[Oase Hidup Malaikat Kecil] Apa Maknanya?

Angela Januarti Kwee

 

Apa makna DP itu ya? Satu pertanyaan yang dilontarkan abang sepupuku melalui BBM, setelah dia melihat foto yang ku pajang. Aku kembali memperhatikan foto itu dan menjawab pertanyaannya. Suka saja lihatnya, aku yang foto. Aku sendiri ndak tahu artinya. Tapi kalau dilihat bagus. Sederhana. Dan dia tidak berkomentar lagi.

Aku memotret-nya saat mengajak dua ponakanku bermain di kebun. Aku duduk di kursi depan rumah dan mendapati sebuah sandal berdampingan dengan setangkai daun singkong yang tercecer di lantai. Bagus dan sederhana. Itu saja yang kupikirkan saat mengambil gambar.

maknahidup (1)

Malam hari sebelum tidur, aku membaca status BBM seorang teman yang belum lama ini kehilangan anak bungsunya. “Terus berusaha mencari arti dan mencerna dengan baik, arti dari kalimat ‘Tuhan takkan memberikan kita cobaan melebihi kemampuan kita’.” Aku bisa merasakan kesedihan yang dia rasakan. Lantas aku memandangi foto dia dan anak bungsunya yang tertawa bahagia. Aku sangat senang melihat senyum itu.

Apakah ini sebuah kerinduan? Aku bermimpi bertemu anaknya di dua tempat yang berbeda. Dia terlihat cantik, tetap ceria dan bermain layaknya anak kecil. Tak ada lagi rasa sakit yang harus dia alami, dalam perjuangan melawan penyakit leukemia. Dia sangat manja – memintaku memangku dan memeluknya dengan erat. Bahkan dalam mimpi aku bertutur pada seorang teman, saat dia melanjutkan bermain dan aku tetap bisa memperhatikannya “Dia terlihat bagai malaikat kecil.”

maknahidup (2)

Paginya, aku mengirim sms kepada temanku dan menceritakan mimpi tersebut. “Aku tidak tahu apa arti mimpi itu, tapi mungkin dia ingin mengatakan pada kakak, sekarang dia sangat bahagia dan baik-baik saja. Dia pasti juga ingin melihat mamanya bisa ceria dan bahagia sepertinya.” Temanku membalas sms dengan sebuah kalimat “Iya Angel. Makasih support-nya.” Aku tersenyum membaca sms-nya dan berdoa agar dia bisa melewati semua ini dengan baik.

 

About Angela Januarti Kwee

Tinggal di Sintang, Kalimantan Barat. Bersahaja namun sangat dalam memaknai kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan kemanusiaan, kebhinnekaan dan wujud Indonesia yang plural. Menembus batas benua dan samudra membagikan cerita kesehariannya melalui BALTYRA.com

My Facebook Arsip Artikel

6 Comments to "[Oase Hidup Malaikat Kecil] Apa Maknanya?"

  1. Angela Januarti  14 January, 2014 at 08:52

    Kak HennieTriana Oberst : Puji Tuhan kabarku sangat baik kakak. Semoga kakak dan keluarga juga selalu baik. Kebetulan hari ini sedang libur jadi aku menghabiskan waktu bersama keluargaku. Adikku sibuk siapin keperluan buat imlek. Kalau aku hanya bantu lihat saja. Hahaha

  2. HennieTriana Oberst  14 January, 2014 at 08:16

    Angela, tulisanmu membuat haru.
    Semoga kabarmu selalu baik-baik di sana ya.

  3. Angela Januarti  12 January, 2014 at 17:11

    Terima kasih James, Pak JC dan Kak Alvina. Aku juga sangat berharap support dan tulisan kecil ini bisa membuatnya kembali tersenyum. Aku rindu melihat senyum dan tawa lepas di wajah sahabatku ini.

  4. Alvina VB  10 January, 2014 at 04:13

    Terima kasih buat sharingnya Angel.
    Mungkin ini bisa menyejukan hati org2 yg ditinggal anaknya pergi:
    “Your children are not your children. They are the sons and daughters of the life’s longing for itself. They came through you but not from you and though they are with you yet they belong not to you.” (Khalil Gibran)

  5. J C  9 January, 2014 at 21:22

    Spiritual support’mu untuk teman sangat berarti, Angela…

  6. James  9 January, 2014 at 16:49

    SATOE, Oase Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.