[Menu Ndeso] Buntil Daun Lumbu

Esti Kristiyaningsih

 

Halooo Baltyran, ketemu lagi dengan menu ndeso yaa, kali ini aku mau berbagi resep keluargaku yaitu buntil. Buntil ini sebenernya mudah buatnya cuma sayang kadang daun lumbunya susah didapet jadi jarang masak dan sekali masak udah kayak makanan mewah. Ini makanan kesukaan mas Iwan Kamah dan adiknya mbak Iji kalo pas lagi pulang ke rumah Purwokerto.

Selain mendoan, ibuku jago banget buat buntil ini, enaaakkk banget, menurut aku dan orang di sekitarku. Untungnya saja kalo ibuku masak, aku selalu dilibatkan, katanya perempuan kudu bisa masak hahhahaa…. jadi aku dikit-dikit tau tentang dapur dan pernak-perniknya.

Kemaren ceritanya aku dapet kiriman daun lumbu dari adikku yang tinggal di gunung, karena udah lama juga ga masak buntil, akhirnya aku eksekusi juga itu daun lumbu jadi buntil.

Bahannya gampang dan mudah di dapat, caranya juga mudah banget, oke aku mulai step by stepnya yaa:

1. cuci bersih daun lumbu di air mengalir sampai bersih kemudian jemur sebentar sampe agak layu biar nanti pas dilipat tidak pecah.

My beautiful picture

2. siapkan 1 butir kelapa parut untuk isian yang diparut memanjang, kelapanya yang muda yaa, tapi bukan degan lhoo hehee…

3. buat bumbu halus untuk isian yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, jahe, kunyit, cabe merah, garam dan gula.

My beautiful picture

My beautiful picture

4. campurkan bumbu halus ke dalam kelapa parut, beri rebon/ebi/teri aduk rata koreksi rasanya udah pas belum manis asinnya, paling enak sih ditambahi klandingan / petai cina, tapi tadi di pasar ga nemu ya sudahlah ga pake.

5. siapkan 2-3 lembar daun lumbu beri isian 1 sendok makan penuh, lalu lipat dan di ikat biar nanti pas dimasak kelapanya gak mambrah-mambrah (bahasa Indonesianya apa ya), lakukan sampe kelapa habis.

My beautiful picture

My beautiful picture

6. siapkan dandang (kukusan) lalu kukus buntil tadi selama kurang lebih 10-15 menit.

7. sementara buntil dikukus mari kita siapkan bahan untuk kuahnya yaitu, 1 butir kelapa yang tua/ semanten, ambil santannya sampai 1 liter.

My beautiful picture

8. siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, gula dan garam, tambahkan salam, laos, dan kamijara/ serai.

My beautiful picture

9. siapkan panci, panaskan santan sambil terus diaduk, masukan bumbu halus, aduk terus biar santan tidak pecah, koreksi rasa.

10. masukan buntil kukus dalam santan yang sudah mendidih, siram-siram dengan air santan, masukan cabe rawit utuh, lalu kecilkan api, masak buntil sampai airnya mengental.

11. buntil siap disantap dengan nasi putih hangat hhhhmm…..enaaaakkk!

My beautiful picture

Tuh kan mudah banget bahan dan cara buatnya tapi soal rasa dijamin juara sueeerr…apalagi kalo buntilnya udah nginep semalem tambah maknyussss….

Tunggu menu ndeso lainnya yaaa……

 

About Esti Kristiyaningsih

Asli Purwokerto, saya ibu rumah tangga biasa yang punya hobi masak dan bikin kue, juga hobi baca, saya ibu dari si kembar Arya dan Naya.

My Facebook Arsip Artikel

23 Comments to "[Menu Ndeso] Buntil Daun Lumbu"

  1. Alvina VB  20 June, 2014 at 13:05

    Wah..ada resep Buntil di sini, mau tidur jadi laper ngeliat buntil. Thanks buat resepnya ya mbak Esti…baru tahu bikin buntil pake daun lumbu, krn dulu itu pembantu di rumah kl bikin buntil dari daun pepaya/ singkong yg dipetik di pekarangan rumah dan dlm buntil suka diisi sama serutan kelapa dan ikan teri yg kecil2 begitu. Apa buntil ini aslinya dari Purwokerto ya?

  2. Lani  20 June, 2014 at 11:49

    AKI LURAH : nyomot dak dunak????? Serakah tenan iki hehehe………..

  3. J C  19 June, 2014 at 21:27

    Lhaaaaa menu gini ini gimana bikinnya kalau di sini… aku nyomot saja satu dunak…

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *