Pelayanan Baik dari PLN Salatiga

Charitas Fibriani

 

Saya tinggal di Kota Salatiga dan saya sering mudik ke rumah orang tua saya di Magelang saat akhir minggu dan kembali ke Salatiga hari Senin. Kamis kemarin saya mudik ke Magelang dan sebelum pulang biasanya saya membersihkan rumah dan menghidupkan beberapa lampu supaya rumah tidak terkesan horor.

Tapi oh ternyata…. menurut cerita tetangga yang saya datangi saat saya kembali ke Salatiga malam setelah saya mudik ke Magelang terjadi hujan badai di Salatiga dan sialnya petir menyambar salah satu tiang listrik entah di bagian apanya saya tidak tahu. Saya tidak pernah paham istilah kelistrikan. Hal itu menyebabkan satu daerah di perumahan saya mati listrik total. Masih menurut cerita versi tetangga saya, di setiap rumah berbeda kejadiannya, jadi ada yang sekeringnya putus, ada yang lampunya pecah bahkan ada yang sampai alat elektroniknya rusak.

Saya yang baru bisa pulang hari Senin langsung panik karena pertama saya harus masuk kerja dan kebetulan hari itu jadwal saya di kantor sangat padat, kedua saya bingung harus minta tolong pada siapa karena saya hidup sendiri dan saya tidak memiliki teman atau kenalan yang memiliki kemampuan kelistrikan yang memadai. Terbayang di pikiran saya melewati malam gelap ditemani aura horor, hal itu membuat saya semakin gelisah di kantor.

PLN

Setelah menyelesaikan urusan di kantor saya langsung secepatnya pulang ke rumah, waktu itu pukul 15.00 WIB. Saya langsung berinisiatif menelepon “Pelayanan Ganggusn PLN” 123. Saat itu telepon saya diterima seorang perempuan dengan suara manis, saya langsung menceritakan masalah saya yaitu listrik mati dari hari Kamis malam sampai Senin, dugaan saya terkena petir di hari Kamis. Lalu si mbak operator yang manis itu menanyakan daerah tempat tinggal saya dan nomor pelanggan saya, saya menyebutkannya. Setelah itu mbak operator memandu saya untuk mengecek meteran, apakah dalam posisi mati atau hidup. Saya mengecek meteran ternyata masih dalam posisi hidup. Lalu mbak operator menyuruh saya mengecek sekeringnya apakah posisi tombolnya “timbul”. Nah di sini saya agak bingung, karena ternyata sekeringnya menggunakan sekering lama dan bukan model otomatis, jadi tidak memiliki tombol apapun untuk dipencet. Setelah menerangkan hal tersebut ke mbak operator, mbak operator menanyakan alamat rumah saya dan detail petunjuk jalan menuju rumah saya. Setelah saya menjelaskan, mbak operator memberikan nomor bukti pelaporan, menurut mbaknya, nomor itu adalah bukti kalau saya sudah melaporkan gangguan listrik di PLN Pusat. Penutupnya, mbak operator berpesan kalau keluhan saya akan SEGERA ditindak lanjuti.

Setelah saya menutup telepon, saya sedikit cemas, karena jam sudah menunjukkan pukul 15.30 WIB. Terbayang di pikiran saya kalau mungkin masalah ini tidak bisa diselesaikan hari ini karena sudah sore, dan saya sudah pesimis dengan istilah SEGERA yang sering digunakan beberapa pihak.

Tapi ternyata, kurang lebih 15 menit kemudian ada mobil berhenti di depan rumah saya, dan saya sedikit terkejut saat saya lihat ternyata mobil milik PLN. Keluarlah 2 orang mas-mas, mereka menanyakan apakah benar rumah saya adalah alamat yang mereka cari, dan ternyata benar mereka menindaklanjuti keluhan saya di telepon 15 menit yang lalu. Mereka mulai mengecek berbagai hal dan saya hanya memandang polos di sudut ruangan.

pln bisa

Setelah dilakukan pengecekan ternyata sekering saya yang putus dan mereka tanpa banyak bicara langsung menggantinya. Setelah itu mereka mengecek di setiap saklar apakah sudah berfungsi semuanya. Saat itu saya sudah bersiap menanyakan berapa ongkos yang saya bayar, ternyata setelah mereka selesai mereka hanya memberikan saya form sebagai bukti telah memperbaiki gangguan listrik d rumah saya, setelah saya tanda tangani form tersebut, mereka langsung mengucapkan pamit ke saya. Dan saya hanya terpaku terpesona di depan pintu memandangi mobil PLN itu menghilang. Saya benar-benar terpesona dengan pelayanan PLN, cepat dan tanggap.

 

Note Redaksi:

Charitas Fibriani, selamat datang dan selamat bergabung di BALTYRA. Make yourself at home, semoga betah dan kerasan. Dan tentu saja ditunggu tulisan-tulisannya yang lain ya… Terima kasih Nia yang sudah mengajak Charitas Fibriani bergabung ke BALTYRA.

 

 

 

3 Comments to "Pelayanan Baik dari PLN Salatiga"

  1. Ign. Sulistyoeati  16 February, 2020 at 09:07

    Selsmat pagi, saya Ignatia Sulistyowati ingin lapor, pd meteran pulsa ssya keluar tulisan PERIKSA, bgmn cara mengatasinya, dan anggap saja tulisan ini sbg laporan kpd PLN, nuwun, Alamat: lies, jl. Kalitaman Gg. Melati no. 7, Rt 02, Rw IV salatiga

  2. rizky  14 July, 2017 at 19:19

    Kenapa aliran listrik di daerah semowo padam?

  3. robiyanto  26 May, 2017 at 06:12

    maaf, untuk pemasangan mcb dimeteran itu prosesnya lama to….sudah sekitar 2bulan blm dipasang dari daya 450 ke 900 yang meteran, tindakan apa yg harus dilakukan….

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.