Reality Bites (3)

Yang Mulia Enief Adhara

 

Bebek memang umum di Surabaya, harga pun tidak semahal di Jakarta. Warung Bebek Tengil di Jalan Wiyung No 27 A salah satu yang pantas dicoba. Di sini tersedia aneka menu penyetan mulai Bebek, Ayam, Empal, Paru, Usus, Udang, Tempe, Terong dan Tahu. Harga mulai IDR 1000 hingga IDR 19.000 (Menu Paket).

reality-bites3 (1)

Bebek Gorengnya sangat empuk, moist di dalam dan di luarnya garing. Artinya Bebek ini digoreng dengan baik dan benar. Sebagai pendamping disajikan Sambal Pencit Kedondong yang rasanya bikin lupa diri. Sedikit rasa asam dan pedas seolah memberi sensasi saat di dalam mulut. Warung ini buka setiap hari mulai jam 10.00 Am hingga 10.00 Pm.

******

Sate mungkin semua orang sudah tahu ya? Tapi Sate yang satu ini very unique! Sate Kelopo Ondomohen di Jalan Ondomohen (Dekat Jalan Taman Surya) Sate Ayam atau Sate Kambing dibumbui sedemikian rupa dengan parutan Kelapa. Lalu dibakar dan saat disajikan lagi-lagi bumbunya ditaburi parutan kelapa. Rasanya lezat dan unik. Sate Ayam berdaging padat dan berwarna coklat terang sangat menggugah selera.

reality-bites3 (2)

Sate Kambingnya empuk dan jelas saat menyantap Sate ini ada parutan kelapa yang disangrai ikut melengkapi sensasi di dalam mulut, enak banged! Rumah Makan ini tidak memiliki cabang di manapun, jadi hanya inilah Sate Kelopo yang asli. Harga IDR 20.000 sudah termasuk Nasi, murah walau sudah sangat terkenal.

reality-bites3 (3)

******

Di Jalan Kayoon 10 A, ada RM Kayun nah di situ ada Ice Cream Potong yang enak banged. Pilih yang Vanila…

Kacang Mede. Kacangnya disangrai lalu ditumbuk kasar dan dicampurkan dengan adonan es. Rasa yang renyah dengan aroma khas kacang panggang menyatu dengan rasa ice cream yang manisnya pas.

reality-bites3 (4)

*****

Di Jalan Wiyung Menganti No 117 ada Depot Bang Jali yang tempatnya kecil tapi bersih. Di sana tersedia aneka masakan penyet mulai Ikan Mujair, Lele, Barakuda, Pe, Dorang, Asin, Tengiri, Wader, Gurame, Udang, Bebek, Ayam, Tempe, Terong dan sejenisnya.Harga mulai IDR 1000 hingga IDR 15.000.

reality-bites3 (5)

Minumannya ada Es Jeruk Nipis, Es Hitam Putih (Cincao), Teh Susu, Teh, Sirop dan sejenisnya. Harga mulai IDR 1000 hingga IDR 8000. Aku mencoba Ikan Pe Penyet. Dan ini kesan yang aku dapat, garing di luar tapi dalamnya lembut, untuk rasa sambalnya enak dan fresh. Lagi lagi makan enak nggak harus mahalkan?

*****

Di Jalan Kelampis Ngasem No 43 yang agak nyempil kita akan bertemu Warung Bebek Hitam dengan Sambal Macan dan Krengsengan. Disebut Bebek Hitam karena memang hitam, tapi soal rasa? Wah ini juara banged. Bumbu meresap dan bebek renyah.

reality-bites3 (6)

Sambalnya enak banged, sambal bawang mentah yang diberi sedikit jelantah. Krengsengannya asli enak banged deh. Harga IDR 12.000 dengan kelezatan yang optimal, Wareg to the max.

*****

Bakso Bakar JL Golf 1 salah satu yang pantas dicoba. Bakso yang eksis sejak tahun 2000 ini dibakar lalu disajikan dengan bumbu kacang. Isinya 3 tusuk.

reality-bites3 (7)

Satu mangkok bakso tetelan dengan bihun dan tahu sudah pasti menjadi pasangan untuk satu porsi Bakso Bakar. Cukup IDR 9000 saja untuk rasa yang mantab ini berikut porsi yang lebih dari cukup. Pesan juga Es Campur IDR 5000 tapi uenak rek!!!

reality-bites3 (8)

*****

Di Jalan Kutai No 80, ada Omah Pecel Mediunan. Pecelnya nikmat dan ada kembang turi-nya. Kembang turi sudah langka, rasanya sedikit pahit tapi mantab. Seporsi dihargai IDR 7000.

reality-bites3 (9)

******

Di kawasan Sukodono – Sidoarjo ada Warung Bakso Solo yang murah meriah enak. Baksonya campuran Daging Cincang Kasar dan Kikil yang maknyus. Kaldunya bening namun gurih dan baksonya empuk. Bisa ditambah lontong bila suka dan ini makin meningkatkan rasa nikmat. Semangkok + lontong dihargai IDR 7000 semangkok.

reality-bites3 (10)

******

Never judge a book by it’s cover sangat berlaku dalam Dunia Kuliner. Nah Sambal Asap di Jalan Ngelom kawasan Sepanjang ini dari luar sangat tidak menarik. Tapi saat kita menikmati aneka hidangan Penyetan, Sambal yang mendampingi bukan Sambal biasa. Sambal ini melalui proses pengasapan sebelum diulek. Rasanya hanya satu, pedas! Tidak ada pilihan.

Jijik lihat lalat? Nggak suka makan di Warung? Biasa hidup serba selektif? Jangan datang ke sini! Tapi bagi para pecinta kuliner sejati, selamat datang di Surga Makanan. Berpakaian santai terus doyan pedas dan nggak takut timbangan bubar itu syarat mutlak.

reality-bites3 (11)

Lokasinya yang kecil ternyata bagai bongkahan berlian. Di sinilah Sambal Asap berada. Hidangan serba Ikan dan Ayam. Ikan Kerapu Asap, Ikan Panggang, Ikan Pe, Ikan gurami, Ikan Mujair, Ikan Baronang dan beberpa jenis ikan lainnya bisa dicoba di sini. Terong, Lalap Daun Ubi, Tempe, Tahu dan lalapan lainnya nampak sangat menggoda. Nah aku akan ceritain ya?

reality-bites3 (12)

Sambal Asap bukan sekedar nama, jadi proses adalah Tomat, Cabai, Bawang dan sebagainya diasap. Setelah itu cabai diulek terpisah dan tomat serta pengikutnya juga diulek secara terpisah. Adonan menjadi 2 yaitu cabai dan tomat cs. Di adonan tomat dimasukan minyak jelantah panas secukupnya dan diaduk. Tahap berikut adonan cabai baru diberi campuran adonan tomat sambil diulek (secara manual bukan dengan blender) dan sambal berskala dasyat siap dinikmati.

Terong digoreng sebentar dan inilah hasilnya, satu porsi Ikan Pe, Terong, Tempe, Lalap Daun Ubi, Kemangi dan Timun segera terhidang. Ikan Pe jadi pilihanku dan sisanya memang ada dalam penyajian. Ikan dimasukan cobek isi adonan sambal lalu ditekan dengan ulekan dan ditata di wadah lalu ohh yesss. Airmata dan keringat membanjir nggak usah malu, semua juga mengalaminya. Eh jangan lupa pesan Es Silom nan segar.

reality-bites3 (13)

Sambalnya super dan enak banged, semua masakannya sangat meresap bumbunya dan memang nggak mungkin bilang nggak enak. Nasi pun sangat pas ukuran orang lapar. Dan semua itu hanya IDR 12.000! Sadis!

Dari petualanganku ber-kuliner di Surabaya dan sekitarnya, kini dengan bangga, percaya diri dan jujur, aku akui Warung Sambal Asap adalah creme de la creme. Tempat yang jelek ternyata menghadirkan makanan yang prima cita rasa baik aneka lauk dan Sambalnya memang juara dan disini pemiliknya ramah, I like it.

Rasa, porsi dan harga sangat-sangat membuatnya recommended. Kalau nggak percaya monggo kerso dicobain yaaa, kalau sampai bilang gak enak wahh artinya bukan ahli cicip deh hahahaha Dan kehadiran sang juara alias Sambal Asap maka serial Reality Bites pun berakhir. Masih banyak makanan enak tapi maybe sumday ya aku bagi lagi.

 

13 Comments to "Reality Bites (3)"

  1. J C  16 June, 2014 at 16:05

    Wuuuiiiihhh…brutal…asli brutaaalll…hahaha…untuk yang seperti Lani, jelas histeris dan kalap…hahaha…untuk aku untungnya masih di sini jadi masih terjangkau untuk icip-icip lah. Itu sate dengan klopo tabur sepertinya kudu dicoba, sudah ngawe-awe untuk dijajal…

  2. Alvina VB  13 June, 2014 at 12:52

    Hadeww…dah mau tidur disodorin berbagai makanan..jadi laper….ikannya muantep tuch….saya jarang makan bebek dan kl kambing gak makan sama sekali. Sayur2an/ lalapan OK punya ya…sambel ya jangan ditanya, makan tanpa sambel kaya masakan tanpa garem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.