[Oase Hidup Malaikat Kecil] 5th Invictus Award

Angela Januarti Kwee

 

Bulan Maret merupakan bulan yang sibuk, mengingat ada dua event besar yang akan dilaksanakan dalam bulan yang sama. Pertama adalah ulang tahun Credit Union Keling Kumang (CUKK) yang ke-21. Kedua, malam penghargaan untuk para aktivis CUKK yang kami terkenal dengan nama Invictus Award (IA). IA tahun 2014 ini dikemas secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tim kreatif dan panitia penyelenggara dipercayakan kepada seluruh aktivis head office dan beberapa aktivis dari kantor cabang. Kali ini, aku, Itoi dan Erna dipercaya sebagai seksi acara plus tim kreatif.  Kami diminta untuk membuat rangkaian acara dari awal hingga akhir.

Proses persiapan IA termasuk singkat, bila dihitung waktu efektifnya lebih kurang 2 minggu saja. Kami juga tetap harus membagi waktu untuk menyelesaikan deadline pekerjaan utama. Gelisah, sudah pasti. Bagi kami yang pemula, rasanya 2 minggu itu tidaklah maksimal. Kami harus berjuang untuk memastikan setiap rangkaian acara tidak membuat penonton bosan dan ingin pulang lebih cepat.

Bersyukur, Head of HRM (Human Resource Management) dan General Manager (GM) kami mendukung untuk memberikan pelatihan selama dua hari bagi 26 orang aktivis yang dipercaya membacakan nominasi. Kegiatan ini baru bisa kami laksanakan empat hari menjelang IA. Kami mengundang Kak Ria untuk melatih para aktivis agar lebih percaya diri untuk tampil di depan, berdialog dan memainkan peran masing-masing. Hal yang kucatat adalah Kak Ria selalu mengeluarkan kalimat positif dalam memberikan motivasi. Pada sesi terakhir, ia berpesan pada semua yang hadir agar tampil dengan sepenuh hati. Apapun hasilnya, yang penting sudah melakukan yang dipercayakan kepada kita dengan sepenuh hati. Melalui kegiatan ini juga, aku ditunjuk sebagai Stage Manager oleh teman-teman. Jujur saja, aku baru mendengar istilah ini pertama kali. Untunglah ada Kak Ria yang membantu menjelaskan tugas-tugasku sebagai Stage Manager.

invictusaward (1)

invictusaward (2)

H-1, kami mempersiapkan semua hal untuk gladi terakhir sebelum tampil. Aku salut kepada teman-teman yang tetap bertahan hingga pukul 02.00 pagi hingga gladi selesai. Termasuk GM kami yang terlibat dalam mengisi acara dan Head of HRM sebagai penanggungjawab acara. Masing-masing kami hanya tidur beberapa jam karena kegiatan esok akan dimulai dengan misa pukul 06.00 Wib dan dilanjutkan dengan pleno hingga pukul 16.00 Wib.

Persiapan acara IA dimulai  usai pleno. Para Kumang (sapaan untuk aktivis perempuan CUKK) harus di make-up sesuai dengan peran yang akan mereka bawakan. Sedangkan untuk para Keling (sapaan untuk aktivis laki-laki CUKK) tidak terlalu rumit. Mereka hanya perlu menggunakan kostum yang sudah ditentukan agar serasi dengan para Kumang. Para pembaca nominasi ini harus berkorban tidak melihat dan menikmati rangkaian acara, karena mereka tidak boleh keluar usai didandan dan menggunakan kostum masing-masing. Malam ini merekalah para bintang untuk acara IA.

invictusaward (3)

invictusaward (4)

invictusaward (5)

Pukul 18.50 Wib, lampu utama dimatikan dan terdengar lagu On the Floor Jennifer Lopez featuring Pitbull. Di awal acara kami memberikan kejutan MC wanita yang muncul ke panggung dengan membawakan tarian Dayak, serta GM yang membawakan lagu Tak Terkalahkan dari Bondan Prakoso featuring Fade to Black. GM tampil total layaknya seorang rocker. Seluruh penonton heboh dengan kejutan ini. Jarang-jarangkan ada GM yang mau didandan kayak begini. Hehehe…

invictusaward (6)

invictusaward (7)

Saat masuk sesi acara nominasi, giliran 13 pasangan Keling Kumang yang tampil dengan memukau. Ada yang menjadi Vickinisasi, Zaskia Ghotic, Syahrini, Abang None Jakarte, Penyanyi, Penari dll.  Aku sampai speechless melihat mereka tampil dengan sepenuh hati.

invictusaward (8)

invictusaward (9)

invictusaward (10)

invictusaward (11)

Pada penghujung acara, kami memutarkan video perjuangan aktivis mulai masa Sekolah Penggodokan Aktivis (SPA) hingga kondisi lapangan yang selalu kami hadapi. Sebagai penyemangat lainnya, Hera tampil membawakan lagu You Raise Me Up Josh Groban dalam suasana hening menjelang tengah malam. Di sambung dengan lagu Semangat Baru dari Ello dkk dimana seluruh pendukung acara tampil ke atas panggung untuk menyanyikannya bersama-sama. Kejutan lain adalah kami menyalakan lilin bertuliskan I LOVE CUKK di lapangan badminton dan mengarahkan masa untuk menuju lapangan. Acara IA ditutup dengan perenungan perjalanan CUKK hingga usia 21 tahun dan pesta kembang api.

invictusaward (12)

invictusaward (13)

invictusaward (14)

invictusaward (15)

Mengalami semua ini membuatku teringat akan dua hukum yang kubaca dari buku The 17 Indisputable Laws of Teamwork – John C. Maxwell yaitu Hukum Kondisi Keseluruhan dan Hukum Tempat yang Tepat. Dalam Hukum Kondisi Keseluruhan diungkapkan bahwa setiap orang dalam tim memiliki peranan dan setiap peranan memberikan kontribusi pada kondisi keseluruhan. Selanjutnya dalam Hukum Tempat yang Tepat, dikatakan hal besar terjadi ketika semua pemain dalam tim itu menjalankan peranan yang memaksimalkan kekuatan, bakat, keahlian, dan pengalaman mereka. Aku telah melihat dan mengalami sendiri contoh kedua hukum tersebut pada tim yang terlibat dalam menyukseskan 5th Invictus Award.

invictusaward (16)

invictusaward (17)

Hal yang kulakukan keesokan harinya adalah mencatat komentar-komentar tentang pelaksanaan IA sebagai evaluasi acara. Aku bersyukur ada banyak tanggapan positif dari undangan dan aktivis CUKK yang hadir.

Beberapa komentar yang masuk :

“Mantap jel, kalian hebat.”

“Invictus Award kali ini wowwww.”

“Kalian luar biasa.”

“5th Invictus Award CU Keling Kumang di Tapang Sambas, luar biasa.”

“Siapa kira, di desa kecil bernama Tapang Sambas (± 300 KM dari Pontianak) pukul 23.00 jelang tengah malam, akan mendengarkan lantunan lagu ‘You Raise Me Up’. Dilantunkan oleh seorang Kumang aktivis Credit Union Keling Kumang.”

Terima kasih kepada seluruh tim yang bekerja keras untuk menyukseskan 5th Invictus Award. Semakin semangat dan kreatif! INVICTUS!

invictusaward (18)

(Kiri ke kanan : Didiana, Angela, Iluth, Tini, Ona, Berta, Shinta, Ani, Lusy, Bina, Devi, Linda, E.Erna, Erna PM, Hera, Titin, Weni, Desi, Emi)

 

invictusaward (19)

(Kiri ke kanan : Melki, Suber, Ngadian, Higang,  Rekat, Oha, Yuki, Robby, Edy.Depan :Valent, Itoi, Loho, Sudi, Bonny, Ucok)

-AJ.020187-

 

About Angela Januarti Kwee

Tinggal di Sintang, Kalimantan Barat. Bersahaja namun sangat dalam memaknai kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan kemanusiaan, kebhinnekaan dan wujud Indonesia yang plural. Menembus batas benua dan samudra membagikan cerita kesehariannya melalui BALTYRA.com

My Facebook Arsip Artikel

10 Comments to "[Oase Hidup Malaikat Kecil] 5th Invictus Award"

  1. Angela Januarti  8 April, 2014 at 19:20

    Kak iluth : Makasih untuk partisipasinya. Penampilan kakak dan Robby memberikan warna tersendiri. Apalagi lagu yang di arr ulang itu keren banget.
    Makasih juga karena sudah nemani aku cari gaunnya. Kapan-kapan hunting bareng lagi ya
    Jadi ingat komentar Bonny saat acara “Baru lihat stage manager pakai gaun dan high heels.” Harus tetap cantik meski di belakang panggung. Hehehe

  2. iluth  8 April, 2014 at 17:28

    nice article gel,sukses ya….trimakasi ya utk menage yg baik sbagai stage menager,biarpun qmi gak liat acara nya dr awal sampai baca nominasi,tp qmi rela demi sukses ny acra IA…senang bsa berpatisipasi…mdh2n tahun dpn qta bsa dpt fresh idea utk acra IA…

    btw…angel cantik dgn balutan gaun berwarna peach….stage menager cantik dan elegan…biarpun pke gaun tp di tangan gak lepas tu walky talky..jd kerennn…hehehe….

  3. Angela Januarti  8 April, 2014 at 12:40

    Pak JC, Pak Han, Pak DJ dan Kak Dewi Aichi: Terima kasih

    Kak valeria : Terima kasih untuk 2 hari yang sangat menginspirasi kami, untuk memberikan yang terbaik dalam IA 2014.

    Adek Jusef : Terima kasih sudah berpartisipasi ya, dek. Kalian keren!

    Kak Alvina VB: Kalau pembentukan kepanitiaan seingatku akhir Feb 2014. Tapi proses persiapannya lebih kurang 2 minggu sebelum IA berlangsung. Seperti yang kuceritakan di atas.

  4. Dewi Aichi  8 April, 2014 at 02:31

    Angela..kreatif dan spektakular ….selamat..dan salut untuk acaranya..

  5. Dj. 813  7 April, 2014 at 23:31

    Angel….

    Terimakasih, satu hal yang sangat istimewa yang terlukis
    di foto-foto yang sangat indah….
    Walau 300 Km dari Pontianak, tapi tetap meriah dan sukses.
    Selamat…!!!
    Salam manis dari Mainz….

  6. Alvina VB  7 April, 2014 at 20:59

    Thank you for sharing, Angel. Mantep sekali, pasti persiapannya sudah dari jauh2 hari ya? Sukses selalu utk di thn y.a.d.!

  7. jusef s.  7 April, 2014 at 20:16

    Wow.. it’s fantastic baby ..u make it life, ce … thanks to give me a chance for joined this ceremony.. i’m so proud!!!!

  8. valeria  7 April, 2014 at 18:58

    Angeeel… Sampai terharu..merinding liat postinganmu.. Foto2 itu udh “berbicara” bahwa kalian semua org2 “hebat” dan “smart”.. Tdk salah kalian yg dipilih dlm IA 2014 ini! Bangga bs kenal dan ketmu kalian.. Termasuk kamu! Dr awal ketemu kk udh liat kamu orgnya cepat tanggap..maka kk yakin kamu bs bantu meng-handle kegiatan ini.. Dan ternyta feeling kk benar! Ure great!! Awesome!! Love u angel! Salam invictus!!

  9. Handoko Widagdo  7 April, 2014 at 13:02

    Selamat untuk teman-teman Keling dan Kumang ya Angel.

  10. J C  7 April, 2014 at 11:11

    Wuiiiihhh…acara yang sangat apik dan menarik, Angela. Mantap sekali acara-acara seperti ini. Jadi ingat duluuuuuu masa-masa aku sering jadi panitia acara di kampus…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.