Empowering Employee

Primastuti Dewi Rakhmawati

 

Ketika seorang teman bertanya: “bagaimana bisnis mu bisa jalan kalau di tinggal terus?” Jawaban saya:

Sebagai Entrepreneur, kita harus mengendalikan bisnis kita, tetapi ada satu point di mana kita tidak perlu turun tangan untuk segala hal, kita harus tahu mana keputusan penting dan mana keputusan yang tidak begitu penting. saya membiarkan staff saya membuat keputusan sendiri, keputusan yang lebih kecil bahkan ketika saya tidak setuju.

empowering

Di Spanyol setiap tahun saya memberikan reward kepada staff yang telah melakukan kesalahan terbesar dalam pengambilan keputusan. Mengapa? Bagi saya ini adalah cara tepat menunjukkan ke tim kita bahwa “it is good to take risk” karena dengan begitu mereka akan belajar menghadapi masalah dan bertanggung jawab menemukan solusi nya, dan mereka akan lebih berhati-hati lagi jika dihadapkan untuk mengambil keputusan pada permasalahan yang muncul di kemudian hari. Bagi saya menerima karyawan bekerja di tempat saya tidak hanya memberi tugas dan memberi gaji, tapi juga memberi nutrisi pada kemampuan berpikir dan proses pendewasaan diri.

Nah, kalau kita sebagai Entrepreneur masih sibuk mengurusi segala hal, bahkan hal hal yang sangat teknis yang bisa di kerjakan karyawan kita, dan bisnis kita tidak akan berjalan kalau kita tidak berada di tempat, maka pertanyaannya adalah: anda seorang Entrepreneur atau seorang karyawan?

Ini Bukan berarti kita bossy, saya tidak sungkan membantu staff saya membersihkan ruang kerja, atau misal mencuci piring dan gelas, memasak orderan pelanggan, atau mengangkat kursi dan meja di restorant kecil saya di Yogyakarta, bahkan membersihkan toilet sekalipun. Saya tidak khawatir orang tidak mengenali bahwa saya pemilik restorannya, bagi saya nama saya tidaklah begitu penting, tapi kelancaran bisnis menjadi tujuan utama saya. Ini juga salah satu cara menujukkan kinerja pada staff saya, tidak mudah membentuk mental untuk karyawan baru (terutama di Indonesia). Tapi tidak ada yang tidak mungkin bukan? Selama niat kita lurus dan tulus, saya percaya bahwa alam semesta mengirimkan energi positif nya untuk saya.

 

Selamat berbisnis

Dewi Pobo

 

Note Redaksi:

Dewi Pobo atau Primastuti Dewi Rakhmawati, selamat datang dan selamat bergabung di BALTYRA. Make yourself at home, semoga betah dan kerasan ya. Ditunggu artikel-artikel lainnya. Terima kasih Dewi Aichi, Mbakyu Probo, Kang Anoew dan Nia yang memperkenalkan Dewi Pobo ke BALTYRA.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.