[Oase Hidup Malaikat Kecil] Buka Puasa Bersama

Angela Januarti Kwee

 

Memasuki bulan Ramadhan tentu menghadirkan kegembiraan bagi para umat muslim. Bulan yang penuh berkat, rahmat dan keampunan ini disambut dengan serangkaian aktivitas termasuk berpuasa. Bulan Ramadhan ini juga menjadi momen yang membahagiakan untuk CU Keling Kumang (CUKK), karena bisa mengadakan buka puasa bersama anak-anak yatim di panti asuhan Mujahidin Sintang. Panti ini didirikan pada 3 Maret 1982 dan saat ini ketua panti dipercayakan kepada Hj. Sri Hartati Turmuji dan wakil Hj. Enni Jamilah Kadir. Panti ini dikhususkan untuk para putri saja dan mereka datang dari berbagai daerah mulai dari Tempunak, Kota Baru, Silat dan Kapuas Hulu.

Kedatangan rombongan CUKK (Saya, Ona, Tini, Linda, Desi, Jamin dan Itoi) disambut dengan ramah oleh dua pengurus panti (Hj. Enni Jamilah Kadir dan Safarudin) dan 33 orang putri. Pendidikan mereka meliputi 2 orang duduk di tingkat SD, 18 orang SMP, 6 orang SMA, 6 orang Madrasah Aliyah dan 1 orang Mahasiswa. Mereka terlihat cantik dengan balutan pakaian yang tertutup. Tampak pula bahwa mereka sedikit malu-malu. Hal ini bisa dibilang wajar karena mereka baru bertemu dengan kami.

bukapuasabersama (1)

Buka puasa ini merupakan satu di antara program Social Responsibility CUKK, melalui kesempatan ini juga CUKK ingin membangun silahturahmi dengan masyarakat di sekitar. Apalagi jarak panti dan kantor CUKK tidak jauh. Kata orang “Tak kenal, maka tak sayang” maka diharapkan dengan acara buka puasa ini hubungan silahturahmi bisa terjalin dengan baik. Secara pribadi, aku sangat senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini. Kepala departemen meminta aku dan seorang teman untuk mengurusnya. Kami menghubungi pengurus panti, menentukan jadwal, memesan makanan dan menyiapkan bingkisan. Lebih senang lagi, dihari pelaksanaan beberapa teman ikut terlibat dan meramaikan.

Kegiatan ini diisi dengan acara sambutan singkat dari perwakilan CUKK dan pengurus panti, pemberian hadiah untuk anak-anak panti yang berprestasi, pemberian bingkisan oleh CUKK, sholat maghrib, makan malam dan foto bersama.

bukapuasabersama (2)

bukapuasabersama (3)

(Anak-anak panti yang berprestasi)

 

bukapuasabersama (4)

(Buku puasa bersama ….)

 

bukapuasabersama (5)

(Menunggu seorang teman dan anak-anak panti sholat maghrib)

 

bukapuasabersama (6)

bukapuasabersama (7)

bukapuasabersama (8)

(Suasana makan malam bersama yang sederhana)

 

bukapuasabersama (9)

bukapuasabersama (10)

(Penyerahan bingkisan dari CUKK)

Meski tidak berlangsung lama, kebersamaan ini memberikan pengalaman yang menggembirakan. Kesempatan ini mengingatkan kembali bahwa berbeda itu indah. Dan tiap kita diajak untuk menghargai perbedaan tersebut. Semoga ada kesempatan lain yang membuatku bisa melewati waktu bersama mereka lagi!

bukapuasabersama (11)

*Bisa juga dibaca di: http://cukelingkumang.com/berita-206-cukk-buka-puasa-bersama-panti-asuhan-mujahidin.html

 

Sintang 4 Juli 2014

-AJ.020187-

 

 

About Angela Januarti Kwee

Tinggal di Sintang, Kalimantan Barat. Bersahaja namun sangat dalam memaknai kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang berkenaan dengan kemanusiaan, kebhinnekaan dan wujud Indonesia yang plural. Menembus batas benua dan samudra membagikan cerita kesehariannya melalui BALTYRA.com

My Facebook Arsip Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.