(Bukan Resep) Soto Medan

Hennie Triana Oberst – Shanghai

 

Hampir dua minggu ini aku sudah tiba di Shanghai. Seminggu pertama sedikit kesulitan dengan jetlag, ngantuk dan jam tidur yang tak terkontrol, padahal biasanya tak separah ini.  Mungkin juga karena keenakan menikmati ‘liburan’ di Jerman.

Minggu ini adalah minggu terakhir liburan sekolah anakku, yang lamanya 7 minggu. Seminggu ini, dari Senin sampai Jumat putriku mengisinya dengan mengikuti Summer Camp yang diadakan sekolah. Aku pun kembali ke rutinitas semula dan berinteraksi kembali dengan teman-teman yang juga sudah kembali ke kota ini.

Mengundang teman sambil menikmati makan siang di rumah rasanya lebih nyaman daripada bertemu di restoran. Aku hanya menyiapkan hidangan sederhana, Soto Medan, sambal goreng tempe kentang, dan sedikit cemilan sebagai makanan selingan sesudah itu. Ditambah lagi temanku sudah mau repot membawakan tahu isi. Makanan ini sudah lama tak aku nikmati, jadi benar-benar terasa istimewanya, plus cabe rawit hasil kebun.

Soto yang aku masak ini ternyata berbeda dengan soto dari kota asal kedua temanku, yang berasal dari pulau Jawa. Bumbunya mungkin miriplah, hanya bedanya Soto yang dikenal di Medan itu pakai santan.

soto-medan

Aku ingat kejadian beberapa tahun yang lampau (sangking lamanya). Sekali waktu berkreasilah seorang kakakku di dapur, memasak Soto Madura. Begitu terhidang di meja makan dan siap disantap, berkomentarlah abang kami.

Soto apa ini, kok kayak gini?” (kuahnya nggak pake santan)

Hehehe…ternyata nama masakan bisa sama, tapi bahan dan bumbunya bisa berbeda tergantung daerah dan kesukaan si pemasak.

Di Sumatera memang banyak masakan menggunakan santan. Tapi masalah kental tidaknya, itu tergantung selera masing-masing. Jadi pandai-pandai sendirilah mengaturnya.

Terima kasih sudah datang berkunjung ya Tammy dan Pipin.

tahu-isi

Pipin, Tahu Isi dan cabe rawitnya betul-betul menggigit.

 

(Catatan harian, bukan resep Soto Medan)

Shanghai, 14082014 

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *