Rehab di Bad Salzig (2)

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO ANDA SEMUA DI BALTYRA . . .

Kembali Dj. melalui oret-oretan ini, ingin sedikit bercerita tentang saat-saat rehab di Bad Salzig. Jelas kami tidak datang bersamaan, maka saat meninggalkan Klinikpun, setiap patient pun juga berbeda waktunya. Saat Dj. masuk, sudah ada yang 2 Minggu di sana atau bahkan lebih. Tapi yang duduk semeja makan dengan Dj. setiap hari, hanya selisih beberapa hari dan bahkan ada yang sama, waktu datangnya.

Sedikit perbedaan dengan di Bad Säckingen (tempat Rahab 2 tahun yang lalu), maka kami yang sudah lebih dari 2 Minggu, biasanya diberi tugas, untuk menjadi (Pate) pengasuh bagi mereka yang baru datang. Biasanya 1 orang atau paling banyak 2 orang, akan menjadi Pate untuk Patients yang baru datang. Bisa jadi ada antara 8 s/d 12 orang dan menjelaskan kepada mereka apa saja yang ada di Klinik.

Nah Patients yang sudah 2 Minggu di sana, sudah banyak mengenal situasi Klinik, sudah mengenal dimana tempat-tempat yang penting untuk mengikuti Therapi, atau ke labor untuk ambil darah, atau mau keruang senam a, b, c, atau ruang therapi yang lainnya, karena begitu banyaknya macam therapi.

Di mana ruang makan, kolam renang, di mana tempat fitness, wellness dan di mana ruang untuk hiburan, baik Billyard, Kegel maupun yang lainnya. Jadi patients yang sudah 2 Minggu di sana, mendapat tugas, untuk menjelaskan kepada yang baru, agar mereka tidak bingung dan bisa mengenal tempat-tempat tersebut. Dan bila mereka (patien baru) mendapat kesulitan, maka mereka bisa bertanya kepada yang bertugas.

Karena setiap patient akan mendapat buku program therapi setiap harinya, dari jam 8:00 s/d jam 14:00. Dan di mana tempat-tempat yang sangat penting, di mana kalau masuk, tangan harus dicuci dengan desinfektan (Alkohol), seperti masuk ruang makan.

Olehnya, satu pengalaman yang bagus, dimana Dj. juga jadi banyak kenalan. Jadi ini Klinik bukan untuk orang sakit yang hanya berbaring, semua patient, masih aktiv dan harus aktiv. Satu pengalaman yang lucu, kembali terdengar…

Setetalah mereka tahu, nama Dj. (Djoko), mereka selalu memanggil Dj. dengan sebutan Choco. (coklat). Baru beberapa hari, hampir semua orang di Klinik sudah kenal nama Dj., dimana-mana orang yang belum Dj. kenal, sudah memanggil, hallo Choco…Hahahahahahahaha….!!!

Bagaimana tidak ingin tertawa, bahkan tukang bersihin kamar, nanya ke Dj. apa benar namanya Choco…???Juga para dokter, sering guyon, belum pernah dengar nama yang cepat dikenal banyak orang, CHOCO…!!! Kalau Cacao, pernah dengar pemain sepak bola… Hahahahahaha….!!!

Di sini Dj. mendapat satu pengalaman yang indah, dimana Dj. berkenalan dengan seorang laki-laki buta sejak lahir. Namanya Christian, dia sangat cerdas dan kadang Dj. pikir….dia tahu benar apa yang sedang Dj. pikir. Kadang dia berkata, Choko… kamu boleh bertanya apa saja, saya tahu, kamu pasti penasaran. Matanya membuka, tapi dia benar-benar buta.

Nah ini saat kami ke kampoeng sebelah dan, dia mengundang Dj. untuk minum coklat susu di “Choco Bar” di Boppard. Dj. kaget, kok dia tahu nama itu Cafe, saat Dj. tanya, dia sudah sering ke sana dan kebetulan sama dengan nama Dj. dia bilang, siapa tahu kita dapat gratis… Hahahahaha….!!!

rehab2-01

rehab2-02

Ini kami di dalam Choco Bar.

Tersedia segala minuman dan makanan dari coklat

rehab2-03

rehab2-04

Perkenalan Dj. dengan Christian, sungguh membikin Dj. kaget. Saat Dj. masuk ke ruang Gymnastik, Dj. hanya berkata selamat siang semuanya. Kemudian Christian membalas, Hay… Choco… selamat siang …!!! Dj. kaget, darimana dia tahu, kalau Dj. yang datang. Saat kami di Cafe, Dj. banyak ngobrol dengan dia. Dia cerita, dia kerja di bagian personalia di satu perusahaan, dimana pegawainya cukup banyak. Dia kenal semuanya dari suara mereka yang datang dan kenal nama mereka semua, kalau mereka datang dan menyapa, selamat pagi Christian. Dia bilang, dia tahu benar siapa itu dan dia sapa dengan nama, bahkan beberapa dia kenal dari langkahnya. Hebat sekali…!!!

Satu saat dia ajak Dj. untuk nonton film. Pergi ke bioscoop…??? Nonton Film…???? Langsung Dj. bertanya… Christian, kan kamu tidak bisa melihat…??? Bagaimana mau nonton…??? Dia senyum dan berkata, benar saya tidak melihat, tapi saya belajar untuk bisa mengerti jalan ceritanya dan mengenal suara setiap pemain. Dan membayangkan apa yang terjadi. Maka Dj. semakin heran dan juga sekaligus terharu.

Dj. tidak tega melihat film bersama dia, Dj. yang akan jadi bingung sendiri…. Memang nonton juga bukan hobby Dj. selain buang uang, juga buang waktu. Hahahahahahahaha…..!!!

Saat dia makan kueh dan minum susu, Dj. perhatikan, pertama dia hanya meraba, kemudian dia makan seperti orang lain. Di sini Dj. belajar dari Christian, dia yang banyak Handicapnya, tidak putus asa dan dengan semangat menjalani hidup ini. Maka Dj. berkata dalam hati, Dj. harus bisa lebih dari Christian, dia adalah seorang motivator. Sayang banyak manusia yang buta hatinya walau melihat dengan mata, tapi hanya mau mengukur orang lain.

Sehingga kita sering menghakimi seeorang, tapi Christian buta mata, dia tidak buta hati dan tidak menghakimi orang lain, bahkan selalu senyum. Pernah Dj. tanya apa Christian punya pacar atau istri..??? Dia jawab, dia punya pacar dan sambil senyum dia berkata, kamu pasti ingin tahu, apa yang saya lakukan dengan pacar saya kan…??? Hahahahahahaha…. Sama dengan kamu juga Choko, bahkan mungkin lebih… Hahahahahahaha….!!!

Okay….

Di dalam Klinik sendiri, kami cukup banyak hiburan…Sayang Dj. sering malas keluar kamar kalau tidak begitu penting seperti therapi atau jalan kaki setiap hari, ini menjadi satu rutinitas Dj. di Klinik. Olehnya kalau ada teman yang duduk satu meja makan dan dia besok akan pulang ke rumah, maka malam sebelumnya kami rame-rame main kegel, acara perpisahan.

Kegel adalah semacam Bowling, hanya saja, hanya dengan 9 Pin yang diikat dan bolanya lebih kecil dari bola Bowling dan juga tanpa lobang. Memang sedikit aneh dan lucu, kalau belum pernah melihat dengan mata kepala sendiri.

rehab2-05

rehab2-06

Nah, salah seorang kenalan Dj. besok sudah akan pulang ke rumah, olehnya malam itu kami kompak main Kegel bersama. Tapi Dj. hanya ikutan gabung dan ambil foto, karena boyok Dj. masih terasa saakit, jadi lebih baik menghindari. Tapi ini hanya sebagai hiburan semata, dimana kami banyak bikin olah dan juga banyak tertawa. Ini saat masa Advent maka di Lobi Klinik dipajang juga gerobak Sinterklaas.

Ini kami berdelapan yang setiap hari makan bersama di satu meja, yang berdiri paling kiri, si pilot yang besoknya akan pulang.

rehab2-07

rehab2-08

Ini insinyur asal dari Russia (si Alex) yang suka humor, dia bawa sepatu, hanya karena salah satu dari kami punya Jokes, tentang sepatu. tapi hal ini tidak akan Dj. ceritakan di sini, karena sedikit jorok. Tapi kami semua orang dewassa, jadi untuk di Jerman tidak jadi masalah… Kami bahkan banyak tertawa olehnya…

rehab2-09

rehab2-10

rehab2-11

rehab2-12

Kami sudah seperti saudara, karena kemana-mana sering bersama. Kalau di Indonesia, seperti yang gendong itu, mungkin bisa diadukan ke suaminya, atau istrinya ya…. Hahahahahaha…!!! Yang kiri, sang pilot dan kanan tukang masak di Hotel. Setelah bikin ribut di Lobi, maka kami menuju ruang untuk Kegel.  Alex dan dia adalah yang banyak melawak di antara kami.

Yang membikin kami sering tertawa dari lelucon yang dia bikin dan tingkah lakunya, sungguh sangat menghibur. Pintu yang harus didorong, dia tarik-tarik, seolah tidak bisa dibuka….

rehab2-13

rehab2-14

Akhirnya permainan Kegel, dimulai….

rehab2-15

rehab2-16

rehab2-17

rehab2-18

rehab2-19

Walau umur sudah mendekati 60, tapi tetap gaya….

rehab2-20

Sekarang bagian Alex.

rehab2-21

Bolanya ke parit dan dia jatuh meluncur… Hahahahahaha…..

rehab2-22

rehab2-23

Ini dia Alex dengan tingkah lakunya yang selalu menghibur kami. Ini si Pilot yang besoknya akan pulang ke rumah, dia sampai mengeluarkan air mata, karena tidak pernah menyangka akan mendapat kenalan yang begitu dekat, bahkan dia bicara, dengan kakak adiknya yang dia sudah kenal sejak lahir, tidak demikian.

Dia menjadi gemuk, karena banyak makan obat.

rehab2-24

rehab2-25

Nah itu tadi sedikit cerita tentang salah satu hiburan kami di Klinik. Jadi tidak seperti yang banyak bayangkan, karena Dj. banyak menerima pertanyaan lewat HP. Kasihan banget, kok sampai masuk ke Rahabilitasi, sakit apa…??? Padahal yang di Klinik, malah banyak dimanja dengan banyaknya hiburan, juga fitness dan wellness.

Pernah ada kenalan yang sebenarnya tidak mau diperpanjang, karena dia ingin cepat kembali kerja. Dia cerita, bahwa direktor Klinik, sangat menyayangkan kalau tidak mau diperpanjang, karena ini projekt yang tidak murah, dimana 1 Minggunya memakan biaya lebih dari € 1000,- (Rp. 16.- jt. lebih). Kalau kita mau jujur, kapan anda bisa istirahat / liburan semewah ini…???

Nah ya, Dj. percaya ada maksud TUHAN yang baik untuk Dj., mengapa Dj. harus ada di sana saat itu. Jadi Dj. ambil hikmatnya saja dan menikmati fasilitas yang diediakan. Selain mendapat banyak kenalan, juga bisa melihat sendiri therapi yang disediakan dan cara penanganan kepada mereka yang punya penyakit bermacam-macam.

Okay…

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu menayangkan oret-oretan Dj. Dan anda semua yang selalu setia membaca dan memberikan komentar di oret-oretan Dj.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menyertai kita semuanya.

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

rehab2-26

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

41 Comments to "Rehab di Bad Salzig (2)"

  1. Dj. 813  3 February, 2014 at 17:17

    awesome Says:
    February 3rd, 2014 at 11:22

    untungnya pengalaman nemenin teman yg ditinggal ayahnya, kita ketawa-ketiwi heboh ga sampai kena marah ….. abis sudah cukup kasihan yg ditinggal stress, kamipun hanya bisa menemani sesaat, berusaha meniup sedikit awan gelap yang sudah membayangi teman ini ….

    menarik, betapa dia ditinggalkan ‘sahabat2′nya saat dirudung duka, dan saat itu hanya kami, teman2 lama yg bahkan sudah cukup lama nggak contact yang menemani dia. tapi dia sekarang kembali bersama ‘sahabat2′nya yang pernah menyingkir itu ….

    human …
    38
    awesome Says:
    February 3rd, 2014 at 11:02

    oh iya … lagi dingin ya …. lihat matahari + view cantik gitu selalu ga nahan dah … ngiler D
    ——————————————————————————

    Awesome….
    Terimakasih..
    Nah itu dia, namanya “kebaktian Penghiburan”, Dj. hibur malah kena marah… Hahahahahahaha….!!!
    Orang Indnesia suka kasih nama, tapi tidak sesuai dengan yang diinginkannya.
    Nah ya… Namanya manusia…
    Salammanis dari Mainz.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.