Chapman, Minuman Ciptaan King Henry?

Cechgentong

 

“Chapman ini adalah minuman ciptaan King Henry, Raja Inggris abad ke 18,” begitulah penjelasan pramusaji asal Fiji kepada kami. Sayapun hanya mengangguk-angguk saja walaupun tidak mengiyakan dan ora urus juga dengan penjelasan tersebut. Yang ada di pikiran adalah minuman chapman sangat menyegarkan dan nikmat setelah hunting foto di Port Denarau. Saya telah lama tahu dan sering mencicipinya setiap makan dengan menu apapun di restoran manapun di Fiji.

chapman-drink

Chapman (dok. cechgentong)

Berbeda dengan saya, rupanya Kawan Mays mempunyai ketertarikan informasi tentang minuman chapman sehingga terjadilah dialog antara pramusaji Nadina Authentic Fijian Restaurant dengan Kawan Mays. Kawan Mayspun mulai sibuk dengan buku dan pulpen untuk mencatat penjelasan pramusaji tersebut. Pada saat mereka asyik berdiskusi maka saya memutuskan untuk jalan-jalan sejenak sambil menikmati suasana Port Denarau yang terkenal tersebut. Sesekali dari kejauhan saya memperhatikan mereka berdua, tampak pramusaji pria dengan gaya gemah gemulai menunjukkan bahan-bahan campuran digunakan untuk membuat minuman chapman kepada Kawan Mays.

pramusaji

Pramusaji menunjukan angostura bitter (dok. cech)

Beberapa menit kemudian makanan pesanan kami tiba dan pasti chapman sebagai minuman segar yang menemani santapan sore hari yang indah tersebut. Perlu diketahui harga chapman di Fiji tidaklah mahal hanya 6 FJD (sekitar 36000 IDR). Mahal!!! Teriak Kawan Mays. Tidak bagi saya karena saya masih sanggup membayar kecuali tidak sanggup membayarnya baru dibilang mahal, begitulah penjelasanku dan kawan Mays hanya mengangguk-angguk kagum atau dongkol dengan kesombongan saya. Saya hanya mengatakan dalam hati Ora Urus hehehe.

Beberapa hari kemudian, kami bertemu minuman King Henry ini pada jamuan makan di sebuah restoran Jepang. Tetapi rasa minuman chapman yang dihidangkan berbeda dengan yang ada di Port Denarau. Mengapa bisa demikian? Terungkaplah semua hal tentang chapman.

Ketika sampai di rumah, saya meluangkan waktu sejenak untuk mencari tahu tentang minuman chapman di Google. Ternyata oh ternyata tidak seperti yang diceritakan oleh pramusaji di Port Denarau dan beberapa teman yang saya kenal. Minuman chapman bukanlah ciptaan King Henry tetapi minuman khas Nigeria (negara terbesar di western sub-Sahara) walaupun belum ada bukti secara otentik siapa gerangan yang menciptakan minuman ini.

Memang chapman dapat dikatakan sejenis cocktail tetapi yang membuatnya berbeda adalah chapman menggunakan Angostura Bitter. Chapman dengan campuran angostura bitter memberikan rasa khas, unik, ada aroma jeruk, tampilan yang menarik, dapat dikonsumsi segala umur dan memberikan efek segar pada saat udara panas.

Apakah mudah membuat chapman? Sebenarnya mudah membuat chapman di rumah asal ada kemauan. Kalau tidak ada kemauan mana mungkin jadi tuh chapman hehehe… Beberapa bahan campuran yang disiapkan adalah es batu secukupnya, sirup Grenadine atau sirup blackcurrant/cranberry untuk memberikan efek warna merah sebagai ciri khas minuman chapman, 350 ml Sprite atau 7 Up dingin untuk memberikan rasa soda, 350 ml jus orange dingin, 6 sendok makan Angostura Bitter dan 2 irisan ketimun/jeruk lemon. Bagaimana cara meramunya? Siapkan satu gelas minuman, masukan es batu ke dalam gelas hingga setengah gelas. Tuangkan 6 sendok Angostura Bitter, Sprite, jus jeruk, dan sirup Grenadine kemudian aduk dengan sendok hingga merata maka jadilah minuman chapman yang menyegarkan dan halal untuk dikonsumsi. Untuk lebih menarik penampilan maka letakkan irisan ketimun/jeruk lemon di bibir gelas.

Perlu diketahui ada juga minuman chapman yang mengandung alkohol karena dicampur dengan gin/rum (martini). Chapman beralkohol ini biasanya disajikan sebagai bagian budaya untuk interaksi sosial di beberapa negara termasuk Fiji.

Fiji sebagai negara kepulauan dengan cuaca tropis dan panas maka tidaklah mengherankan mungkin dahulu kala King Henry mengkonsumsinya dan menyajikannya sebagai minuman penyegar di siang hari kepada kepala-kepala suku di Fiji sebagai bentuk penghormatan sehingga dianggap sebagai penemu minuman chapman di Fiji hingga saat ini.

cechgentong-chapman

 Apapun makanannya, chapman minumannya (dok.cechgentong)

 

13 Comments to "Chapman, Minuman Ciptaan King Henry?"

  1. cechgentong  26 February, 2014 at 14:04

    Mbak Lani, segera coba mojito non alkohol nih hehehe

  2. cechgentong  26 February, 2014 at 14:03

    Pak DJ, pisgornya lupa difoto euy tapi tetap makanan utama hahaa

  3. cechgentong  26 February, 2014 at 14:02

    Mas Anoew. masih belum puas juga dengan kiriman siumoy sebelumnya hahaha

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *