Belaian Eksotis Danau Sentarum

Christiana Budi

 

Tulisan ini sebenarnya tulisan lama dan kunjungan saya ke danau ini pada akhir tahun 2012. Tulisan ini juga untuk kakakku Handoko Widagdo yang belum sempat menjenguk keindahan Danau Sentarum, semoga lain waktu Koh Han bisa berkunjung.

Danau Sentarum merupakan danau di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu-Kalimantan Barat, yang berjarak 700 km dari Pontianak Ibukota propinsi Kalimantan Barat. Kawasan ini terdiri dari 7 kecamatan di kabupaten Kapuas hulu, dan sudah dekat dengan perbatasan wilayah Malaysia-Sarawak.

danau-sentarum (1)

Danau Sentarum menurut aku merupakan danau yang indah, eksotis, seksi dan sekaligus menyimpan misteri. Dari keindahannya yang sungguh memukau namun menyimpan misteri yang menakutkan karena ketenangan air danau bisa dengan tiba-tiba berubah seratus delapan puluh derajat ombak yang datang tiba-tiba dan besar yang dapat menenggelamkan motor boat. Kondisi landscape yang hampir seragam hutan bakau dan penuh kelokan sungai-sungainya akan membuat orang tersesat. Namun di luar itu kembali kita percaya semua ciptaan Tuhan baik adanya.

danau-sentarum (2)

Karena takjub akan keindahannya saya mau menulis dari mana sempat bingung…speechless, terbungkam… sungguh indah…

 

Transportasi

Untuk mencapai Danau Sentarum bisa ada beberapa jalan dengan titik awalnya adalah dari Pontianak. Pertama jalan darat dapat ditempuh dari Pontianak-Sintang-Putusibau-Lanjak yang akan ditempuh dengan mobil 19-20 jam perjalanan darat, namun jalan Pontianak-Sintang mempunyai ruas jalan yang cukup off road memacu adrenalin untuk digoncang-goncang.

danau-sentarum (3)

Kedua menggunakan pesawat udara Kalstar dari Pontianak-Sintang (ditempuh dalam 35 menit) kemudian dilanjutkan jalan darat sekitar 12 jam Sintang-Putusibau-Lanjak.

danau-sentarum (4)

Ketiga, dari Pontianak-Putusibau dengan menggunakan pesawat udara Kalstar (ditempuh dalam waktu 55 menit) kemudian dilanjutkan dengan jalan darat Putusibau-Lanjak selama 3-4 Jam.

Perjalanan memang membutuhkan perjuangan namun semua akan dibayar dengan keindahan danau yang eksotis namun cukup mempunyai mistery dan mistis yang hanya masyarakat sekitar yang tahu. Walaupun jalan darat cukup melelahkan kita bisa menikmati indahnya alam selama perjalanan.

 

Keistimewaan Danau Sentarum

Banyak keistimewaan dari Danau Sentarum antara lain pemandangan alam yang berbeda saat musim kemarau dan penghujan, kampung nelayan, indahya pemandangan sunset di danau, flora dan fauna, budaya etnis dayak memukau, dan masih banyak lagi yang bisa dieksplor, dalam tulisan ini hanya menyajikan beberapa saja.

Danau Sentarum dapat dikunjungi pada dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Karena masing-masing mempunyai keindahan yang sangat berbeda. Saat sekarang ini saya hanya mengunjungi waktu Danau Sentarum pada musim penghujan namun ada teman yang baik hati berbagi foto dan cerita keindahan Danau Sentarum di musim kemarau (semoga saya bisa mengunjungi saat danau sedang kering). Di bawah ini adalah contoh kondisi Pulau Melayu salah satu dari pulau yang ada di Danau Sentarum di saat musim kemarau dan musim penghujan.

danau-sentarum (5)

danau-sentarum (6)

Untuk menuju Pulau Melayu kita bisa menggunakan speedboat yang bisa disewa sekitar 800 ribu sampai dengan satu juta, atau menggunakan sepeda motor jika musim kemarau. Di pulau melayu ada sebuah makam yang ditandai dengan sebuah batu yang selalu dikunjungi orang di wilayah danau tersebut. Ada kepercayaan jika kita menaruh batang kayu kecil dan jika kita menaruhnya beberapa saat ditancapkan di sekitar batu panjangnya akan bertambah jika orang tersebut akan beruntung.

danau-sentarum (7)

Danau Sentarum termasuk salah satu wilayah sebagai taman nasional yang mulai mengeliat dan dilirik oleh wisatawan dan juga pemerintah karena wilayah yang cukup strategis dengan perbatasan negara tetangga. Hal lain yang menjadi ciri khas dari danau ini adalah sekeliling danau ditumbuhi oleh tanaman bakau.

danau-sentarum (8)

danau-sentarum (9)

Danau Sentarum dikelilingi danau danau kecil yang biasa disebut danau luar dan danau dalam. Menurut cerita teman-teman dan masyarakat di sini danau luar akan mengering ketika musim kemarau dan aliran air akan membentuk anak sungai seperti saluran besar yang akan mengalir ke sungai Kapuas dan di saat itulah musim ikan datang.

Untuk menikmati indahnya Danau Sentarum dari ketinggian kita bisa mengunjungi research centre di pulau Tekenang, kita akan mendaki Bukit Tekenang dan akan disajikan oleh indahnya pemandangan dari Danau Sentarum. Foto-foto berikut ini adalah pemandangan yang bisa kita nikmati dari ketinggian.

danau-sentarum (10)

danau-sentarum (11)

danau-sentarum (12)

danau-sentarum (13)

danau-sentarum (14)

danau-sentarum (15)

danau-sentarum (16)

danau-sentarum (17)

danau-sentarum (18)

 

Kampung Nelayan

Di Danau Sentarum ada kampung yang sering disebut kampung nelayan karena akan dihuni jika danau mulai surut dan mereka mulai beraktivitas untuk mencari ikan, ikan akan sangat banyak ketika musim kemarau. Ikan akan berada masuk ke dalam anak-anak sungai, dan inilah keuntungan dari banyaknya hutan bakau yang menjaga populasi ikan tetap ada sebagai ekosistem yang menunjang kehidupan ikan.

Berikut adalah foto-foto kampung nelayan di wilayah Danau Sentarum.

danau-sentarum (19)

danau-sentarum (20)

Kondisi kampung nelayan pada saat musim kemarau

 

Selain keindahan dimanjakan dengan keindahan alam, Danau Sentarum merupakan surga dari flora dan fauna hutan hujan tropis. Beragam tumbuhan yang eksotis seperti anggrek hitam, anggrek liar, kantung semar dll mendiami kawasan taman nasional Danau Sentarum. Selain tumbuhan ada banyak binatang yang menambah keindahan Danau Sentarum seperti burung rangkong, buaya, ikan arwana merah, lebah madu dll. Namun sayang saya tidak berkesempatan untuk melihat binatang-binatang dan tumbuhan yang cukup langka tersebut karena memang membutuhkan hari khusus untuk mengexplorenya. Hanya bunga bunga liar namun indah yang tumbuh di sekitar danau yang dapat terlihat seperti gambar di bawah ini.

danau-sentarum (21)

danau-sentarum (22)

Ketika senja pemandangan di Danau Sentarum akan semakin membelai mata untuk menikmati, sungguh indah ciptaan Tuhan. Berikut adalah foto saat senja di Danau Sentarum.

danau-sentarum (23)

danau-sentarum (24)

Masih banyak lagi keindahan-keindahan yang dapat dinikmati jika akan ditulis tidak akan pernah ada habisnya. Mengunjungi Danau Sentarum merupakan pengalaman yang indah dan tak akan pernah terlupakan. Indonesia memang kaya raya, satu lagi wilayah wisata yang mempunyai nilai jual tinggi dimata international.

danau-sentarum (25)

danau-sentarum (26)

Salam dari danau setarum yang indah
Perjalanan Desember 2012, Kapuas Hulu
Christiana Budi

 

15 Comments to "Belaian Eksotis Danau Sentarum"

  1. probo  10 May, 2014 at 09:30

    bagus banget….

  2. Anoew  6 May, 2014 at 18:01

    K
    E
    R
    E
    N

  3. HennieTriana Oberst  5 May, 2014 at 09:17

    Bagus banget…..

  4. Wiwit Arianti  1 May, 2014 at 20:22

    Subhanallah….cantik banget mbak, semoga suatu hari nanti aku bisa mengunjunginya.

  5. J C  25 April, 2014 at 07:08

    Christiana Budi, luar biasa indah Kalimantan! Eksplorasi keindahan Nusantara memang tak akan pernah habis.

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.