[Serial Negara Kapitalis] Tidak Harus Hapal Luar Kepala

Dian Nugraheni

 

Sistem pembelajaran di Amerika, menurutku, sangat “mengukur” batas kemampuan dan keseimbangan penggunaan otak.

Anakku yang kelas 4 SD, ulangan IPS dengan bahasan CIVIL WAR. Aku, Ibunya, sudah ketir-ketir aja, soalnya ketika aku beri kuis, tahun berapa terjadi apa, dia nggak hapal. Tapi kok anaknya tenang-tenang aja, bahkan bilang, “besok aku pasti bisa, Mamaaaahhhh…” Hmm, ya wes lah, moga-moga bisa beneran, kataku dalam hati memberi doa dan restu.

memorizing

Hari ini, hasil ulangannya dibagi, dan benar, ternyata dia mendapat nilai A. Bukan betul semua, ada salah 2 point, tapi masih masuk dalam kategori nilai A. Alhamdulillah…

Selidik punya selidik, ternyata, ulangannya boleh openbook. Jadi selama anak menerima pelajaran, atau membaca ulang di rumah untuk mempelajarinya kembali, bukan menghafalkan tahun berapa terjadi apa, yang utama, tapi anak benar-benar bisa “membayangkan” apa yang terjadi saat Civil War di Amerika terjadi. Tahun-tahun terjadinya peristiwa, dicantumkan sebagai “Timeline”, sebagai patokan terjadinya peristiwa-peristiwa yang terjadi. Civil War di Amerika adalah mengkisahkan “Perang Saudara” antara penduduk South America dan North America, dan berkaitan dengan masalah Perbudakan.

Demikianlah, salah satu ciri “kemanusiawian” sistem pembelajaran di Amerika yang bisa aku tangkap. Dan ini, menurutku, benar-benar mengajarkan anak untuk “aktif”, yaitu mendengarkan Guru sekilas mengajar, berkemauan untuk membaca ulang untuk lebih memahami pelajaran, dan “kreatif” mencari jawaban atas pertanyaan, di catatan atau buku cetaknya ketika menemukan pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Meski boleh openbook, kalau memang anak sama sekali nggak ngerti ujung pangkal ceritanya, pastilah anak juga akan kesulitan menemukan jawaban….

Yaa, aku pikir, bisa dianalogikan juga bahwa, untuk menjadi Sarjana Hukum, orang nggak harus hapal pasal luar kepala, kan..? Kalau itu yang dituntut, bisa-bisa otak jadi “njeder”.., alias nggak kuat…, he..he..he…

 

Virginia,

N. Dian

Kamis, 14 April 2011, jam 9.57 malam…

 

 

Share This Post

Google1DeliciousDiggGoogleStumbleuponRedditTechnoratiYahooBloggerRSS

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *