[Keluarga Senthir – Setengah Kenthir] Nightmare Before Pregnant (1)

Yang Mulia Enief Adhara

 

Wiwi berjalan sambil menunduk, dia menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan sambil megal megol. Rambut Wiwi yang lurus sepundak bergoyang-goyang. Rupanya dia memakai iPod dan asyik mendengarkan lagu-lagu dangdut favoritnya. Kacamata hitam melengkapi tampilannya.

Hidup ini jangan serba terlalu
yang sedang-sedang saja
Karena semua yang serba terlalu
bikin sakit kepala
 
Terlalu kaya.. jangan terlalu
Terlalu miskin.. jangan
(Terlalu tinggi?) Jangan!
(Terlalu rendah?) Jangan!
(Terlalu besar?) Jangan!
(Terlalu kecil?) Jangan!
 
Ho~ sedang-sedang saja
 
Hidup jangan dibuat susah-susah
yang sedang-sedang saja

 

Tangan Wiwi menenteng tas batik dan tas keranjang yang biasa dipakai membawa ayam namun kali ini berisi kucingnya, setidaknya ia ingin mirip bintang Hollywood yang kerap membawa anjingnya di dalam tas saat bepergian.

Didot berjalan sempoyongan dengan high heels ber-sol tebal. Tas koper diseretnya dengan tas besar yang dia tenteng dengan ribet. Wig panjang ikal warna blond nampak agak miring di kepalanya.

Dian tetap memakai busana aerobik yang membuat Mbah Gunung tak ingin jauh darinya. Mbah yang baru saja punya camera DSLR baru nampak asyik memotret tiap lekuk tubuh Dian.

Ikhasur, Ping Ping dan Mamat sibuk memanggul 5 koper besar yang diikat dengan tali plastik. Tak jauh dari situ Tante Rus berjalan santai sambil asik memprovokasi suasana, “Ihh tega bingit sih Tekwan sama Bunda yang nyuruh 3 little pigs manggul koper?”

Bunda pun segera menyahut, “Heh! Dek?! Kamu belum lupakan? Di salah satu koper itu ada bajumu juga?”.

Tante Rus cuma pura-pura ngupil sambil celingukan. Tekwan gaya dengan celana Chino dan seperti biasa dia jalannya mirip kepiting alias yuyu kangkang nampak berusaha tebar pesona sama serombongan Enyak-Enyak berkutang aneka warna yang asik ngerumpi.

Ngapain tuh Keluarga Senthir? Mereka rupanya sedang liburan ke Jakarta. Tepatnya ke Kampung Mpok Enjung. Kunjungan balasan ini berkat Bunda dapat duit hasil memasak di pesta Bu RT Ratna yang suaminya kembali menang mutlak sebagai RT untuk ke 8 kalinya. Tadinya Estimun Suri akan diajak serta tapi sialnya dia terlalu napsu mengkonsumsi obat cuci perut demi menyamarkan perut buncitnya. Jadi dari pada cepirit di jalan ya lebih baik batal ikut.

“Daddy jangan lupa kirim surat ya?!! Kalau dah sampai Jakarta”, Ujar Esti dengan wajah memelas sewaktu Didot pamit sambil pamer tank top barunya yang bagian dadanya penuh payet.

Didot manahan nafas, “Lha kenapa sih perutmu harus dicuci? Apa mirip septictank?”, Sahut Didot kecewa lantaran soulmate-nya batal ikut.

Estimun jelalatan, matanya memandang ke langit-langit demi menahan airmata, “Daddy ….. aku disangkain mobil tinja, huaaaaaaa”, Estimun langsung nangis meraung raung sambil memasukan bakwan ke mulutnya. Sementara Nana Endek dari kamarnya mengira ada sirine mobil pemadam kebakaran.

 

*****

“Ehhh!!! Cocoooottt elu dah sampe Neng?!”, Pekik Mpok Enjung ceria seraya lari menuju Didot. Dan gara-gara tabrakan penuh rindu itu Didot tergelincir dan jatuh kejengkang nibanin kandang ayam.

Suasana gaduh membuat Nyak Jenab, Ibu Mpok Enjung menuju teras dan langsung merepet, “Enjuuuung!! Elu ye? Ada aje kelakuan, entu ngapain Marshanda elu tabrak?”.

Babeh yang duduk sante di teras buru-buru menyodorkan kacamata Enyak, “Nab enih mending elu pake dulu ngapah kacamate lu! Marshanda pale lu bau menyan!”

Enyak yang kini memakai kacamata berubah menjadi nyebut, “Masya Allah!!! Entu apaan nyang ditabrak si Enjung? Ondel-ondel?”.

Mpok Enjung cengengesan dari jauh seraya berteriak, “Nyaaaak, nih si Codot! Die nih nyang aye ceritain! Nyang bagi aye tas orang gedongan onoh, Cantik yak?”, Seru Mpok Enjung dengan suara 7 oktaf sambil menggandeng Didot yang repot gara-gara harus berjalan cepat di jalanan yang agak berbatu batu dengan sepatu tingginya.

“Beh! Anak lo noh! Matenye picek! Entu ondel-ondel dikate cantik”, Ujar Enyak menoleh ke arah Babeh.

Babeh hanya menghembus asap rokok sambil ngedumel, “Lha elu juge sih dulunye ngidam jengkol mude! Begono dah hasilnye, anak setengah sarap! Mangkanye kalo dibilangin laki jangan nyaut aje!!”.

Keluarga Senthir duduk berdesakan di atas bale sambil ngemil singkong rebus. Babeh diem-diem merhatiin tubuh sintal Dian dan jelas membuat Mbah Gunung sewot. “Sssstt Dian cantik, cucu Mbah yang tersayang, pake sarung Mbah ya?”, Bisik Mbah sambil berusaha mencium pipi Dian.

Dian menggeliat sambil merengek manja menggoda, “Iiiiiiiiiih Mbah?! Sumuk lhoooo”,

Babeh nggak mau kalah, dia buru-buru bicara kepada Dian, “Ehhh enih siape? Cantik bangat dah, eh anuan …. Gerah yak Neng? Sini Babeh kipasin. Kesian amat babeh ngeliatnye, sini Neng”.

Enjung yang lugu tanpa ampun malah mendorong Ikhasur yang becek penuh keringat, “Enih Beh si Ikha kayenye kegerahan bangat! Nih dah kipasin biar adem”

Ikhasur yang kaget secara tiba-tiba didorong Mpok Enjung segera duduk manis di sebelah Babeh, “Jiahhhh Enjung nih begonya tingkat kelurahan! Nyang beginian dikasih Babeh! ibarat pengen makan anggur malah disodorin jamblang!!!”, Bisik Babeh kesal.

Enyak yang tau kelakuan suaminya hanya melotot sambil bicara, “Dasar laki mate bongsang! Gue pites luh!”.

 

*****

“Nyok kite ngayap ke Ragunan, entu tempatnye romantis dah!”, Seru Mpok Enjung di pagi-pagi buta dengan suara nyaring mirip sirine.

Enyak yang sampe kejedot lantaran kaget sama suara Enjung langsung ngomel, “Mate lu sowek! Romantis apaan? Nyesel gue pas pacaran pegi ke sonoh ame Babeh lu, Enyak pan dilamar di rumah primata”.

Babeh yang baru pulang dari Masjid langsung nyamber, “Ya elah Nab?! Laguan lu! Siape sih nyang mewek kaya ditampolin satpam pas gue bagi cincin? Jangan pas gue masih mude, gagah bin cakep aje elu sayang-sayang”.

Enyak mendengus kesal, “Muke jauh luh! Gue onoh mewek gara-gara elu bagi gue cincin imitasi, lu kate gue kagak tau ape elu belinye di pengkolan pasar induk, lagian kapan juge elu cakep? Lha muke kaye perabotan lenong begonoh mane cungkring”.

Enjung langsung merepet, “Apaan sih enih aki-aki same nenek-nenek! Ricuh aje pagi-pagi, malu tauk ade tamu”.

 

******

Akhirnya tamu kehormatan dari Sleman sudah duduk berdesakan di angkot, “Eh Sokah?! Elu kenal Enjung di mane? Jangan bilang liwat pesbuk kaye anak sekarang yak? Setau aye pan Enjung baca aje ngeja, ape lagi mijet hapeh”, Tanya Enyak sambil ngunyah tahu isi.”

Bunda lupa-lupa ingat, “Kayanya pas aku lagi jualan deh, di pasar, itu lho Nyak, nyetor kue. Pan dulu aku sempet tinggal di Jakarta”.

Enyak melirik tajam, “Maksud luh si Enjung beli kue? Duit dari mane? Die pan kagak gablek duit? Entu muke die aje dapet nemu di jalan”

Bunda buru-buru menjawab sambil menahan tawa, “Ehh bukan beli Nyak, tapi die kepleset di depan aye, nah aye nyang nulungin”, Sahut Bunda ikutan berdialek Betawi.

Enyak nampak megap-megap agak ngos ngosan namun berusaha bicara, “Nah Sokah, enakan juge elu ngomong kaya gituh, pan jadi berasa akrab dimari”

Babeh mengamati istrinya dan langsung nyamber, “Entu ngapain Nab? Elu megap-megap kaye ikan mas koki??? Asma lu kumat?”

“Kagak Beh, enih gue kepedesan, cabenye pedes eh airnye abis, mane macet”, Sahut Enyak mengusap matanya yang berair.

Babeh mencibir, “Mangkanye! celamitan bener sih jadi perempuan, tahu sebiji eh garot cabe segenggem, muke gile dah!”, Sahut Babeh sambil lalu, “Noh muke lu makin kagak keruan Nab, mencong semue”, Lanjut Babeh sambil menyalakan rokok.

 

*****

“Dot, itu kok mirip kamu? Kayanya masih sodara ya?”, Ujar Ping Ping sambil menunjuk seekor beruk.

“Lha itu? Bukannya sista kamu Ping?”, Balas Didot nggak mau kalah sambil menunjuk seekor kudanil.

Sementara Mamat lagi sibuk ngobok selokan dan Ikha nampak heboh berebut roti sama salah satu simpanze. Wiwi tetep asik goyang diiringi lagu dangdut dan dia nggak sadar menjadi tontonan aneka primata yang bersarang di sana. Keluarga Senthir dan keluarga Mpok Enjung menggelar tikar dan berpiknik sambil makan gorengan. “Lho?? Koq nggak ada nasi dan lauk ya?? Katanya piknik”, Sahut Mbah Gunung sambil memotret paha Dian.

Tekwan meringis kuning lantaran selangkangannya lecet berkat jeans nan ketat, lalu menyahut, “Lha Mbah tadinya mau bawa bekel makanan eh keburu abis dicemilin Ikhasur sama Mamat di angkot”.

“Udeh jangan kaye orang melarat lu pade! Entar gue bayarin mindo di warteg depan, eh Dian cantik mau kagak makan di sono?”, Ujar Babeh sambil menyandarkan kepalanya ke pundak Dian.

Dian merenges, “Mau Beh, asal gratis akyu sih doyan apa aja”.

Kejadian itu membuat empat pasang mata cemburu gila. Mbah Gunung dan Enyak Jenab. “Eh! Apa kata Lurah Sleman? Lha wong di Jakarta kok makan di Warteg sih?! Kita makan di Mekdi aja ya?”, Sahut Mbah Gunung ikutan sok manja sama Dian.

Lain lagi Enyak Jenab, “Dasar laki kagak ade kemonesannye!!! Lagian mau nraktir luh, timbang ngerokok aje minte ame gue luh! Setan! kenal duit ribuan doang belagu!”, Ujar Enyak geram.

Tante Rus yang provokatif segera saja memanaskan suasana, “Kalo aja aku ini cowok, aku yo naksir Dian, iku bodine memang membuat pegel atas bawah”

Bunda buru-buru memotong ocehan Tante Rus, “Dek nih cobain deh, enak banget lontongnya”, Seru Bunda seraya menjejalkan lontong ke mulut Tante Rus yang langsung mulutnya penuh lontong sepanjang 10 cm.

Sementara itu Didot, Wiwi, Tekwan, Ping Ping dan Mpok Enjung jalan-jalan. Didot salah kostum, dia tetap dengan sepatu high heels ber-sol tebal dan rok mini. Akibatnya saat asik berfoto di pinggiran kolam Didot kepleset dan kejebur. Tekwan bukannya nolongin tapi malah asik teriak-teriak menarik perhatian banyak orang, salah satunya anak kecil yang langsung nyeletuk, “Mom?! Itu buaya jenis apa?? Kok ada paruh dan rambutnya sih?”.

Ibunya yang ikut sibuk nonton Didot, menjawab asal, “Itu kayanya Tapir Nak soalnya mulutnya panjang deh”

“Ihhh Bu Guru berarti bohong donk? Kok tapir hidup di dalam air ya?” Seru si bocah rada kesal.

Ibu anak itu memeluk anaknya sambil bicara lembut, “Itu mungkin Tapir-nya lagi mandi basah nak?”.

Akhirnya acara piknik itu diakhiri dengan paksa, suasana yang makin kacau membuat Bunda memilih pulang.Enyak cekcok sama Babeh, Didot basah kuyup dan Tante Rus kelolotan.

 

*****

“Njung, aku jadi gak enak nih sama si Enyak, kayanya Babehmu genitnya kaya Mbah Gunung deh?!”, Ujar Bunda sambil menyeruput kopi.

Mpok Enjung tertawa lepas, “Lha?! Nyante aje Sokah, Babeh emang begono! Lha kapan ari pan die disiram Enyak aer cucian cumi, gara-gara die kagak kedip mandangin SPG rokok nyang mampir dimari”.

Tiba-tiba pintu depan dibuka, Enyak muncul di teras sambil membawa combro yang baru matang, “Aduh Sokah, maapin yak, elu dimari kagak aye serpis, padahal pas Enjung di sonoh balik balik timbangannye nambah 8 kilo noh”

Bunda tersenyum, “Kagak nape Nyak, enih aje udeh betah. Cuma maapin aye yak? Anak-anak aye kelakuannye pade ngaco’, Sahut Bunda yang agak sungkan sama Orang Tua Mpok Enjung.

Ketiga wanita itu diam sejenak saat Mbah Gunung ikut ke teras namun duduk di seberang teras sambil asik melihat lihat foto di iPad-nya. Enyak kembali membuka pembicaraan, “Iye anak-anak luh pade ajaib, kuat amat yak elu? Lha aye? Ngurus Enjung aje udeh tobat lahir batin, kadang aye mikir ape enih azab yak punye anak kaye Enjung? Aye pan dulu hobinye ngelawan Enyak aye”.

Bunda tertawa kecil, “Huss jangan gitu Nyak? Namanye anak ya rejeki, tapi aye kadang juge mikir, ape enih lantaran aye ngidam nyang kagak-kagak ye waktu bunting?!”, Ujar Bunda menerawang.

Tak lama Ikhasur keluar dengan pakaian yang ajaib, celana kolor bola dan tank top tali satu. Ikhasur duduk didekat Mbah Gunung. “Itu album apa Mbah? Kok dikasih judul Surga?”, Tanya Ikha dengan genit.

Mbah sebenernya berharap Dian yang muncul, tapi dijawabnya juga dengan lesu, “Lha lihat donk! Ini foto Dian semua, asli bikin Mbah cenat cenut”

Suasana hening sesaat, lalu Ikhasur memekik, “Lhooo!!!! Kok fotoku dan Ping Ping judulnya Neraka?”.

Mbah kepingin banged nendang Ikha biar mental sampai Sleman, tapi dia tetep menjawab dengan kesal, “Ya iya laaaahhhh!!! Lha wong bodi-mu sama Ping Ping itu bikin mataku pegel kok! Pating pecotot koyo timus!”

Ikhasur langsung memekik, “Buuuun! Ini lho Mbah nakaaaaaaaaal!”

Mbah Gunung habis sabarnya, “Heh! Kowe masuk ke dalem opo pengen tak tendang sampe Sleman! Ngerusak konsentrasiku wae!”, Seru Mbah tanpa belas kasihan. Ikhasur ngacir ke dalam dengan suara gedebugan kaya nangka jatuh.

Bunda menatap semua itu dengan lesu, “Lha itu tadi Ikhasur, aye waktu bunting die kagak sadar, udeh 6 bulan baru tau kalo bunting Nyak. Nah pas bunting entu aye hobi banged liatin pu’un nangke Haji Rosyid nyang pade dibungkusin kertas semen”, Ujar Bunda berkisah.

Enyak menelan combro yang sedang dikunyahnya, “Ohh jadi si Ikhasur entu pas lahir kaye nangke? Genitnye kaye belatung nangke?”, Ujar Enyak berusaha menyimpulkan.

Bunda mengangguk lesu, lalu kembali berkisah, “Nah waktu bunting Mamat, aye suka iseng Nyak, buang sampah di selokan sampe dikeja mampet. Eh pas brojol beneran dah, entu anak kaye tong sampah dan demenannye ngobok comberan”.

Mpok Enjung kedip-kedip ngantuk tapi Enyak dan Bunda masih segar dan lanjut ngobrol, “lha kalo nyang menor onoh? Si Copot?”, Ujar Nyak.

Enjung langsung hilang kantuknya, dia menganggap Didot segalanya, dia pernah dikasih tas dan itu tak pernah dia lupakan, “Ohhh si Popot entu udeh cantik baek dan aye demen bangat dah ame die, kemaren aje aye pan diajarin dandan ama die, entu Nyak nyang pas aye mau ke rumah Pak RW ngambil surat penganter”

Enyek menunjukkan wajah jijik, “Eh entu nyang elu dandan, lu kate cantik?? Lha Nyak kire ade banci ngamen! Asli Njung muke lu kaya setan, apaan aje dipolesin”.

senthir1

Enjung cemberut, “Gitu amat sih Nyak ama aye? Lha di jalanan aje orang-orang pade manggil aye Syahroni, die pan artis nyang cakep onoh”.

“Bujubuneng ni bocah!!! Syahroni noh nama laki!! Nyang cantik onoh si Syahrini! Begok”, Sahut Enyak kesal.

Bunda terkikik, “Udah … Udah … Ni aye lanjutin, nah kalo Didot entu asli agak aneh …. Waktu ngidam ni anak, aye pengen bangat jadi genit, maunye dandan lebay, jadi walo die laki ……”, Tiba-tiba Bunda keselek combro dan batuk batuk, Enyak menyodorkan air dan Enjung menatap nanar.

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.