Ulangtahun ke 80

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO SOBAT BALTYRA YANG BERBAHAGIA…

Salam jumpa dengan oret-oretan Dj. di hari Selasa.  ulangtahun yang ke 80….??? Benar, anda tidak salah baca judul di atas dan ini juga menjadi kebanggaan kami di Frankfurt dan sekitarnya, yang ditemani seorang saudara yang minggu lalu berumur 80 tahun. Jadi beliau adalah sesepuh kami di Frankfurt dan sekitarnya.

Anda bisa melihatnya sendiri di foto di bawah ini, Kakang Dewobroto yang masih sehat dan bahkan sangat gagah. Setiap hari masih menggenjot sepedanya keliling kota Frankfurt.

ultah80-01

Okay….

Hari Sabtu tanggal 1 Maret, sebenarnya kami sudah janji sama Dewi, akan ke Frankfurt. Karena seperti biasa, akhir bulan dia baru gajian, jadi ingin berbelanja sesuatu. Tapi ternyata kami dapat undangan untuk menghadiri pesta ulangtahun kakang Dewobroto yang juga di Frankfurt. Nah ya, sekali jalan jadi dua hal bisa diselesaikan.

Hari Sabtu pagi, kami ke kota Mainz, tapi karena undangan ke Frankfurt untuk makan siang bersama, jadi kami harus bangun pagi. Selain untuk cari hadiah, maka kami sekalian sarapan di Cafe di kota.

ultah80-02

Selesai sarapan dan membeli hadiah, maka kami kembali ke Stasiun KA di Mainz, untuk melanjutkan perjalanan ke Frankfurt. Ini adalah salah satu jalan yang paling okay, di samping harga karcis Mainz – Frankfurt untuk sampai 5 orang dan bisa dipakai seharian. Lebih murah daripada menggunakan mobil, yang mana mencari tempat parkir sudah sulit dan mahal.

Perjalanan dari Mainz ke Frankfurt dengan KA hanya memakan waktu 40 menit saja. Dan Restauran “Selera“, juga tidak jauh dengan Stasiun KA di Frankfurt.

ultah80-03

Okay, akhirnya kami sampai juga di tempat yang kami tuju. Ini kami foto bertiga bersama Kakang Dewobroto dan seorang saudara yang juga sudah cukup lama tinggal di Frankfurt. Kakang Dewobroto, di samping kegagahannya yang bisa anda perhatikan, beliau juga sengat sabar dan ramah terhadap sesama, entah siapapun, baik yang beliau kenal dan tidak kenal.

Kalau dibanding dengan Dj. yang 18 tahun lebih muda, maka di foto di bawah ini Dj. kelihatan lebih tua… Hahahahahahaha….!!!!

ultah80-04

Nah….ulangtahun beliau, dirayakan dalam suasana kekeluargaan. Sangat meriah, karena…. ya yang namanya orang tua-tua, yang dicerita adalah cerita masa lampau yang indah-indah dan kami diringi dengan gelak tawa. Kadang melebihi anak-anak muda…. Hahahahahahaha….!!!

ultah80-05

Hadir juga dalam pesta UlTah siang ini, ibu dan bapak Konsul Jendral di Frankfurt di Frankfurt.

ultah80-06

ultah80-07

Dan ini wajah-wajah saudara kami yang sudah cukup lama berdiam di Frankfurt, yang hadir saat itu, siapa tahu ada dari anda yang kenal tante atau Oom nya.

E. Rajaguguk dan yang di bawah ini sudah diatas 70 tahun, sudah seperti seorang kakak bagi kami (Susi dan Dj.)

ultah80-08

Bang Partogi Ritonga, seorang yang pendiam dan sangat kalem, sejak mudanya.

ultah80-09

Ibu Sarlin, dengan panggilan si Nenek, asal dari Timor.

ultah80-10

Julia Sondah, Ambon manise..

ultah80-11

Tibalah makanan disajikan dengan bemacam-macam menu. Beberapa piring besar makanan ringan, sebagai pembukaan.

ultah80-12

Setelah makanan ringan ludes…., keluarlah BBQ.

ultah80-13

Ada Ca kangkung yang sungguh sangat uenak…. hahahahahahaha…Maklum di Jerman tidak setiap bulan bisa makan kangkung.

ultah80-14

Ada juga masakan jamur dengan tahu, ada juga terong di dalamnya dan entah apa lagi…Nah di sini Dj. sangat sengsara, karena keceplus cabe rawit…. puedeeeeesss… bangeeet….!!!! Hahahahahahahaha….!!!

ultah80-15

Maaf, Dj. heran, kok bebeknya kelewatan difoto, mungkin saking enaknya…. hahahaahahaha….!!! Dan ini porsi Dj…. Sedikit ya…. ? Tapi tunggu dulu, ini hanya pembukaan kedua saja….Nambahnya 3X …. Hahahahahahaha….!!!

ultah80-16

Semua yang hadir makan dengan lahap sekali, entah uenak atau memang lapar ya…. Hahahahahahahaha….!!!

ultah80-17

ultah80-18

Masih sambil makan, ada yang meminta Kakang Dewo untuk mengangkat gelas Wine’nya, untuk mengucapkan selamat sekali lagi!!!

ultah80-19

ultah80-20

Kemudian keluarlah beraneka macam buah-buahan yang disajikan di atas meja.

ultah80-21

Tidak ketinggalan, kueh bikinan ibu Dewobroto yang sangat lezat (Bika Ambon) dan seperti biasa, ada dawet juga yang rasanya … Hhhhhhhmmmmmm……!!!!

ultah80-22

ultah80-23

Kemudian, keluar kueh ulangtahun dan kami semua serentak menyanyikan lagu “HAPPY BIRTHDAY “

ultah80-24

ultah80-25

Anda bisa lihat, di usia mereka yang sudah sepuh, tapi tetap romantis, ini yang membikin kami yang melihat, jadi iri…. Sungguh satu pemandangan yang sangat indah, bukan….???

ultah80-26

Kami melanjutkan dengan cerita (Jokes) yang lucu-lucu…Mungkin anda tidak percaya, kami yang sepuh-sepuh iini, kalau ngakak, melebihi yang muda-muda…Hahahahahahahahahahaha….!!! Sebelum kami meninggalkan tempat pesta, maka salah seorang meminta agar Kakang Dewobroto membuka hadiah.

Dj. sungguh sangat kagum, di usia 80 , tapi sangat lincah dan tidak menampakan saatu kekurangan apapun, bahkan sangat ceria.

ultah80-27

ultah80-28

ultah80-29

ultah80-30

ultah80-31

Okay….

Banyak sudah foto-foto yang Dj. pamerkan, semoga tidak membosankan…Mohon maaf, bila banyak kata-kata Dj. yang Dj. tulis di atas, kurang berkenan di hati anda semuanya.

Terimakasih kepada pengasuh Baltyra yang selalu setia, menayangkan oret-oretan Dj. Jelas, kepada anda semua, Dj. ucapkan banyak terimakasih, atas kesabaran dan perhatian anda semuanya.

Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya, sampai Maranatha TUHAN datang.

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

ultah80-32

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

47 Comments to "Ulangtahun ke 80"

  1. Dj. 813  18 March, 2014 at 16:59

    Awesome….
    Hahahahahahahahahahaha…..!!!
    Sudah berapa ember ilernya…..

    Terimaksih sudah mampir….
    Itu B`day cakenya bisa dibeli…. mana ada yang bikin sendiri….
    Makan waktu dan juga rumit.
    Tidak perlu bikin sendiri, bisa juga beli sendiri…
    Hahahahahahahahaha….!!!
    Salam manis dari Mainz.

  2. awesome  18 March, 2014 at 15:25

    mau resep b’day cake-nya …..
    akibat foto kelihatan sama tetangga. jadi pada ngiler rame2 …
    *jadi sedia kain pel di sini :p

  3. Dj. 813  10 March, 2014 at 03:19

    Liong….
    Maaf ya….
    Karena Dj. ebut Matahari dengan ibu, maka Dj. sebut sekalian Liong dengan bapak, biar fair.
    Hahahahahahahahahahaha…..!!!
    Masakan Dj. sebut ibu Matahari, kemudian untuk Liong, Dj. tidak sebat bapak, kan nanti merasa dibedakan.
    Nanti salah lagi…
    Lha kan apa saja yang Dj. tulis, selalu salah, walau Dj. nulis sudah mikir, bagaimana caranya agar orang lain kepancing….. Hahahahahahahahahaha….!!! ( Soory jokes )

    Okay Liong ( nah kalau sendirian gini Dj. sebut nama saja ), karena kita sudah kenal lama.
    jadi seperti biasa, kalau Dj. tulis bersama “ibu” Matahari Yang Terhirmat, maka Dj. gunakan “bapak” Liong.
    Hahahahahahahahahaha…..
    Okay, mau dimarahi lagi juga tidak masalah, dari pada di bilang pintar ngelak dan nanti keturunan ( cucu-cucu ) Dj. bisa ketularan.

    Liong…
    Jujur nih, yang jelas Dj. malah sangat senang dengan kritik atau sebenarnya untuk Dj. malah bukan kritik sih.
    Untuk Dj. apa yang ibu Matahari dan bapak Liong tulis, adalah satu perhatian yang sangat besar untuk Dj.
    Kalau tidak ada perhatian, mana mau nulis komentar. benar bukan…???
    Nah, oleh sebab itu Dj. sangat berterimakasih.
    Semoga Berkat TUHAN selalau menaungi “bapak” Liong dan “ibu” Matahari.

    Maaf Liong, apa yang Dj. tulis, jangan ditanggapi terlalu serius ya…

  4. Swan Liong Be  9 March, 2014 at 18:16

    Djoko, secara jujur ya, lha mbok jangan terlalu “merendahkan diri” atau humble gitu ah. Kita ini kan hanya mengeluarkan sekedar pendapat. Kalo misalya aku dikritik , kalo kritiknya plausibel/logisch ya aku trima dan mencoba memperbaiki diri/introspeksi ;kalo menurut aku kurang plausibel , ya aku coba meluruskannya atau cuek aja tapi jangan terus bilang ” Djoko hanya orang bodo yang sebenarnya bukan level anda……..dsb.” Sebab koment Djoko juga mengandung suatu synisme dalam interpretasiku, apalagi biasanya Djoko sebut saya dengan nama , eehh koq terus pake kata “Bapak Liong”. Tapi, Okaylah ini jugaq hanya sekedar mengeluarkan pendapat.

  5. Dj. 813  8 March, 2014 at 16:44

    Ibu Matahari….
    Bapak Liong….

    Anda berdua benar.
    Seperti ibu Matahari tulis, memang mungkin itu sifat Dj.
    Terimakasih bu….
    Dj. hanya orang bodo yang sebenarnya bukan level anda berdua.
    Jadi mohon di maafkan….
    Memang benar kata pepatah, semut diseberang lautan kelihatan, tapi gajah
    didepan mata tidak kelihata.
    Lha karena memanr terlalu dekat kan…. hahahahahahahahaha….!!!
    Maaf ini bukan mancing lho ya…. hanya menjaring saja…
    Hahahahahahahaha…!!!

    Molai hari ini, mumpung puasa, Dj. tidak akan seperti anda berdua katakan ( berdalih lagi )
    Terimakasih untuk perhatiannya yang sangat besar.
    TUHAN MEMBERKATI anda berdua.
    Salam manis dari Mainz.

  6. Swan Liong Be  8 March, 2014 at 15:09

    @Matahari: ada benernya memang, tapi kalo Djoko selalu bilang sbg. alasan “Mau mancing” itu kan sudah ketahuan kalo hanya alasan, bukan begitu Djoko? Sama aku Djoko juga bilang kalo aku tanya beberapa kali , Djoko sengaja tulis itu karena mau “mancing” supaya mencungul. It’s hard to believe it. Djoko , aku gunakan forum ini hanya sbg. forum small talk aja!

  7. Matahari  8 March, 2014 at 14:47

    saya akui pak Djoko sangat pintar berdalih hahahha apalagi kalau sudah ditanya oleh pak Swan Liong Be…ada saja alasannya untuk membalikkan pertanyaan…mungkin ini salah satu sifat pak Djoko….tapi jangan sering sering karena David sang cucu bisa ketularan lho hahahahahah

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *