam pesawat yang di atas, darah pasti mengumpul di kepalanya.

the-jupiters (6)

Matahari mulai muncul kembali. Manuver berikutnya ditampilkan.

the-jupiters (7)

the-jupiters (8)

the-jupiters (9)

the-jupiters (10)

the-jupiters (11)

Sebenarnya manuvernya cukup banyak, salah satunya membentuk formasi hati (heart). Cuma saya putuskan untuk menikmatinya saja tanpa harus memotretnya.

Tidak terasa sudah hampir 30 menit. Narator di darat mengucapkan terima kasih atas perhatian para penonton Balikpapan yang luar biasa. The Jupiter pun kembali melintas ke panggung untuk mengucapkan selamat tinggal.

the-jupiters (12)

Dan pertunjukan aerobatika pun selesai sudah. Kami sangat puas dan bangga dengan penampilan mereka. Di sepanjang jalan anak-anak membicarakan atraksi yang baru saja mereka lihat. Memang sangat membanggakan tim Jupiter kita ini.

Tidak berapa lama mereka pun pamitan lewat twitter dan saya membalasnya sambil berpesan supaya tetap berhati-hati dalam misi mereka.

thejupiters (8)

Teman-teman Baltyran, demikianlah laporan pandangan mata kami terhadap pertunjukan aerobatika The Jupiters yang mereka lakukan di Balikpapan hari Minggu kemarin. Kalau ada yang ingin mengenal mereka, silakan lihat aksi mereka di link berikut ini.

Membanggakan, di tengah keterbatasan mereka tetap mampu memberikan yang terbaik. Mengesankan.

 

(Osa Kurniawan Ilham, Balikpapan, 9 Desember 2013)

 

21 Comments to "Menjadi Saksi The Jupiters"

  1. osa ki  30 December, 2013 at 10:57

    Pak Tjiptadinata. Terimakasih Pak.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.