[Oase Hidup Malaikat Kecil] Pra RAT Puskhat

Angela Januarti Kwee

 

Usai melaksanakan berbagai kegiatan internal CU Keling Kumang (CUKK). Aku dan beberapa teman tim mulai disibukkan untuk persiapan perlombaan dalam Pra Rapat Anggota Tahunan Puskopdit Khatulistiwa (RAT Puskhat). Aku dan Itoi akan mewakili CUKK dalam lomba Public Speaking kategori putra dan putri. Empat belas teman lainnya mengikuti perlombaan Mars Credit Union (CU).

Dipercaya mewakili lembaga bukan sesuatu yang gampang. Aku merasakan ada beban di pundak yang cukup berat. Harapannya tentu bisa menjadi pemenang. Bermodalkan pengalaman, info dari buku dan internet, saran-saran orang terdekat dan coaching selama 2 hari bersama Pak Surjo. Aku optimis bisa menampilkan yang terbaik. Aku mempersiapkan slide, membuat video dan berlatih melakukan presentasi sejak awal bulan Maret. Pemantapan dilakukan satu minggu sebelum perlombaan. Dalam persiapan ini, aku mendapatkan banyak dukungan semangat dan doa dari orang-orang yang kukenal. Terkadang, kata-kata sederhana dan candaan seperti dibawah ini mampu memompa semangatku untuk terus berjuang dan tidak putus asa:

“Kamu pasti bisa, Ngel.”

“Harus menang ya!”

“Kalau bisa dapat uang 5 juta, ngapain kasi orang lain.”

“Kalau menang, 10%-nya untukku ya.”

“Kalau menang, traktir kami ya!”

OHMK-PraRAT (1)

(Seleksi dan coaching public speaking tingkat CUKK bersama Pak Surjo dari LA Learning Jakarta)

Malam tanggal 9 April 2014, kami berangkat menuju Pontianak menggunakan bis dan tiba sekitar pukul 5.30 Wib esok harinya. Kesibukan di Kota Pontianak pada pagi hari sudah terlihat. Terlebih di pasar Mawar yang letaknya tidak jauh dari kantor kami. Setahun tidak berkunjung, membuatku tidak terlalu terbiasa. Bisa dibilang, aku lebih senang suasana di Sintang.

Pada sore hari, kami check in ke Hotel Kapuas Palace dan bersiap mengikuti gladi untuk perlombaan besok pagi. Aku berkenalan dengan para kontestan lomba dari enam CU lain. Kesempatan ini kugunakan untuk mendalami karakter masing-masing kontestan. Aku harus tahu kekuatan sainganku dalam pertandingan besok. Saat gladi, kami melakukan pencabutan undi untuk nomor urut. Aku bersyukur mendapatkan nomor urut 4. Posisi ini memungkinkanku melihat tiga peserta yang lebih dulu tampil. Penampilan mereka bisa menjadi acuan untuk tampil lebih baik.

Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba. Pukul 08.20 Wib (running sheet), MC memanggil kontestan sesuai nomor urut. Dalam ketegangan menunggu giliran, aku membaca status teman-teman dan menerima sms yang memberikan semangat:

@Diyai : Semangattt Angelll. Semoga menang ya, aku mengagumi performa mu. Keren. Mantafff.

@YA.Kamitus : Semoga sukses ….

@Inang : Ayo engel, kamu bisa …. J

@Lusy : Semoga sukses.

@Lina : Good luck ce buat lomba Public Speaking-nya.

@Desi : Doa buat kak angel. Moga menang.

@Irin : Semangat juga buat kak angel.

@HRM : Selamat bertanding. Semoga menang.

Jujur, aku sangat bahagia dikelilingi orang-orang yang terus mendukung dan mendoakanku. Aku bertekad menjadi pemenang dan tidak mengecewakan mereka. Aku tampil selama 14 menit dari waktu 15 menit yang diberikan untuk masing-masing kontestan. Aku memutarkan video singkat berdurasi 2 menit 2 detik untuk mempertegas materi yang aku bawakan. Usai penampilanku, teman-teman kembali membuat status dan mengirimkan BBM padaku.

OHMK-PraRAT (2)

@General Manager : Peserta CUKK to be number one.

@Bina : CUKK Januarti kamu luar biasa. Kayaknya 5 juta sudah ditangan J

@Betty : Diantara semua kontestan u paling sweet ;)

@Ona : Public Speaking you are the winner anggel.

@Tuti : CUKK Kak Enjel.

@Sika : Dari smile-nya aja yakin kak angel pasti juara

OHMK-PraRAT (3)

(Para kontestan putri, Dewan juri, Ketua Puskhat, Manager Puskhat dan panitia)

Jadi ingat kutipan dari William Shakespeare: “Aku tidak bisa menjawab dengan kata lain selain terima kasih, dan terima kasih.” J

…..

Sekarang giliran Itoi yang tampil dalam lomba public speaking putra. Itoi mendapatkan nomor urut 5 dari 8 kontestan. Saat ia maju kedepan, kami memberikan tepuk tangan yang meriah. Semua status BBM kami berubah untuk mendukungnya. Itoi tampil dengan sangat memukau. Kami semua optimis ia akan memenangkan perlombaan.

OHMK-PraRAT (4)

OHMK-PraRAT (5)

(Para kontestan putra, Dewan juri, Ketua Puskhat, Manager Puskhat, Perwakilan dari Inkopdit Jakarta dan panitia)

Malam hari, kami mengikuti acara launching buku Kiat Mengelola Credit Union karangan Munaldus, Yuspita Karlena dan Herlina yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. Acara ini dihadiri oleh perwakilan 9 CU Primer dibawah naungan PUSKHAT dan tamu-tamu undangan, termasuk Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Barat – Drs. Ignasius IK, SH,M.Si.

Kami juga disuguhi perlombaan Mars dari masing-masing CU. Untuk perlombaan ini CUKK tampil sebagai kontestan pertama. Empat belas aktivis CUKK tampil percaya diri dengan suara sopran, alto dan tenor.

OHMK-PraRAT (6)

Acara puncak yang paling ditunggu adalah pengumuman pemenang lomba. Kategori lomba public speaking putra dan putri dimenangkan oleh CUKK sebagai juara pertama. Sedangkan lomba Mars, CUKK mendapatkan juara ketiga. Inilah hasil kerja keras dan kerja sama tim CUKK. INVICTUS!

OHMK-PraRAT (7)

OHMK-PraRAT (8)

OHMK-PraRAT (9)

*Ucapan terima kasih untuk Bapa yang sudah mengabulkan permohonanku (ini kado yang indah sebelum Paskah), Keluarga tercinta, Pengurus, Pengawas dan seluruh Aktivis CUKK, Pak Surjo dan tim LA Learning, Panitia Puskhat, Rm. Agus, Dewan Juri (Pastor William Chang, A.M. Lilik Agung, Alex Rudatin), teman-teman aktivis CU lain dan tiap kalian yang terus mendukung dan mendoakanku.

I love you!

Keseruan acaranya juga bisa dilihat di :

-AJ.020187-

 

About Angela Januarti Kwee

Tinggal di Sintang, Kalimantan Barat. Bersahaja namun sangat dalam memaknai kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan kemanusiaan, kebhinnekaan dan wujud Indonesia yang plural. Menembus batas benua dan samudra membagikan cerita kesehariannya melalui BALTYRA.com

My Facebook Arsip Artikel

5 Comments to "[Oase Hidup Malaikat Kecil] Pra RAT Puskhat"

  1. Dj. 813  16 May, 2014 at 22:09

    Hallo Angel….
    Selamat untuk keberhasilnya….
    Salut…!!!
    Salam manis dari Mainz.

  2. J C  16 May, 2014 at 16:02

    Angela, wah, kiprahmu dari hari ke hari semakin ciamik dan mantap…

  3. Angela Januarti  16 May, 2014 at 13:36

    James dan Kak Alvina VB, terima kasih

  4. Alvina VB  16 May, 2014 at 11:49

    Congrats Angel!!!

  5. James  16 May, 2014 at 10:42

    1 …….Oase Hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.