[Menu Ndeso] Kluban

Esti Kristiyaningsih

 

Menu ndeso, adalah menu-menu yang umumnya ditemukan di kampung-kampung. Bahannya banyak ada di sekitar kita, murah meriah dan yang jelas ngangenin, tapi sekarang menu ndeso naik pamor loh, soalnya banyak resto yang menyajikan menu ndeso. Di artikel ini aku mau berbagi satu resep menu ndeso dari daerahku yaitu Purwokerto, salah satunya ini nih, klubanan daerah wetan nyebutnya gudangan, bahasa kerennya urap/salad jawa. cara buatnya gampang banget tinggal kita kukus ato rebus aja sayuran yang kita inginkan.

kluban-gudangan-urap

KLUBAN

1 ikat tlada/slada air
1 bks toge
1 ikat lembayung (daun kacang panjang yang masih muda)
1 ikat daun singkong
timun
kecombrang
semua sayur di rebus di air yang benar-benar mendidih, jangan kelamaan yaa biar ga item, istilah di tempatku itu di lerab (di rebus tapi sebentar aja).

 

Untuk bumbunya:

1/2 butir kelapa yang muda bukan degan yaa hehehe ( yang semrundeng/ dawegan wareg) diparut
5 cabe rawit
5 cabe merah
3 bawang merah
2 bawang putih
2 ruas kencur
terasi sedikit
gula
garam
daun salam
1 gelas air
haluskan semua bumbu kecuali daun salam, lalu masak sampe air susut. Penyelesaian, ambil sayuran, siram bumbu di atasnya dan diurab-urab sampe tercampur rata, hmm…enak apalagi kalo ditemenin sama mendoan waahh..bakalan nambah terus deh…
tunggu menu ndeso selanjutnya yaaa….

 

Note Redaksi:

Esti Kristiyaningsih, terima kasih sudah memutuskan bergabung menulis di BALTYRA.com, setelah sekian lama menjadi pembaca. Terima kasih juga kepada pak Djoko Paisan yang mendorong dan menyemangati Esti untuk menulis di BALTYRA. Ditunggu terus artikel-artikel lainnya, baik artikel serial ‘menu ndeso’ ini ataupun artikel lainnya.

 

About Esti Kristiyaningsih

Asli Purwokerto, saya ibu rumah tangga biasa yang punya hobi masak dan bikin kue, juga hobi baca, saya ibu dari si kembar Arya dan Naya.

My Facebook Arsip Artikel

19 Comments to "[Menu Ndeso] Kluban"

  1. Juwandi Ahmad  27 May, 2014 at 22:28

    kluban kalau tempat saya, namanya kulup, selalau ada dalam acara kenduri.

  2. Lani  27 May, 2014 at 11:04

    ESTI K : ora ming sak-tampah………..tp saben dino wakakakak………ojo kaget ketekan tamu plg nggragasssssss sak ndonya!

  3. Ivana  27 May, 2014 at 09:31

    Ini saya kenal dgn nama urap2 Saya biasa minta mama bikin bumbu kelapanya buat dibawa balik. Jadi saya tinggal rebus sayuran hehehe…

  4. esti kristiyaningsih  27 May, 2014 at 05:26

    @yu Lani: beereeeeeeeeeeeeeeessssss yuuuuu, jajanan pasare setampah sisan hehehe…

  5. Lani  26 May, 2014 at 23:49

    ESTI K : emoh klu cm disodori gambare thok……….mengko nek mudik tak luruk sampai ke PURWOKERTO……….sediakan klubanan komplit sekalian selametan pie????? Ditambah karo jajanan pasar ben komplit……….

  6. Lani  26 May, 2014 at 23:47

    DA : hadoh sodara kenthirku tercinta malah ngomporin : MEGONO……MANA SEGO MEGONO………aku baca sambil meringis………karo ngecessss dan nangis gero2……….jian kebangeten! Jd ingat makan sego megono ditemani dgn gereh pethek……..tempe glepung…….wis setan lewat kg dipedulikan! Anane ming enak dan wuenaaaaaaaaak……..ya beginilah ilat jowo kkkkkkkk

  7. esti kristiyaningsih  26 May, 2014 at 19:04

    @mbak Hennie: hai mbak Hennie, iya nih di provokatori ma pak Djoko Paisan hehehe…iya mbak enak banget di masak ubi tumbuk, aku aja sampe ketagihan di temenin sambel ijo dan ikan asap ya mbaaa yuummii..

  8. HennieTriana Oberst  26 May, 2014 at 17:24

    Esti, akhirnya…. Selamat bergabung di sini ya.
    Aku penggemar Menu Ndeso juga, lebih enak.
    Kecombrang itu langka lho. Aku membayangkan kecombrang dimasak dengan daun singkong dan rimbang (sayur daun ubi tumbuk, sebutannya hehehe..).
    Terima kasih resepnya ya.

  9. J C  26 May, 2014 at 16:30

    Oh ya, Esti, tulung dikirim oret-oretan singkat “About Me” supaya bisa ditempel di bagian bawah artikel ya…suwuuunnn…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *