Kiat Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif

Tjiptadinata Effendi

 

Bila Hidup diibaratkan dengan sebuah kapal, maka kita adalah nahkodanya

Betapapun hebatnya hasrat hati untuk melakukan suatu perubahan, selalu harus diawali dengan langkah pertama. Begitu juga kita ingin mewujudkan semua impian kita, menjadi suatu kenyataan, tapi kita tidak pernah melangkah, maka semuanya akan menjadi sebuah harapan kosong. Ibarat membangun rumah  di atas kertas

Berpikir itu baik, karena pikir itu pelita hati. Tetapi orang yang telalu banyak berpikir dan pertimbangan, biasanya tidak melakukan apapun di dalam hidupnya. Maka tidak heran, bila banyak sarjana menganggur, karena terlalu banyak berteori, tapi tidak memiliki keberanian untuk bertindak.

positive-thinking

Bila kita mau belajar, maka dengan melihat sekeliling, mata hati kita akan terbuka. Bahwa sebagian besar orang orang sukses di tanah air kita, bukanlah orang orang yang menyandang titel berlapis-lapis, melainkan orang-orang biasa, yang memiliki tekad yang luar biasa dan berani mengambil suatu keputusan dalam hidupnya. Setiap keputusan selalu mengandung dua hal: harapan dan kegagalan. Jadi ada resiko, tetapi kita harus berani mengambil resiko jika ingin maju.

Sebuah perahu yang berlayar di samudra harus siap untuk menghadapi badai dan gelombang, tapi untuk bisa sampai ke tempat tujuannya, resiko itu harus diambil. Perahu yang aman dari resiko adalah yang ditambatkan di demarga, tetapi semua orang normal pasti tahu, bahwa bukan untuk itu perahu dibuat.

Semua perubahan diawali dengan pikiran

Setiap perubahan selalu dimulai dari pikiran. Karena pikiran mendahului prilaku kita.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini, selalu diawali dari pikiran. Yang dulunya hanya sebuah impian, sekarang sudah menjadi suatu kenyataan. Kejadian ini akan terus berkelanjutan, selama dunia terkembang. Prinsipnya adalah: manusia itu membatasi dirinya sendiri, sesuai dengan apa yang dapat dijangkau oleh daya pikirnya. Apabila ia percaya ia bisa, maka ia akan mampu meraihnya. Sebaliknya bila seseorang percaya bahwa nasibnya memang harus jadi kuli, maka ia akan jadi kuli seumur hidupnya.

Hukum tabur tuai. Setiap orang menuai apa yang ditaburkannya. Yang tidak pernah menabur, jangan pernah harap akan menuai. Jika anda mengharapkan akan memenangkan undian atau lotere kehidupan, maka mungkin anda perlu hidup seribu tahun.

You are what you think. Anda akan menjadi seperti apa yang anda pikirkan. Sebuah ungkapan yang mungkin sudah dianggap kuno, tetapi tetap up to date untuk disimak dan dipraktekkan dalam hidup.

Bila seseorang berpikir bahwa ia akan gagal, maka kegagalan akan jadi miliknya. Sebaliknya bila ia berpikir ia akan sukses, maka kesuksesan akan datang. Bila kita berpikir akan jatuh sakit, maka hal itupun akan terjadi. Kekuatan pikiran akan menghadirkan apa saja yang kita yakini. Karena itu orang yang selalu mengisi hidupnya dengan keluh kesah dan yakin bahwa sakitnya tidak bisa tersembuhkan lagi, maka tidak akan ada lagi yang dapat menyelamatkannya, karena ia sudah memvonis dirinya sendiri.

Banyak orang yang tidak memahami kekuatan kekuatan yang ada dalam diri manusia,sejak diciptakan. Dan selalu berpikir: ”Ah,tidak mungkinlah saya bisa mencapai semuanya itu.”

Positivethinking

Nah andaikata, kita sudah terlanjur membiarkan pikiran negatif menguasai diri, sudah saatnya untuk mengubahnya, sekarang juga. Langkah awal adalah:

  • berhentilah berkeluh kesah
  • karena keluh kesah menunjukkan tidak adanya rasa percaya diri
  • mengekspresikan keputusasaan
  • keluh kesah menebarkan energi negatif kepada lingkungan kita/menciptakan keresahan
  • keluh kesah akan melunturkan rasa syukur dan pada akhirnya akan mengikisnya dari hati
  • ekspresi bahwa kita tidak antusias dalam menghadapi hidup

Ubahlah menjadi:

Saya diberikan akal budi dan kehendak bebas oleh Sang Pencipta, untuk dapat mengubah hidup saya. Saya yakin dapat mengubah kekurangan saya, menjadi sebuah kekuatan.

Jangan lupa, bahwa segala sesuatu yang besar, selalu diawali dengan sesuatu yang kecil. Orang mulai membangun gedung, selalu diawali dengan mendirikan fondasi. Tidak mungkin tiba-tiba ada bangunan, tanpa mengawali dengan fondasi.

Dengan mengubah cara kita berpikir, maka sikap mental kitapun ikut berubah. Perubahan pada sikap mental, baik langsung ataupun tidak, akan mengubah prilaku kita. Maka hidup kita juga akan berubah. Pilihan ada di tangan kita.. Mau berubah atau tidak, adalah sepenuh hak setiap orang.

Wollongong, 17 Desember,2013

Tjiptadinata Effendi

tjiptadinataeffendi

 

Note Redaksi:

Pak Tjiptadinata Effendi, selamat datang dan selamat bergabung di rumah kita bersama Baltyra. Make yourself at home ya…ditunggu artikel-artikel lainnya. Terima kasih Hennie Triana Oberst yang memperkenalkan Baltyra ke pak Effendi dan mengajak beliau ke Baltyra.

 

About Tjiptadinata Effendi

Seorang ayah dan suami yang baik. Menimba pengalaman hidup semenjak kecil. Pengalaman hidupnya yang bagai ombak lautan menempanya menjadi pribadi yang tangguh dan pengusaha sukses. Sekarang pensiun, bersama istri melanglang buana, melongok luasnya samudra dan benua sembari bersyukur atas pencapaiannya selama ini sekaligus menularkan keteladanan hidup kepada siapa saja yang mau menyimaknya melalui BALTYRA.com.

My Facebook Arsip Artikel

31 Comments to "Kiat Mengubah Pikiran Negatif Menjadi Positif"

  1. tjiptadinata effendi  27 December, 2013 at 15:29

    tips atau isi tulisan diatas seperti perabot tua yang sering tertindih oleh perhatian kita dari hal-hal yang booming dan trendy. Namun tak disadari oleh kita, perabot yang tua dan semakin tua itu, semakin langka dan menjadi mahal harganya.
    Pak Faiz,terima kasih sudah berkunjung,mohon maaf,agak terlambat saya datang menyambut . Terima kasih sudah memberikan apresiasinya,yang bagi saya akan menjadi motivasi,agar selalu menuis hal ha yang kiranya ada manfaatnya untu dibaca, salam hangat saya dari jauh.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.