Alergi

Djoko Paisan – Mainz, Jerman

 

HALLO BALTYRAER . . . .

Musim semi telah tiba, banyak orang bersuka cita, karena musim dingin telah lewat. Udara mulai sejuk, suhu mulai naik dan hangat bisa dirasakan di mana-mana.

Banyak dahan yang mengeluarkan kuncup daun baru.

alergi-spring01

Orang jalan-jalan ada yang jogging di tepi sungai Rhein….

alergi-spring02

Lalu…. apa hubungannya dengan alergi…??? Benar sekali, hal ini sangat banyak hubungannya. Saat-saat ini sangat banyak serbuk bunga yang berterbangan di mana-mana, ya bahkan bisa jadi masuk dalam rumah. Bisa jadi serbuk bunga yang berterbangan, akan sangat menyengsarakan manusia. rang Jerman, menyebut alergi ini, dengan nama “Heuschnupfen“ atau juga “Pollenalergie”

Beberapa tahun yang lalu, baru Dj. rasakan akan hal ini, padahal hidup di Eropa, sudah begitu lama. Tapi masih bisa kena juga. Bisa anda lihat, betapa cantiknya pohon Chery yang sedang berbunga.

alergi-spring03

alergi-spring04

Tapi anda juga bisa lihat, apa yang ada di bawah pohon Chery ini….

alergi-spring05

Dan ini hanya kelopak bunganya, tapi serbuknya mungkin sudah terbang ke mana-mana…Demikian juga dengan bunga kuning ini, yang serbuknya sangat berbahaya…

alergi-spring06

Alergi serbuk bunga, bisa bermacam-macam penyebabnya, bisa jadi seseorang arelgi dengan serbuk bunga “A” yang lain “B” dan orang lain serbuk bunga “C” atau yang lainnya.

alergi-spring07

Ini sekedar gambaran, nama-nama pohon yang bunganya cukup berbahaya, bagi penyandang alergi serbuk bunga. Kanan adalah akibatnya (Alergie) nya. Sebelah kiri nama pohon, seperti Erle, Pappel, Birke, Ahorn, Hasel dan masih banyak lagi. Sebelah kanan… Batuk, mata perih, gatal-gatal, dimata dan hidung, Bersin dan hidung meler.

alergi-spring08

Seperti Dj. mulai beberapa tahun ini, alergi dengan serbuk bunga “BIRKE” (Betula)

alergi-spring09

Alergi ini sangat mengganggu, karena serbuk yang berterbangan, bisa mendarat di mata, sehingga mata bisa sangat gatel dan menjadi merah. Bisa masuk lewat hidung (pernapasan), sehingga hidung meler terus dan sangat gatel. Ke 3. dengan lewat pernapasan, maka tidak hanya hidung yang gatel, tapi dan mengakibatkan batuk-batuk.

Pokoknya sengsara sekali, apalagi malam saaat akan tidur. Nah… lalu bagaimana cara mengatasinya….??? Yang paling cepat, ya pergi ke dokter dan minta disuntik dengan Cortison, pasti tok cer, besok sudah sembuh. Tapiiiiii….Siapa yang mau, setiap tahun, pada musim semi, disuntik dengan cortison ???

Ada cara lain lagi, kalau keluar rumah, pakai masker dan kacamata renang. Hal ini sangat manjur, karena tidak ada serbuk bunga yang akan masuk ke mata atau hidung, tapi kan kelihatan lucu…. hahahahahahaha….!!!

Yang ke 3, yaitu memakai obat kombinasi, yaitu obat tetes mata dan semprot hidung dan pil anti alergi. Obat ini bisa dibeli di Apotheke, tanpa rezept dokter, tapi juga tidak murah, karena asuransi kesehatan tidak akan bayar. Dan dengan sabar, menunggu sembuh, walau mungkin memakan waktu 1-2 Minggu baru sembuh, itupun kalau sembuh…Malah banyak orang yang tidak sabar menanggung derita alergi ini, toch akhirnya ke dokter dan minta untuk disuntik cortison.

Sungguh sangat menyengsarakan, bila seseorang telah terkena alergi ini.

http://www.stern.de/video-center/?vid=2099405

Bisa jadi, dengan lamanya alergi ini, karena terganggu ppernapasannya, maka seseorang bisa mendapat penyakit Astma yang akut. Nah ya, yang namanya sakit, mana ada yang enak ya…. tapi kalau seharian batuk, hidung gatel dan meler, mana masih juga batuk….??? Ini yang membikin orang cepat tidak sabar dan menjadi agresif.

Burung merpati ini tidak punya takut dengan alergi serbuk bunga, malah jalan-jalan di antara bunga-bunga…

alergi-spring10

alergi-spring11

Bagi penderita Pollen alergie ini, akan sangat menolong, bila hujan turun, dengan demikian tidak ada serbuk bunga yang berterbangan.  Dj. jujur tidak tahu, apakah Pollenalergi ini hanya ada di Eropa saja, atau juga di Amerika atau Australia atau bahkan di Asia…???

Mungkin Baltyraer yang hidup di benua selain Eropa,bisa sedikit bercerita.

Terimakasih untuk perhatian anda semuanya, juga kepada pengasuh Baltyra. Semoga oret-oretan yang singkat kali ini, tidak membosankan. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan.  Semoga Kasih dan Berkat TUHAN, selalu menaungi kita semuanya dan kita boleh hidup sehat.

 

Salam manis dari Mainz.

Dj. 813

alergi-spring12

 

About Djoko Paisan

Berasal dari Semarang. Sejak muda merantau ke mana-mana, Bandung dan Sulawesi dirambahnya. Benua Eropa adalah tempatnya berlabuh setelah bertemu dengan pendampingnya di Jerman. Dikaruniai 2 putra dan 1 putri, serta 3 cucu. Keluarga besar Paisan bergaung ke dunia melalui BALTYRA.

My Facebook Arsip Artikel Website

36 Comments to "Alergi"

  1. Dj. 813  24 April, 2014 at 02:05

    Terimakasih untuk semua jempolnya yang sudah ditinggalkan.
    TUHAN MEMBERKATI . . .

  2. Dj. 813  16 April, 2014 at 17:43

    Hallo Linda….
    Hatur Nuhun Linda….
    Benar sekalai, dimana daya tahan tubuh kita kuat, maka kita akan jarang sakit.
    Disitulah kuni dari kesehatan hidup kita…
    Untuk itu, diperlukan gerak badan yang rutine….
    Okay…. semoga sehat selalu.
    Salam manis dari Mainz…

  3. Linda Cheang  16 April, 2014 at 05:00

    Aku juga punya alergi terhadap kotoran Tungau. Tapi aku nggak bisa berbuat banyak karena Tungau (serangga pemakan debu) ada di mana-mana di manapun di dunia ini, bahkan di kulit kita sekalipun.

    Jadi, obatnya hanya 1 : memperkuat daya tahan tubuh terhadap alergi. Itu aja, Oom Dj.

  4. Dj. 813  16 April, 2014 at 02:23

    Alvina VB 16 April, 2014 at 00:18

    Mas DJ, memang kl musim semi, banyak pollen (serbuk kembang) bertebaran di mana-mana dan banyak org yg alergi. Untungnya di kel. gak ada yg alergi sama pollen, ttp anak saya alergi sama peanut. Gak ngerti kenapa padahal saya dan suami sama2 suka makan peanut; jadi kl makan peanut anak saya musti gak ada di tempat.
    ———————————————————

    Hallo Alviina…
    Terimakasih sudah mampir….
    Bersyukurlah, kalau dalam keluarga alvina tidak ada yang alergie dengan serbuk bunga….
    Hampir sama dengan putra Alvina, Dj. pernah di diaknose alergi peanut.
    Karena pernah makan kebab, tahunya seluruh tubuh bentol-bentol dan gatel sekali. Ke dokter dan langsung disuntik kortison.
    Tidak sampai 3 menit langsung hilang….
    Kemudian harus ke Rumah Sakit untuk test alergie.
    Beberapa hari kemudian, hasilnya bilang kalau Dj. alergie peanut.
    Kami heran, karena Dj. memang tukang makan kacang.
    Setelah itu Dj. tetap makan kacang dan tidak pernah ada alergie.
    Dj. coba makan kebab lagi dan kambuh lagi.
    Nah saat di tempat dimana Dj.ngarit, Dj. makan salat dengan Joguhrt dressing. Taunya kambuh lagi.
    Beberapa hari kemudian Dj. makan kebab tanpa Joguhrt dressing, ternyata aman…
    Jadi Dj. tahu, Dj. alergie Joguhrt dressing…. hahahahahaha….!!!
    Sampai sekarang Dj. tetap makan Kebab dan juga kacang dan tidak pernah kambuh. Semoga tidak akan kambuh lagi.

    Okay Alvina, salam manis dari Mainz dan semoga sehat selalu ya.

  5. Alvina VB  16 April, 2014 at 00:18

    Mas DJ, memang kl musim semi, banyak pollen (serbuk kembang) bertebaran di mana-mana dan banyak org yg alergi. Untungnya di kel. gak ada yg alergi sama pollen, ttp anak saya alergi sama peanut. Gak ngerti kenapa padahal saya dan suami sama2 suka makan peanut; jadi kl makan peanut anak saya musti gak ada di tempat.

  6. Dj. 813  15 April, 2014 at 22:28

    Terimakasih Hennie….
    Puji TUHAN…!!!
    Turut senang, kalau suami tidak harus menderita deengan bersin dan
    gatal dimata atau bahkan batuk-batuk…
    Semoga sehat selalu ya…
    Cium sayang untuk Chiara, dari opa Dj. ya….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *