Rehab di Bad Salzig (1)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO…. HALLO…. HALLO….

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. yang pertama di tahun 2014 ini. Dj. harap anda semua ada dalam keadaan sehat dan bahkan selalu dalamlindungan TUHAN Yang Maha Pengasih.

Perkenankan Dj. sebelumnya untuk meminta maaf yang sebesar-besarnya, karena 8 Minggu berhenti membikin oret-oretan seperti biasanya. Banyak halangan yang bisa menjadi alasan…. Hahahahahaha…!!!

Banyak dari anda yang mengenal Dj. yang mana tanggal 8 Januari lalu baru kembali dari Klinik, karena harus menjalani Rehabilitasi (rehab). Okay, belum juga 1 Minggu di Rehab, maka LapTop Dj. yang ada di pangkuan Dj. jatuh dan tidak bergerak lagi, alias rusak dan harus dikirim ke bangkel. Tadinya anak Dj. kira, kemungkinan hanya Harddisknya tergeser, ternyata benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki. Hanya ada satu jalan, harus beli hard ware yang baru.

Tapi…. semua program di dalam LapTop, semua hilang, rasanya ingin nangis, karena sudah begitu banyaknya programm yang ada di dalamnya. Nah ya, Live must go on dan tidak ada waktu untuk bersedih. Jelas, sedikit menyesal, karena entah berapa ribu foto di dalam album di LapTop, dari sejak 1975 yang Susi scan dan yang Dj. jepret dengan kamera Dj.

Sejak memiliki Nikon D40. D80. D700 sampai D4, semua hilang.

Puji TUHAN….!!! Daniel pernah menyimpan, tapi hanya sebahagian saja, karena apa yang dia anggap penting bagi dia, jadi tidak semuanya.

Okay….

Selama di Klinik, Dj. hanya bisa menengok Baltyra dengan iPad, yang mana untuk Dj. sangat menyita perhatian dan kesabaran. Karena harus nulis dengan Touch screen, pokoknya sangat melelahkan. Olehnya Dj. tidak bisa menengok Baltyra setiap saat, jujur karena malas menggunakan iPad.  Okay, sudah banyak alasan yang Dj. tulis,sekarang Dj. ingin berbagi cerita tentang Rehab, siapa tahu yu Lani dan mbak DA ingin daftar di Rehab… Hahahahaha….

Tanggal 20 November, Dj. mendapat tempat di Klinik di Bad Salzig. Ternyata Klinik ini untuk orang yang sakit cukup berat, Psychosomatis dan Onkology. Jadi untuk orang-orang yang sakit depresi dan juga orang-orang yang pernah dioperasi karena penyakit kanker. Jadi ada yang punya rasa takut, ini banyak macamnya. Takut karena gelap, takut karena ketinggian, takut ada di antara orang banyak, takut mati, takut kehilangan milik dsb..dsb….

Banyak orang yang setelah mengalami operasi kanker payudara, kanker darah, kanker tulang dsb…dsb… Tidak hanya orang-orang yang bekerja kasar saja, tapi ada pilot, insinyur, ya bahkan dokter dan banyak yang lain macamnya. Karena penyakit kanker, tidak membedakan siapa yang akan kena. Bisa setiap orang mendapatkan penyakit tersebut.

Lha Dj. sakit apa? Kok sampai masuk klinik di sana…??? Lho kalau sakit jantung, kok masuk ke sana…??? Ternyata karena Dj. sakit dan istirahat dokter terlalu lama, jadi asuransi sedikit heran. Nah ya, Dj. anggap untuk istirahat, tidak ada salahnya, bahkan boleh mengenal beberapa patients yang kemudian menjadi kenalan baik.

Hanya makan tidur dan sedikit ikuti program senam, pijet, seperti yang pernah Dj. ceritakan di saat Dj. Rehab tahun 2012 di Bad Säckingen. Setiap akhir pekan Susi dan anak-anak datang menengok.

http://baltyra.com/2012/05/01/reha-1/

http://baltyra.com/2012/05/08/reha-2/

http://baltyra.com/2012/05/15/reha-3/

http://baltyra.com/2012/05/22/reha-4-selesai/

Nah, kalau anda pernah baca Links di atas, maka Dj. tidak perlu certa lagi, bagaimana rehab kali ini, hampir sama saja. Hanya kali ini tempatnya di kampoeng yang benar-benar sangat kecil, hanya ada 3 toko, 2 Cafe dan beberapa Restaurant saja. Tapi posisinya sama, yaitu di pinggir sungai Rhein.

rehab1-01

Jelas, Kliniknya tidak tepat di pinggir sungai Rhein, tapi diatas bukit, jadi dari Klinik ke tepi sungai Rhein, mesti masih jalan sekitar 4 Km. Jadi setiap hari turun ke kampoeng 4 Km dan pulang naik 4 Km. jadi lumayan, sudah bergerak, walau tidak jogging, tapi kadang Nordicwalking.

Di bawah ini gedung Klinik. Kanan, tempat untuk tidur dan kiri ruangan untuk therapi.

rehab1-02

Bawah ruang makan dan atas, adalah kantor para dokter.

rehab1-03

Bangunan tempat kolam renang.

rehab1-04

Park/taman di belakang Klinik.

rehab1-05

rehab1-06

Saat Dj. masuk, udara masih sangat bagus dan pepohonan masih berwarna.

rehab1-07

Nah itu Klinik, dimana memang sengaja dipilih tempat yang sepi, tenang dan udara masih sangat bersih, agar patients bisa istirahat dengan tenang. Jadi bagi anda yang sudah terbiasa dengan hiruk pikuk Jakarta, pasti tidak akan betah di sana. Dj. sangat menikmatinya, karena di dalam klinik, selain therapi, juga banyak hiburan.

Seperti main Pingpong, Badminton, Basketball, Billyard dan juga ada Kegelbahn (semacam Bowling) , juga ruang untuk nonton fiilm, juga cafe untuk tempat istirahat bila setelah senam,bisa santai. Banyak juga patient yang bisa makan kueh dan minum kopi dengan melihat TV atau mendengarkan musik, atau baca buku.

Ini kenalan Dj. yang baru di Klinik, saat kami bertemu di Cafe, mereka sangat ramah dan banyak humor, walau tidak sebanyak seperti saat di Bad Sackingen.

rehab1-08

rehab1-09

Saat makan siang bersama, makanan bisa milih, ada 3 menu. Dua menu biasa (makanan normal) dan satu untuk mereka yang ingin diet (menurunkan berat badan).

rehab1-10

Ini paha bebek, dengan rot kraut (kohl merah) yang dibikin asam dan knödel (kentang parut yang direbus) bentuk seperti tennisbal. Hahahahahahahaha….!!! Setiap makan siang ada sop, ada alat dan setelah makan siang selalu ada buah atau puding, untuk cuci mulut.

rehab1-11

Okay, kita kembali ke Bad Salzig, Dj. ingin sedikit memperkenalkan Bad Salzig kepada anda semua. Walau kampoeng kecil, tapi Bad Salzig memiliki sejarah yang cukup mengagumkan. Kalau dari Klinik, Dj. turun ke kampoeng, sekitar 25 menit, sudah sampai di tepi sungai Rhein dan dapat melihat di atas bukit di seberang sungai Rhein, ada dua bekas bangunan tua.

rehab1-12

rehab1-13

rehab1-14

Yang satu putih.

rehab1-15

Dan yang satu orang bilang hitam.

rehab1-16

Saat Dj. akan naik KA ke kampoeng sebelah, dimana kata orang sedikit lebih besar dan banyak toko, bahkan ada citywalk nya. Sayang saat sampai di Station, KAnya baru berangkat dan harus nunggu 1 jam lagi.

Puji TUHAN…!!! Ada seorang bapak-bapak yang menghampiri Dj. dan bertanya, Dj. mau kemana…??? Akhirnya kami berkenalan, sungguh sangat menyenangkan, karena dia begitu sabar, walau banyak bertanya, darimana asal Dj. Kemudia dia bertanya, apa Dj. pernah mendengar certa tentang dua bangunan di atas sana. Karena Dj. jujur berkata “tidak”, maka si bapak mulai bercerita, sayang Dj. lupa nama yang dia sebut. Tapi intinya, itu bangunan bekas kerajaan, dimana seorang raja mempunyai 2 putra yang saling bertengkar, hingga mereka dewasa.

Olehnya, sang raja membikin dua istana untuk mereka, untuk memisahkan mereka agar tidak terjadi perang saudara. Tapai karena terlalu dekat, maka perang saudarapun tidak terelakkan, mereka berselisih sampai hari tua mereka.

Puji TUHAN…!!! Mereka memiliki seorang kakak perempuan yang selalu ingin mendamaikan mereka berdua. Dan pada masa tua mereka, kakak perempuannya berhasil mendamaikan mereka. Olehnya, di bawah kerajaan tersebut dan persis di pinggir sungai Rhein, kakaknya membangun satu biara, sebagai lambang perdamaian adik-adiknya. Sampai saat ini, biara ini masih utuh dan bahkan sangat terkenal, sebagai biara Kapuziner (yang mana biarawannya memekai jubah coklat dengan tutup kepala) .

rehab1-17

Nah …Okay… Dj. akan kembali ke Klinik lagi, setelah jalan rutin setiap hari mengelilingi Bad Salzig dan kadang ke kampoeng sebelah jalan kaki sekitar 1 jam 10 menit. Luumayan bisa dapat 6-7 Km.

rehab1-18

O ya….

Pada hari-hari antara Natal dan Tahun Baru, Susi bahkan boleh dengan gratis ikut tinggal di Klinik (hadiah dari Klinik)

rehab1-19

Menikmati pemandangan dengan air yang mengalir, bagaikan kehidupan kita yang selalu terus berjalan.

rehab1-20

rehab1-21

Walau bebatuan menghalangi perjalan kita, tapi kita tetap mengalir….. mengalir……. dan mengalir…

rehab1-22

Sampai tempat tujuan akhir

rehab1-23

Nah itu tadi sedikit awal cerita yang tertinggal, dimana Dj. Rehab selama 7 minggu di Bad Salzig. Semoga anda semua tidak menjadi bosan, minggu depan Dj. akan lebih banyak tampilkan dimana kami juga menikmati hiburan di Klinik.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia menayangkan oret-oretan Dj. dan anda semua, yang telah menanti oret-oretan Dj.

Mohon maaf, bila ada kata-kata yang tidak berkenan dan bisa jadi/mungkin oret-oretan ini tidak seperti yang anda tunggu.

 

Semoga Berkat dan Kasih TUHAN, selalu menaungi kita semuanya.

Salam manis dari Mainz yang sementara sudah cukup dingin.

 

Dj. 813

rehab1-24

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

59 Comments to "Rehab di Bad Salzig (1)"

  1. Lani  4 February, 2014 at 04:23

    MAS DJ : sdh aku balas balik………….

  2. Dj. 813  4 February, 2014 at 01:37

    Sudah Dj. balas Yu…

  3. Lani  4 February, 2014 at 00:38

    MAS DJ : aku kirim japri…….monggo ditiliki

  4. Dj. 813  24 January, 2014 at 13:52

    Hallo Mei….
    Selamat Pagi dari Mainz….
    Terimakasih sudah mampir….
    Dj. juga senang, bisa melihat Mei lagi…
    Hahahahahahahaha…..!!!

    Bagaimana Semarang, kaline banjir atau…???

    Salam manis dari Mainz….

  5. Nur Mberok  24 January, 2014 at 11:05

    Halooooooooooooooo kakang DJ..

    Senang bisa membaca tulisan dan cerita kakang lagi.

    Sehat dan ceria selalu….

    Salammmmm

  6. Dj. 813  23 January, 2014 at 03:26

    Hahahahahahaha….
    Sabar ya yu, sebentar lagi akan Dj. lihat.

  7. Lani  23 January, 2014 at 03:14

    MAS DJ : barusan aku japri………coba diliat jgn2 mblasuk di spam lagi

  8. Dj. 813  22 January, 2014 at 16:04

    Zume…
    Terimakasih sudah mencungul disini….
    Hahahahahahahaha….!!!
    Dj. jadi salah tingkah, ternyata ada yang menunggu Dj.
    Benar sekali, kali ini Dj. masuk Klinik 7 Minggu lebih dikit, memang cukup lama.
    Biasanya hanya 3 Minggu, kalaupun ditambah, hanya ditambah 1 Minggu saja.
    Ini sekaligus 5 Minggu dan ditambah 2 Minggu dan 2 hari.
    Tapi Dj. menikmatinya, karena tempat yang nyaman dan lingkungan yang baik.
    Masih ada lanjutannya, silahkan tunggu lagi…. hahahahahaha….!!!!

    Okay, salam manis dari Mainz.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *