Cinta Sejati Tidak Melebihi Cinta Suami Istri, Kasih Sejati Tidak Melebihi Kasih Ibu dan Anak

Henky Honggo

 

愛不過夫妻,親不過母女 (ài bú guò fū qī qīn bú guò mǔ nǚ)

Di dunia ini, cinta sejati tidak melebihi cinta suami istri, kasih sejati tidak melebihi kasih ibu dan anak.

Pada masa spring and autumn (春秋時 chūn qiū shí), 擁糾 (yōng jiū) mendapat pesan untuk membunuh pejabat tinggi 祭足 (jì zú). 祭足 (jì zú) sendiri adalah ayah mertua dari 擁糾 (yōng jiū). Pada saat 擁糾 (yōng jiū) pulang ke rumah, dan istrinya 祭氏 (jì shì) melihat ada hal yang aneh dialami suaminya, sepertinya ada sesuatu yang disembunyikannya. Untuk mengetahui masalah yang ada di suaminya, 祭氏 (jì shì) menggunakan cara yaitu mengajak 擁糾 (yōng jiū) bersulang arak hingga mabuk. Pada saat mabuk tersebut, 祭氏 (jì shì) bertanya kepada 擁糾 (yōng jiū) apa yang ada di benak hatinya. Dalam kondisi tidak sadar, 擁糾 (yōng jiū) menceritakan semua hal yang akan dilakukan untuk ayah mertuanya. Setelah mendengarkan cerita dari suaminya, 祭氏 (jì shì) kebingungan, karena satu sisi adalah suaminya, satu sisi adalah ayahnya.

ibu-anak

Pada hari selanjutnya 祭氏 (jì shì) pulang ke rumah orang tuanya dan bercerita kepada ibunya, “antara ayah dan suami, mana yang lebih dicintai?”, lalu sang ibu menjawab, “dua-duanya”. Kemudian 祭氏 (jì shì) bertanya kembali, “di antara kedua orang ini, cinta siapa yang lebih dalam?”. Ibu 祭氏 (jì shì) menjawab, “cinta ayah lebih dalam dari cinta suami.” 祭氏 (jì shì) pun bertanya kembali dengan lebih rinci, “mengapa bisa demikian?”. Kembali sang ibu menjawab, “jika anak gadis belum menikah, hanya ayah yang berada di sisinya, dan bila anak gadis menikah, posisi suami belum tentu bisa menggantikan posisi ayah.” Begitu terharu dan menangis di pelukan ibunya ketika 祭氏 (jì shì) mendengarkan jawabannya. Setelah itu 祭氏 (jì shì) menjelaskan kepada ibunya, bahwa suaminya 擁糾 (yōng jiū) akan membunuh ayahnya. Akhirnya kabar ini juga terdengar oleh ayahnya 祭氏 (jì shì), dan 擁糾 (yōng jiū) dihukum mati.

 

Note Redaksi:

Henky Honggo, terima kasih sudah memutuskan bergabung di BALTYRA. Selamat datang! Make yourself at home dan ditunggu artikel-artikel lainnya ya…

 

 

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

Your email address will not be published. Required fields are marked *